Distribusi Logistik Pilkada Cianjur Dimulai, Tenang Ada Polisi yang Mengawal!

Kamis 03 Desember 2020, 08:20 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur mulai mendistribusikan logistik Pilkada 2020 ke delapan kecamatan di wilayah selatan yang menjadi prioritas pendistribusian, Kamis (3/12/2020). 

Kedelapan kecamatan di wilayah Cianjur selatan itu adalah Kecamatan Leles, Cikadu, Cijati, Naringgul, Agrabinta, Cidaun, Sindangbarang, dan Kadupandak. 

Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Selly Nurdinah, mengungkapkan prioritas pendistribusian ke wilayah di Cianjur selatan berdasarkan sejumlah pertimbangan, di antaranya mitigasi bencana, dan letak geografis. 

BACA JUGA: KPU Cianjur Mulai Distribusikan Logistik Pilkada, Wilayah Selatan jadi Prioritas

Berbagai kebutuhan logistik yang didistribusikan berupa kotak suara dan alat pelindung diri (APD). Di dalam kotak suara berisi surat suara, berbagai formulir, sampul kertas, segel, karet pengikat surat suara, alat coblos, pengikat kantong plastik, kabel ties, alat bantu untuk penyandang disabilitas (tuna netra), dan tinta. 

"Kami targetkan pendistribusian dapat selesai dalam waktu empat hari, mulai hari ini Kamis (3/12/2020) hingga Minggu (6/12/2020). Wilayah Cianjur selatan menjadi prioritas, karena letak geografisnya yang memang cukup jauh," kata Selly, kepada wartawan, Kamis. 

Selly menyebutkan, titik akhir pendistribusian dari gudang logistik KPU berada di setiap kecamatan atau di panitia pemilihan kecamatan (PPK). Pendistribusian hingga ke TPS dilakukan berjenjang. 

"Setelah dari PPK akan didistribusikan ke PPS dan terakhir ke TPS. Target kami, distribusi logistik tiba di PPK itu pada H-3, di PPS pada H-2, dan di TPS pada H-1," jelasnya. 

BACA JUGA: Pilkada 2020 Tinggal Beberapa Hari Lagi, KPU Cianjur: Jangan Lupa Protokol Kesehatan

Pjs Bupati Cianjur, Dudi Sudrajat mengatakan, akan ada dua truk yang melakukan distribusi logistik. Satu truk berisi surat suara dan alat pencoblosan, satu truk berisi alat pelindung diri (APD) 

"Untuk pengamanan, kita punya grup, bisa dicek kalau ada apa-apa lapor ke saya. Tiap minggu juga kan laporan, kita cek terus kemarin juga diundang pak gubernur untuk laporan persiapan di lapangan," tutur Dudi. 

Dudi berharap tidak ada kendala dalam proses distribusi logistik Pilkada Cianjur 2020 ini. Meski sebelumnya sempat ramai kejadian geng motor sampai unjuk rasa buruh. 

"Di sini kemaren soal buruh, terus geng motor, tapi menghadapi itu kita harus tegas. Apalagi tugas prioritas itu untuk menjamin pilkada yang aman dan terkendali," jelasnya. 

BACA JUGA: Pidana Pemilu: Bagi-bagi Beras Timses Divonis 3 Tahun Penjara, Kades Viral Juga Dihukum

Selain itu, dalam menyikapi cuaca pihaknya mengaku sudah siap siaga. Bahkan, Dudi menyebut, pihaknya sudah menggelar upacara kesiapsiagaan. 

"Cuaca kan ada beberapa longsor, kita harus siap siaga juga. Kemarin juga ada upacara kesiapsiagaan karena kita juga masuk ke akhir tahun, musim rawan bencana, kita udah siapkan dengan BPBD," katanya. 

Pihaknya pun memiliki relawa-relawan seperti Retana dan Tagana dalam membantu kewaspadaan bencana di Cianjur Selatan. "Tak ada pilihan lain selain waspada. Saya pikir kita sudah siap semaksimal mungkin," kata dia. 

Sementara itu, Kapolres Cianjur, AKBP Mochamad Rifai mengatakan, pihaknya mengerahkan 10 anggota setiap distribusi dilakukan untuk mengawal proses pengiriman logistik Pilkada 2020. 

BACA JUGA: Sebelum Pilih, Yuk Kenali Visi Misi Calon di Pilkada Cianjur 2020

"Akan dilakukan setiap hari untuk wilayah-wilayah masing-masing, delapan truk ini pertama kali akan dikawal 10 anggota di depan dan belakang. Jadi setiap pendistribusian pasti akan dikawal anggota," kata Rifai. 

Dalam antisipasi bencana, lanjut Rifai, pihaknya telah memikirkan tempat penyimpanan yang aman dari bencana alam. Bahkan, sudah ada tempat evakuasi terdekat jika bencana terjadi. 

"Kita sudah koordinasi dengan Polsek-Polsek jika ada bencana alam, akan segera dievakuasi di tempat yang lebih aman," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, pada hari kedua, Jumat (4/12/2020), distribusi logistik meliputi Kecamatan Pasirkuda, Cibinong, Campakamulya, Campaka, Tanggeung, Pagelaran, Takokak, dan Sukanagara.

BACA JUGA: Figur Paslon Bisa Pengaruhi Calon Pemilih Datang ke TPS di Pilkada 2020

Sementara pada Sabtu (5/12/2020), distribusi logistik akan dilaksanakan ke Kecamatan Haurwangi, Cikalongkulon, Sukaluyu, Sukaresmi, Mande, Bojongpicung, Cibeber, dan Ciranjang. 

Sedangkan pada hari terakhir Minggu (6/12/2020), distribusinya meliputi Kecamatan Cipanas, Pacet, Cugenang, Gekbrong Warungkondang, Cilaku, Karangtengah, dan Cianjur

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 18:18 WIB

Drainase Tersumbat, Banjir Cileuncang Sempat Rendam Jalan Raya Sukaraja Sukabumi

Kapolsek Sukaraja Sukabumi Kompol Dedi Suryadi mengatakan bahwa peristiwa banjir cileuncang ini sepengetahuannya baru pertama kali terjadi.
Kondisi ruas jalan raya Sukaraja Sukabumi tepatnya di depan RSU Hermina pada  Selasa (23/4/2024) siang. (Sumber : Istimewa)
Life23 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan: Ujian, Rezeki, Pekerjaan Insya Allah Lancar

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan.
Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan. | Foto : Pixabay
Sukabumi23 April 2024, 17:56 WIB

Bahas Persepsi Indikator Korupsi dengan KPK, Wabup Sukabumi: Kejar MCP 2024

Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 dengan KPK RI secara Virtual di Pendopo SUkabumi, Selasa 24 April 2024
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengikuti acara Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II, Diseminasi Pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) Tahun 2024 (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)