Light Dark

Pleno Selesai, KPU Cianjur Umumkan Suara Terbanyak di Pilkada 2020

Jawa Barat | 16 Dec 2020, 08:10 WIB
Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara di Tingkat Kabupaten Cianjur. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur mengumumkan secara resmi perolehan suara terbanyak Pilkada Kabupaten Cianjur, Selasa (15/12/2020) malam. 

Suara terbanyak diraih pasangan nomor urut 3 Herman Suherman-Tb Mulyana Syahrudin (BHSM) dengan jumlah 600.394 suara atau sebesar 57,2 persen. Peringkat kedua diraih pasangan nomor urut 4 Lepi Ali Firmansyah-Gilar Budi Raharja (Pilar) dengan jumlah 328.610 suara atau sebesar 31,2 persen.


Advertisement

Kemudian raihan ketiga diduduki pasangan nomor urut 2 Oting Zainal Mutaqin-Wawan Setiawan (OTW) dengan jumlah 87.426 suara atau sebesar 8,2 persen. Lalu terakhir pasangan nomor urut 1 Muhamad Toha-Ade Sobari (Hade) dengan jumlah 37.423 suara atau sebesar 3,5 persen.

BACA JUGA: Pleno Rekapitulasi KPU Cianjur, Pasangan Herman-Tb Mulyana tak Terkejar 

Ketua kpu kabupaten cianjur Selly Nurdinah mengatakan, angka partisipasi pemilih pada pilkada cianjur 2020 meningkat sekira 10 persen dari pemilu sebelumnya di tahun 2015. 

"Pemilu sebelumnya angka partisipasi pemilih sebesar 56,9 persen dan pada pilkada kali ini sebesar 67,9 persen," ujar Selly saat menggelar konferensi pers setelah pleno penghitungan suara selesai pada Selasa tengah malam. 


Advertisement

Selly mengatakan, dengan selesainya pleno penghitungan suara, saat ini KPU tinggal menunggu apakah ada register sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK) atau tidak. 

"Jika tak ada maka kami akan melanjutkan tahapan kepada penetapan calon Bupati Wakil dan Wupati Cianjur terpilih," katanya. 

Selly mengatakan, untuk jadwal pelantikan menunggu masa jabatan Plt Bupati yang berakhir pada Mei 2021. "Kalau untuk pelantikan sesuai dengan masa akhir jabatan Plt Bupati bulan Mei mendatang," katanya. 

Image

Koko Muhamad

Image

Koko Muhamad

Redaktur

Image

DEDEN ABDUL AZIZ

Reporter