Light Dark

Kapan Lebaran 2020 yang Ditetapkan Pemerintah?

Nasional | 21 May 2020, 13:00 WIB
Ucapan Selamat Idul Fitri, Cocok untuk Story WA dan Insta Story. | Suara.com/Iqbal Asaputro

SUKABUMIUPDATE.com - Bulan Ramadan 1441 H sudah mulai berakhir. Muncul pertanyaan di kalangan publik mengenai kapan Lebaran 2020 yang ditetapkan oleh pemerintah?

Melansir dari suara.com, perayaan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran di Indonesia seringkali mengalami perbedaan antara kalender maupun dari pemerintah. Tak heran umat Muslim di Indonesia seringkali melaksanakan salat idul fitri di hari yang berbeda-beda.


Advertisement

Merujuk pada kalender 2020, Lebaran 2020 jatuh pada Minggu, 24 Mei dan Senin, 25 Mei 2020. Penetapan hari Lebaran pada kalender juga sama seperti yang ditetapkan oleh Muhammadiyah.

Dalam laman website Muhammadiyah.or.id, penetapan tanggal 1 Syawal 1441 H dihitung berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Sesuai perhitungan, Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020.

Sementara itu, penetapan Lebaran dari pemerintah secara resmi belum diumumkan. Penetapan 1 Syawal 1441 H akan diumumkan dalam sidang isbat yang dilakukan di Kementerian Agama.

Rencananya, sidang tersebut akan digelar pada Jumat (22/5/2020). Dalam sidang tersebut, pemerintah akan mempertimbangkan pendapat dari berbagai organisasi masyarakat dan Tim Falakiyah dari Kementerian Agama yang melakukan pemantauan hilal.


Advertisement

"Sebelum pelaksanaan sidang isbat, tim Badan Hidab Rukyat Kemenag akan melakukan pemantauan posisi hilal," tulis akun resmi Kemenag di Instagram @Kemenag_RI.

Setidaknya ada 80 lokasi yang dijadikan titik pemantauan hilal yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Sumber : suara.com

 

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur

Image

Reporter