9 Negara Pemilik Senjata Nuklir, Siapa Terbanyak?

Sabtu 26 Januari 2019, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengkonfirmasi desas-desus lama di komunitas intelijen AS dalam pidatonya pada 1 Maret 2018, dengan mengumumkan Rusia telah membuat senjata nuklir bawah laut yang mampu membunuh jutaan orang dalam satu ledakan dan membuat ribuan kilometer persegi tanah tidak dapat dihuni untuk puluhan tahun.

Amerika Serikat, saingan nuklir utama Rusia, tidak memiliki tandingan untuk senjata ini, tidak ada pertahanan yang dapat menghentikannya, tidak ada rencana tanggap darurat yang mengatasinya, dan tidak ada proyek yang akan datang untuk melawan atau mensterilkannya.

Di permukaan, torpedo nuklir mewakili kemampuan penghancuran nuklir yang tak tertandingi, tetapi kemampuan arsenal nuklir bergantung pada banyak faktor, bukan hanya kemampuannya untuk membunuh.

Senjata nuklir, yang pernah dianggap sebagai penentu utama dalam peperangan setelah Perang Dunia II.

Sejak itu, senjata nuklir telah mengambil peran sebagai pencegah. AS dan Rusia, saingan Perang Dingin selama beberapa dekade, tidak pernah bertempur berhadapan sejak awal era nuklir, karena perdamaian setidaknya sebagian karena takut bahwa konflik akan meningkat menjadi kehancuran bersama, dan kemudian global.

Dikutip Business Insider, 26 Januari 2019, Hans Kristensen, direktur Proyek Informasi Nuklir di Federasi Ilmuwan Amerika, memaparkan kekuatan senjata nuklir negara-negara dunia.

Korea Utara gagal dengan hampir setiap metrik yang digunakan untuk mengukur persenjataan nuklir. Rudal nuklir Korea Utara bahkan mungkin tidak berfungsi, dan pemimpin negara itu, Kim Jong Un, mengalihkan uang dari pelayanan penting untuk rakyatnya sendiri untuk membayar utang.

Namun Korea Utara memiliki sejumlah sistem rudal balistik jarak pendek hingga antarbenua yang diperkirakan beroperasi di belakang para peluncur misil bergerak.

Seorang analis telah memperingatkan bahwa peluncur bergerak Korea Utara mungkin hanya mengalihkan perhatian dari ancaman nyata dari silo nuklir yang disembunyikan, tetapi tidak ada bukti silo semacam itu pernah muncul dalam laporan intelijen AS yang dipublikasikan.

Korea Utara telah menguji sejumlah platform dan kapal selam yang meluncurkan armada kapal selam yang lebih tua, tetapi kemampuan ini dianggap jauh.

Gudang senjata nuklir Korea Utara diturunkan ke beberapa sistem rudal balistik yang lebih tua di lapangan dan beberapa sistem jangka panjang dalam pengembangan, menurut Kristensen.

Sama sekali tidak diketahui apakah Korea Utara menyimpan senjata nuklirnya atau dengan hulu ledak yang melekat pada rudal.

Israel, tidak seperti yang lain dalam daftar ini, berada di tengah konflik dengan musuh non-nuklir. Iran telah berjanji untuk menghancurkan Israel, tetapi telah bersumpah untuk membangun senjata nuklir.

Selain itu, militer konvensional Israel, dengan angkatan udara yang mumpuni dan koordinasi yang erat dengan AS, dengan mudah mengalahkan musuh regionalnya dalam pertempuran tradisional.

Tidak ada yang tahu senjata apa yang dimiliki atau tidak dimiliki Israel.

Ada yang mengatakan Israel memiliki sistem senjata yang cukup maju, termasuk sistem berbasis darat yang tetap tidak dipasangkan hulu ledak nuklir.

Kristensen mengatakan Israel telah merahasiakan rudal dan pesawat yang dapat meluncurkan bom nuklir.

"Rumornya adalah Israel memiliki rudal jelajah untuk kapal selam mereka dan ada tulisan tentang nuklir darat dan nuklir taktis, tetapi mereka tetap rumor," katanya.

India memiliki senjata nuklir yang dijatuhkan di udara dan diluncurkan di darat. Awalnya, India membuat senjata jarak pendek untuk membuat Pakistan waspada, tetapi sejak itu berkembang untuk membidik Cina dengan sistem jarak jauh.

India sedang menguji Agni V, rudal yang diluncurkan darat yang dapat menjangkau seluruh Cina, tetapi seperti yang dikatakan Kristensen, "begitu mereka mengembangkannya, mereka harus membangun infrastruktur pangkalan mereka."

India baru-baru ini meluncurkan kapal selam bertenaga nuklir pertamanya untuk melakukan patroli pencegahan, tetapi Kristensen mengatakan patroli itu hanya berlangsung selama 20 hari dan tidak membawa rudal nuklir bersenjata.

Rudal dan kapal selam India telah memilih untuk mengembangkan nuklir bawah lautnya tidak dapat menjangkau titik-titik vital Cina atau sebagian besar Pakistan.

Pakistan membangun senjata nuklir sebagai tanggapan terhadap rival regionalnya, India, menguji dan melanjutkan dengan misi nuklir yang relatif sederhana: mencegah atau mengalahkan India.

Pakistan berhasil mengembangkan jumlah nuklir serendah mungkin untuk menangkal India, yang memiliki kekuatan konvensional yang jauh lebih kuat dan populasi penduduk lebih besar dari Pakistan.

Pakistan memiliki rudal balistik dengan jangkauan yang cukup jauh untuk mencapai titik mana saja di negara India. Pakistan telah membangun rudal jelajah berhulu ledak nuklir yang dapat melakukan perjalanan lebih dari 600 kilometer.

Angkatan udara Pakistan dilaporkan telah berlatih menjatuhkan bom nuklir dengan pesawat-pesawat buatan asing. AS secara khusus telah memberi izin kepada Pakistan untuk memodifikasi pesawat tempur F-16 untuk menjatuhkan senjata nuklir.

Pakistan tidak memiliki kapal selam berkemampuan rudal nuklir, tetapi dilaporkan telah mulai mengerjakannya dalam menanggapi kapal selam nuklir pertama India.

Pakistan diperkirakan menyimpan hulu ledak nuklirnya terpisah dari rudal dan sistem peluncur.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Keuangan25 April 2024, 08:21 WIB

Daftar Lengkap 537 Pinjol Ilegal Terbaru yang Diblokir Satgas Pasti

Satgas Pasti mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati.
(Foto Ilustrasi) Satgas Pasti memblokir 537 entitas pinjol ilegal di sejumlah situs dan aplikasi. | Foto: Istimewa
Sehat25 April 2024, 08:00 WIB

10 Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat

Berikut Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat. Yuk Coba Konsumsi!
Ilustrasi. Minyak Zaitun. Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat (Sumber : pixabay.com/@SteveBuissinne)
Life25 April 2024, 07:00 WIB

Komunikasi Terbuka, 10 Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah Diatur

Penting untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan dan kepribadian anak laki-laki yang sulit diatur sambil tetap memegang nilai-nilai dan prinsip yang diyakini.
Ilustrasi pola asuh orang tua. | Komunikasi Terbuka: Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah DiaturFoto: Freepik/@foto tekan
Food & Travel25 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa untuk Mengatur Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi rebusan atau ramuan herbal apa pun, termasuk rebusan daun mahkota dewa.
Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa. Foto: Instagram/@kebuhbuahkita
Science25 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 25 April 2024, Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat.
Ilustrasi - Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang