Pemerintahan Era Joe Biden Kembalikan Posisi Jurnalis VOA Asal Indonesia

Senin 25 Januari 2021, 01:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Voice of America (VOA) mengembalikan posisi jurnalis VOA asal Indonesia ke korespondensi Gedung Putih setelah didemosi karena bertanya kepada mantan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Dilansir dari Tempo.co, jurnalis senior VOA, Patsy Widakuswara, ditempatkan kembali ke Gedung Putih sehari setelah Presiden Joe Biden meminta pengunduran diri Michael Pack, CEO U.S. Agency for Global Media yang menaungi Voice of America, dikutip dari The Hill, 24 Januari 2021.

Di Twitter Patsy mengaku senang kembali meliput di Gedung Putih setelah dipindahtugaskan karena menanyai Mike Pompeo tentang kerusuhan Capitol AS.

Badan tersebut mengalami kekacauan selama empat tahun di bawah mantan Presiden Trump, dengan setidaknya 20 karyawan VOA mengajukan perlindungan whistleblower setelah menuntut reformasi di badan tersebut.

Penolakan itu muncul awal bulan ini ketika beberapa wartawan memprotes siaran langsung pidato Pompeo di kantor pusat VOA. Wartawan tidak diizinkan untuk bertanya pada acara tersebut, dan banyak yang menganggap siaran tersebut sebagai bentuk propaganda.

Selama pidatonya, Pompeo mengkritik VOA karena kurang mewartakan berita positif tentang pemerintahan Donald Trump.

"Bukan berita palsu bagi Anda untuk menyiarkan bahwa ini adalah negara terhebat yang pernah dikenal dunia," kata Pompeo dalam siaran tersebut.

"Saya tidak mengatakan agar mengabaikan kesalahan kita. Akui mereka. Tapi bukanlah Voice of America, yang (hanya) berfokus pada segala sesuatu yang salah dengan bangsa kita yang hebat. Ini jelas bukan tempat untuk memberi rezim otoriter di Beijing atau Teheran sebuah wadah media," kata Pompeo.

Patsy Widakuswara, yang meliput Gedung Putih, dipindahtugaskan pada 11 Januari, beberapa jam setelah bertanya kepada Pompeo dalam sesi tanya jawab yang juga dihadiri Direktur VOA Robert Reilly, di mana jurnalis tidak diizinkan bertanya dan Pompeo dibiarkan untuk menggembar-gemborkan pencapaian pemerintahan Donald Trump.

Ketika Pompeo menolak untuk menanggapi pertanyaan, Widakuswara menoleh ke Reilly dan bertanya mengapa dia tidak mengajukan pertanyaan wartawan VOA kepada Pompeo, menurut orang-orang yang hadir, CNN melaporkan.

"Anda siapa," tanya Reilly, menurut orang-orang yang hadir di antara kerumunan di sekitar mereka dan rekaman audio. "Saya koresponden Gedung Putih untuk VOA," jawab Patsy Widakuswara.

Reilly menjawab dengan teguran, "Anda jelas tidak tahu bagaimana harus bersikap."

Setelah acara tersebut, Widakuswara berusaha untuk menanyai Pompeo saat dia keluar dari kantor mereka. Dia kemudian dicopot dari penugasan peliputan Gedung Putih.

Asosiasi Koresponden Gedung Putih (WHCA) mengutuk mutasi Widakuswara, yang menurut sumber di VOA dilakukan tanpa penjelasan hanya beberapa jam setelah pidato Pompeo, dan terjadi di tengah serangan terhadap demokrasi AS oleh pendukung Presiden Donald Trump yang mengepung Capitol pada 6 Januari dan menewaskan lima orang.

Pada 13 Januari, dia dipindahkan untuk kedua kalinya, lagi tanpa penjelasan dan kali ini tanpa pemberitahuan langsung.

Pemerintahan Joe Biden bergerak cepat pada Kamis sehari setelah dilantik untuk menunjuk kepemimpinan baru di Voice of America dan media lain yang didanai AS.

Hari pertama menjabat, pemerintahan Biden memberhentikan Direktur Voice of America, Robert Reilly, dan wakilnya, Elizabeth Robbins, dan menggantikan mereka dengan jurnalis berpengalaman dengan karir panjang di VOA dan jaringan lain yang didanai pemerintah, menurut sebuah pernyataan dari U.S. Agency for Global Media.

NBC melaporkan, Reilly digantikan oleh Yolanda Lopez, editor yang akan menjabat sebagai direktur pelaksana di VOA. Reilly baru beberapa hari lalu menugaskan kembali Lopez setelah Patsy Widakuswara bertanya ke Pompeo pada acara 11 Januari di kantor pusat Voice of America.

