Light Dark

Daftar Pantai yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan di Pangandaran

Jawa Barat | 08 Nov 2020, 08:34 WIB
Pantai Pangandaran. | Harapanrakyat.com

SUKABUMIUPDATE.com - Pangandaran, kerap kali disebut Bali-nya Jawa Barat lantaran memiliki keindahan pantai yang tak kalah memanjakan setiap wisatawan yang melancong. Apalagi buat updaters yang senang dengan pantai-pantai eksotik, Pangandaran adalah tempat Liburan yang tepat.

Kabupaten Pangandaran memang dikenal dengan pantai-pantainya yang indah. Namun, tak hanya pantai, ada juga tempat-tempat lainnya yang bisa Anda datangi untuk mengisi hari-hari libur.


Advertisement

Menikmati beburan ombak pantai, angin sepoi-sepoi pinggir pantai, bahkan bagi yang senang berselancar, berenang hingga snorkeling, Pangandaran bisa jadi tempat wisata yang sangat lengkap.

Berikut empat pantai dan satu lokasi wisata pilihan yang tak boleh Anda lewatkan saat berlibur di Pangandaran:

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan sebutan bagi Pantai Barat dan Pantai Timur yang berada di Kabupaten Pangandaran.


Advertisement

Tujuan utama para wisatawan ketika mencari tempat Liburan asyik di Pangandaran adalah pantai ini. 

Jika Anda mengunjungi Pantai Timur Pangandaran, Anda bisa menjajal permainan Banana Boat. Harganya pun cukup terjangkau, hanya Rp 100 ribu untuk tiga permainan.

Agar lebih seru, Anda bisa mengajak teman atau saudara untuk menjajal permainan Banana Boat.

Sementara di Pantai Barat Pangandaran, Anda bisa berenang sepuasnya. Pastikan saja Anda tidak melewati batas rambu-rambu renang. Ikuti juga instruksi penjaga pantai ya.

Pasir Putih Pangandaran

Jika Anda menaiki perahu siar dari Pantai Barat, Anda bisa menikmati Pasir Putih Pangandaran. Destinasi wisata ini juga bisa jadi tempat Liburan asyik di Pangandaran. Anda bisa berfoto sepuasnya di depan bangkai kapal Viking Logos.

Bangkai kapal ini begitu populer di media sosial terutama Instagram. Kapal Viking Logos merupakan kapal ilegal asing yang dibom oleh Susi Pudjiastuti, ketika menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. 

Selain berfoto di depan bangkai kapal Viking Logos, Anda juga bisa snorkeling. Biota laut yang berada di bawah laut Pasie Putih Pangandaran bisa Anda nikmati keindahannya lewat snorkeling.

Tak perlu khawatir jika Anda tidak membawa peralatan snorkeling. Lantaran ada sejumlah penyewa alat snorkeling yang siap memanjakan Liburan Anda.

Pantai Karapyak

Saatnya Anda menikmati tempat Liburan asyik di Pangandaran lainnya. Pantai Karapyak bisa jadi pilihan Anda selanjutnya.

Saat ini, selain Anda bisa menikmati keindahan Pantai Karapyak, Anda juga bisa berfoto di atas tebing dengan pemandangan Pantai yang indah. 

Kawasan wisata Pantai Karapyak tersedia Jembatan Kaca. Anda bisa berfoto sepuasnya di sana. Cukup dengan membayar Rp 25 ribu saja.

Usai puas berfoto di Jembatan Kaca, Anda bisa menuju Pantai Karapyak yang memiliki garis pantai unik.

Warna pantai Karapyak bisa berubah-ubah sesuai dengan debit airnya. Hal ini terjadi lantaran saat debit air Sungai Citanduy meningkat dan bermuara ke laut, membuat warna air laut terlihat kontras.

Sungai Citanduy yang airnya tawar berwarna coklat, lalu bercampur dengan air laut di muara pantai. Warnanya pun terlihat kemerah-merahan.

Selain itu, saat Anda mengunjungi tempat Liburan asyik di Pangandaran ini pada musim kemarau, Anda akan menyaksikan ikah-ikan hias kecil di sela-sela karang laut.

Letak Pantai Karapyak berada di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang. Hanya 20 kilometer saja dari pusat Kota Pangandaran.

Pantai Batu Karas

Batu Karas adalah surganya peselancar. Anda bisa menuju Pantai Batu Karas, selepas menikmati keseruan di Pantai Barat dan Timur Pangandaran.

Jaraknya 34 kilometer dari Pantai Barat Pangandaran. Letaknya di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang.

Ada tiga tempat di Pantai Batu Karas yang bisa dijadikan tempat surfing atau selancar. Bulak Penda, Legok Pari, dan Karang.

Bulak Penda memiliki ombak yang cocok untuk peselancar profesional. Sementara Legok Pari cocok bagi pemula yang baru belajar surfing. Sedangkan Karang hanya bisa jadi lokasi surfing saat air laut pasang.

Pantai Madasari

Tempat Liburan asyik di Pangandaran selanjutnya adalah Pantai Madasari. Untuk menuju Pantai Madasari, Anda tinggal meneruskan perjalanan dari Pantai Batu Karas. Jaraknya hanya 18,5 kilometer dari Pantai Batu Karas. Lokasinya berada di Desa Mesawah, Kecamatan Cimerak.

Keunikan pantai Madasari adalah pulau-pulau kecil berbentuk batu-batu karang. Cocok untuk lokasi foto-foto prewedding. Selain itu, bisa juga jadi tempat camping atau gathering bersama keluarga besar. 

Kampung Turis Pangandaran

Sudah puas berenang dan menikmati keindahan berbagai Pantai indah di Pangandaran, Anda bisa menikmati kuliner khas Pangandaran.

Kampung Turis adalah tempat yang cocok bagi Anda untuk menikmati menu khas Pangandaran. Anda pun bisa nongkrong di café-café di pinggir pantai.

Itulah rekomendasi tempat Liburan asyik di Pangandaran yang tak boleh Anda lewatkan. Pastikan Anda tetap mematuhi protokol kesehatan saat berlibur ya. Pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Selamat berlibur.

Sumber: Harapanrakyat.com

Image

Herlan Heryadie

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

Reporter