BPPT Tak Sanggup Cegah Hujan Setiap Hari

Senin 13 Januari 2020, 12:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BBTMC-BPPT), Tri Handoko Seto, mengatakan kondisi cuaca di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi selama sepekan kemarin menjadi topik pembahasan yang hangat. 

Ia pun merasa perlu menyampaikan penjelasan kepada publik. " Ini agar beberapa kesalahan persepsi tidak terus mengambang bahkan menjadi polemik," kata Tri dalam keterangan tertulis, Senin, 13 Januari 2020.

Tri menjelaskan sejak 3 Januari 2020 BPPT menggandeng BNPB, TNI AU, dan BMKG dalam rangka operasi modifikasi cuaca. Upaya itu bertujuan mengurangi curah hujan yang ada di Jabodetabek. "Caranya dengan menjatuhkan awan-awan di atas selat Sunda dan laut Jawa sebelum masuk menjadi hujan di Jabodetabek," ujar dia.

Meski begitu, kata Tri, Jabodetabek tetap diguyur hujan dari awan-awan yang tumbuh di daratan. Awan tersebut tak disemai oleh BB-TMC. Alasannya, tanah Jabodetabek tetap memerlukan guyuran hujan. Selain itu, Tri mengatakan, BPPT tak mampu menghilangkan hujan setiap hari.

Tri juga menyebut ada kesalahan membaca oleh masyarakat dan ilmuwan soal imbauan yang dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Amerika terkait kondisi cuaca Jakarta pada 6-12 Januari. Imbauan yang tertulis sebagai "unusual heavy rainfall" diartikan sebagai hujan ekstrem. "Padahal warning itu juga senada dengan prakiraan BMKG," kata Tri.

Menurut Tri, memprediksi cuaca di Indonesia tak mudah lantaran sinyal perubahan cuaca di ekuator tak cukup jelas. Global Forecast System yang menjadi acuan banyak model prediksi hujan di Indonesia, kata Tri, bahkan tak bisa memprediksi hujan dalam beberapa pekan terakhir.

Mereka meleset saat memprediksi curah hujan saat pergantian tahun di Indonesia. "Curah hujan di Jabodetabek 27 Des - 2 Jan diprediksi 101 mm. Tapi nyatanya 207 mm. Bahkan curah hujan di Halim Perdanakusuma akhir tahun 2019 yang terukur 377 mm itu diprediksi GFS "hanya" kurang dari 30 mm," kata Tri.

Mengacu pada prediksi BMKG terkait puncak musim hujan pada akhir Januari hingga awal Februari, Tri menyebut BB TMC akan terus memodifikasi cuaca. Tujuannya, untuk mengurangi curah hujan penyebab banjir dan longsor, bukan menghilangkan hujan.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 08:00 WIB

6 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Gula Darah

Sobat Sehat Merapat! Yuk, Ketahui Apa Saja Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Berlebihan oleh Penderita Gula Darah.
Bola Sarden. Olahan Ikan. | Contoh Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Berlebihan oleh Penderita Gula Darah. Foto: YouTube/MamaSuka Indonesia
Life19 April 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah

Yuk Lakukan Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah Ini!
Ilustrasi. Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah. (Sumber : Pexels/JaneTrangDoan)
Food & Travel19 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Daun jambu biji juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Beberapa orang juga mengonsumsi teh atau ekstrak daun jambu biji untuk mendukung kesehatan secara umum.
Ilustrasi. Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti Langkah-Langkahnya! (Sumber : Instagram/@parboaboa)
Science19 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 April 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Nasional19 April 2024, 03:16 WIB

Diduga Merayu Anggota PPLN, Ketua KPU RI Dilaporkan ke DKPP dengan Tuduhan Asusila

Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH APIK melaporkan Ketua KPU Hayim Asy'ari ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Youtube KPU
Internasional19 April 2024, 02:43 WIB

28 Karyawan Dipecat, Buntut Protes Kontrak Kerja Google dengan Militer Israel

Google memecat sejumlah karyawan setelah diketahui melakukan protes terhadap kondisi tenaga kerja dan kontrak perusahaan dengan militer Israel.
Kantor Google di San Francisco | Foto : Ist
Internasional19 April 2024, 02:02 WIB

Bencana Banjir Melanda Dubai, Ilmuan Peringatkan Hal Ini

Bencana alam berupa banjir melanda Dubai, Uni Emirat Arab, pada hari Selasa (16/4/2024), setelah hujan deras mengguyur negara tersebut.
Bencana Banjir Melanda Dubai | Foto : Capture video youtube HAG Weather
Keuangan19 April 2024, 01:29 WIB

6 Tanda Kamu Lebih Cocok Jadi Pebisnis Ketimbang Karyawan, Ini Buktinya

Sesungguhnya ada beberapa tanda yang menjadi petunjuk orang lebih cocok jadi pebisnis daripada karyawan
Tanda orang lebih cocok jadi pebisnis  | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Inspirasi19 April 2024, 01:19 WIB

5 Tipe Overthinking yang Sering Dialami Banyak Orang, Kamu Termasuk yang Mana?

Overthingking sejatinya dibagi ke dalam beberapa tipe yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Mari simak penjelasan berikut
Tipe orang overthingking | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi19 April 2024, 00:53 WIB

Warga Keluhkan Sampah Dekat Terminal Sagaranten Sukabumi, Tidak Ada TPS Meski Iuran

Sejumlah pedagang dan warga mengeluhkan pengolahan sampah di sekitar Terminal Sagaranten Kabupaten Sukabumi
Warga Sagaranten sedang membersihkan sampah yang menumpuk | Foto : Ragil Gilang