Bahkan setelah Joe Biden dilantik sebagai presiden pada hari Rabu, Robbins dan mantan pejabat politik pemerintahan Trump lainnya di lembaga tersebut, John Jaggers, melanjutkan upaya untuk mencoba memecat beberapa karyawan VOA pada Kamis, menurut David Seide, seorang pengacara yang mewakili karyawan, NBC melaporkan.

Keduanya mendesak untuk memecat anggota staf meskipun pemerintahan Biden telah mengeluarkan instruksi untuk menangguhkan tindakan atau proses personel di VOA dan jaringan lainnya.

Tak lama setelah Kamis tengah malam, empat karyawan menerima sepucuk surat dari Jaggers yang mengatakan kepada mereka bahwa mereka akan dipindahkan "pada tanggal surat ini," kata Seide, yang membagikan kutipan dokumen tersebut dengan NBC News.

Kepemimpinan baru di U.S. Agency for Global Media, yang telah secara resmi mengambil alih kepemimpinan pada Rabu malam, dengan cepat membatalkan surat-surat tersebut pada hari Kamis, kata Seide.

Sekitar pukul 1 siang pada hari Kamis, lebih dari 24 jam setelah Joe Biden dilantik, Elizabeth Robbins mengirim email kepada seorang karyawan yang memberi tahu mereka bahwa sidang administratif terkait kemungkinan pemecatan mereka akan dilanjutkan dengan atau tanpa kehadiran mereka.

Robbins mengatakan kepada NBC News bahwa dia yakin dia mengikuti peraturan federal soal pemecatan seorang karyawan yang diduga melanggar persyaratan pekerjaan mereka. Jika proses pemecatan berjalan terus, akan sulit bagi manajemen baru VOA untuk membatalkan karena akan tertahan di bawah aturan federal, menurut Robbins.

Ketika Robbins diberitahu oleh manajemen baru bahwa dia akan dipecat, dia menjawab bahwa tindakan seperti itu akan ilegal, mengutip undang-undang yang baru-baru ini diadopsi tentang tata kelola VOA, kata Robbins.

Email kantornya kemudian dimatikan dan dia dikawal oleh petugas keamanan, kata Robbins. Direktur VOA, Reilly, juga berpendapat pemecatannya adalah ilegal dan dia juga dikawal keluar gedung, katanya.

Robbins mengatakan pemecatannya "bermotif politik" dan dimaksudkan untuk menekan dugaan pengaduan whistleblower oleh beberapa karyawan VOA.

Pemerintahan Joe Biden menunjuk Kelu Chao, yang telah bekerja selama hampir 40 tahun di VOA sebagai jurnalis dan manajer, sebagai pelaksana tugas CEO dari agensi induk VOA, U.S. Agency for Global Media. Brian Conniff, yang memegang posisi manajemen senior di agensi dan merupakan presiden Middle East Broadcasting Networks yang didanai AS, ditunjuk sebagai wakilnya.

Chao menggantikan Michael Pack, seorang kontroversial yang diangkat Trump yang dituduh oleh anggota parlemen dan kelompok kebebasan pers merusak independensi editorial di VOA dan media lainnya. Pack diminta mundur sebagai direktur VOA tidak lama setelah Joe Biden dilantik Rabu siang dan ia mengumumkan pengunduran dirinya sebelum pukul 2 siang waktu Washington.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 08:00 WIB

7 Ciri-Ciri Orang Introvert Kecewa Pada Kita, Sikapnya Berubah

Orang introvert yang kecewa pada kita mungkin menjadi lebih tertutup dan kurang responsif terhadap komunikasi atau interaksi sosial.
Ilustrasi. Ciri-Ciri Orang Introvert Kecewa Pada Kita, Sikapnya Berubah (Sumber : pixabay.com/@GerdAltmann)
Food & Travel29 Maret 2024, 07:00 WIB

10 Rekomendasi Makanan untuk Memperbaiki Mood dan Mengurangi Stres

Meskipun makanan dapat memengaruhi mood, penting juga untuk mengimbanginya dengan pola makan yang sehat dan gaya hidup aktif untuk menjaga kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan agar tidak stres.
Cokelat. Rekomendasi Makanan untuk Memperbaiki Mood dan Mengurangi stres (Sumber : YouTube Home Cooking Adventure)
Sehat29 Maret 2024, 06:00 WIB

6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja!

Berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - 6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja! (Sumber : pexels.com/Melike A.)
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)