Relawan Garda Manjur Cianjur Bangun Rutilahu di Tanah Kelahiran Gilar Budi Raharja

Rabu 18 November 2020, 04:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dede Supriatna (38 tahun), terlihat sumringah. Lelaki warga Kampung Cikadu RT 02/03 Desa Sukaratu, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur, itu disambangi calon Wakil Bupati Cianjur nomor urut 3, Tb Mulyana Syahrudin, Selasa (17/11/2020). 

Kedatangan Tb Mulyana Syahrudin yang merupakan pasangan calon Bupati Cianjur, Herman Suherman itu untuk menghadiri penyerahan bantuan material pembangunan rumah tidak layak huni milik Dede. Pekerjaannya yang serabutan, membuat Dede bersama istri dan empat orang anaknya tak bisa berbuat banyak memperbaiki rumah. 

"Alhamdulillah, saya sangat senang sekali rumah bisa diperbaiki," kata Dede kepada wartawan, Selasa (17/11/2020). 

BACA JUGA: Pasangan Calon Partai Nasdem Unggul Menurut Hasil Survei, Termasuk Sukabumi dan Cianjur

Bangunan rumah Dede yang masih semi permanen berbahan dasar bilik bambu dan kayu itu berukuran sekitar 2x4 meter. Dede bersama keluarganya sudah hampir 8 tahun tinggal di rumah tersebut. 

Tepat di pinggir bangunan rumah, terdapat kandang domba yang berisi beberapa ekor domba. Dede mengaku ia dipercayai orang mengurus domba. Hasilnya nanti dibagi dua. "Bukan milik saya. Itu maparo (separuh) dengan pemiliknya. Saya hanya mengurusinya," ucap Dede. 

Sehari-hari Dede mengaku bekerja serabutan sebagai kuli angkut kayu. Biasanya pekerjaan itu ia lakukan setiap hari dari pagi hingga siang. 

"Upahnya saya kebagian Rp 50 ribu sekali angkut kayu dari pasir (kebun) seberat 1 meter kubik. Kalau untuk kebutuhan sehari-hari sih tidak cukup karena saya juga punya 4 orang anak," terangnya. 

BACA JUGA: Pendidikan Politik Golkar untuk Pemenangan Pilkada, Cianjur dan Sukabumi Dibidik DPP

Di tengah kehidupannya yang serba kekurangan, Dede juga mengaku tidak terdata sebagai penerima bantuan apapun dari pemerintah. Tapi Dede mengaku mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) dari desa bagi warga miskin terdampak pandemi covid-19. 

"Kalau bantuan lain mah saya tidak dapat. Kemarin saja dapat dari desa selama 3 kali. Saya dapat Rp 600 ribu setiap ada bantuan dari desa," pungkasnya. 

Ketua Relawan Garda Manjur, Rian Purwawiwitan menjelaskan, bantuan material bagi keluarga Dede Supriatna bermula dari laporan relawan di tingkat kecamatan dan desa. Laporan ditindaklanjuti dengan mengumpulkan iuran untuk membantu keluarga tersebut. 

"Akhirnya kami berdiskusi dengan relawan lain untuk membantu memperbaiki rumah warga. Alhamdulillah dari hasil diskusi itu terkumpul dana," kata Rian. 

BACA JUGA: Usai Dapat SK, Herman - Tb Mulyana Anjangsana ke Rumah Mak Karsiah di Pagelaran Cianjur

Namun, kata Rian, bantuan yang diberikan tidak dalam bentuk uang cash. Bantuan disalurkan dalam bentuk bahan material bangunan. 

"Untuk pengerjaannya akan dilaksanakan secara gotong-royong. Warga di sini sepakat untuk membantu swadaya perbaikan rumahnya," tegas Rian. 

Calon Wakil Bupati Cianjur, Tb Mulyana Syahrudin mengaku mendapat undangan menghadiri penyerahan bantuan material bahan bangunan untuk perbaikan rutilahu warga Desa Sukaratu di Kecamatan Bojongpicung.

Mulyana mengapresiasi nilai-nilai kemanusiaan pada diri Relawan Garda Manjur yang notabene merupakan bagian dari pasangan calon Herman Suherman dan Tb Mulyana Syahrudin (BHS-M). 

"Ini sepenuhnya inisiatif dari relawan. Bantuan yang diberikan juga hasil iuran dari relawan. Saya datang hanya untuk menghadiri penyerahannya atas undangan dari para relawan," terang Mulyana. 

BACA JUGA: Tb Mulyana Bertamu ke Rumah Ketua Apdesi, Ada Apa?

Pada Pilkada Cianjur 2020, pasangan calon Herman Suherman dan Tb Mulyana Syahrudin diusung lima partai koalisi terdiri dari Partai Golkar, NasDem, PDI Perjuangan, PAN, dan PPP. 

Berdasarkan penelusuran relawan, rumah tidak layak huni yang akan dibangun tersebut secara tidak disengaja berada di tanah kelahiran Gilar Budi Raharja, salah satu calon dari pasangan nmor urut 4 Lepi Ali Firmansyah dan Gilar Budi Raharja (Pilar). 

"Bukan faktor kesengajaan ternyata lokasi rutilahu tersebut di tanah kelahiran Pak Gilar dari pasangan nomor 4. Ini kebetulan saja," ujar Gaga, salah satu relawan. 

Menurut Gaga, saat ini Gilar memang sudah tidak berdomisili di Desa Sukaratu. "Tapi orangtuanya masih, cuma beda kampung," tutur dia. 

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa