Ini Koleksi Supercar Senilai Rp 192,3 Miliar Milik Koruptor yang Dilelang

Jumat 04 September 2020, 06:00 WIB

 

SUKABUMIUPDATE.com - Bukan hanya di Indonesia koruptor kedapatan mengoleksi supercar. Koleksi supercar ultra-mahal senilai 13 juta dolar (Rp 192,3 miliar) disita dari tangan Wakil Presiden Guinea Ekuatorial, Afrika Tengah, Teodoro Nguema Obiang Mangue, sebagai tersangka koruptor. 

Otoritas Swiss menyita koleksi 11 mobil mewah milik Obiang Mangue, yang juga putra Presiden Guinea Ekuatorial, pada 2016 setelah kasus korupsi dan pencucian uang koruptor itu diusut. 

Koleksi supercar tersebut akhirnya dilelang oleh rumah lelang Bonhams yang berbasis di London untuk dikembalikan ke negara. Pelelangan diadakan pada September 2019 di Jenewa, Swiss.   

Seperti dikutip CNN.com edisi 1 Juli 2019, mobil mewah supercar hasil korupsi tadi di antaranya versi roadster dari Lamborghini Veneno yang dihiasi warna bendera Italia. Mobil ini satu dari hanya sembilan yang diproduksi untuk merayakan ulang tahun ke-50 Lambhorgini. 

Harganya ditaksir 4,5 juta pounsterling alias Rp 75,4 miliar.  Mobil sport LaFerrari edisi terbatas dengan perkiraan harga 2,5 juta pounsterling juga siap dilelang. Ada juga supercar Koenigsegg One: 1 bertenaga 1.300 tenaga kuda, satu dari tujuh yang pernah diproduksi (2 juta pounsterling). 

Obiang Mangue mengoleksi super car McLaren P1, Aston Martin One-77, dan Bugatti Veyron. Dilihat dari catatan speedometer, tidak ada mobil yang menempuh jarak lebih dari beberapa ribu mil. 

Polisi Jenewa menyita armada tersebut dari area kargo di bandara kota pada 2016 setelah kasus koruptor Obiang Mangue dibuka. Kasusnya bahkan diusut oleh di beberapa negara. 

Koruptor ini dijatuhi hukuman penjara tapi eksekusinya ditangguhkan 3 tahun dalam kasus penggelapan oleh pengadilan Prancis pada 2017. Obiang Mangue membelanjakan uangnya untuk sebuah rumah besar Paris, jet pribadi, dan armada mobil mewah dari uang jarahan di negaranya. 

Sebelumnya, Obiang Mangue menyetujui denda 30 juta dolar untuk menyelesaikan tuduhan Pemerintah AS bahwa dia menggunakan uang yang dijarah dari negaranya untuk mengumpulkan aset di AS. Dia Dituduh memberi sebuah rumah besar di California, jet, dan koleksi memorabilia Michael Jackson yang cukup mahal.

Obiang memiliki sarung tangan putih bertatahkan kristal yang dipakai King of Pop dalam tur dunia "Bad."  Kemudian pada 2018, Brasil menyita lebih 16 juta dolar uang tunai dan jam tangan mewah dari delegasi yang bepergian dengan Obiang Mangue.

Koruptor Obiang Mangue juga memiliki kapal pesiar bernama Ice, yang kabarnya biaya pemeliharaannya sekitar 800.000 dolar sebulan. Begitu disebutkan sebuah artikel di surat kabar Prancis Le Monde.  Ayahnya, Presiden Guinea Ekuatorial, Teodoro Obiang Nguema Mbasogo, merebut kekuasaan melalui kudeta pada 1979. Dia kepala negara terlama di benua itu.

Mbasogo lalu menunjuk putranya, Obiang Mangue, sebagai wakilnya pada 2016 di negara kaya minyak dan salah satu yang terkaya di Afrika itu.  Selama beberapa tahun, LSM antikorupsi Transparency International menggambarkan Guinea Ekuatorial sebagai "terlalu buram untuk diberi peringkat." Maka Transparency International mengatakan tidak dapat memperoleh cukup data tentangnya untuk indeks korupsi global.  

sumber: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update