Larang DJI, Amerika Pilih 5 Drone untuk Militer

Jumat 21 Agustus 2020, 17:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketegangan yang terjadi antara Cina dan Amerika Serikat telah mempengaruhi beberapa sektor di Amerika Serikat, salah satunya teknologi pesawat intai nirawak atau drone.

Dilansir dari Tempo.co, Pentagon, Angkatan Bersenjata Amerika, dan Departemen Dalam Negeri AS mulai melarang penggunaan teknologi asal Cina untuk kebutuhan pesawat intai. Hal itu mempengaruhi DJI, perusahaan pembuat drone terbesar di dunia asal Cina dengan pangsa pasar di kisaran 70 persen.

Baru-baru ini Departemen Pertahanan AS telah mengumumkan lima drone yang diizinkan untuk keperluan pertahanan militer AS. Dilansir dari Drone Life, Unit Inovasi Pertahanan AS (DIU), mengatakan pengumuman tersebut merupakan tindak lanjut dari program Unit Pengintaian Jarak Pendek (SRR) bersama dengan para produsen drone. Program tersebut bertujuan memasok drone kecil yang murah, portable, dan dapat digunakan dengan cepat oleh pasukan AS.

“Lima drone tersebut untuk memberikan opsi Sistem Pesawat Nirawak (sUAS) kecil yang terpercaya dan aman bagi Pemerintah AS,” ujar DIU dilansir dari Drone Life, pada Jumat, 21 Agustus 2020.

Adapun lima drone yang disetujui Departemen Pertahanan AS adalah:

Skydios X2-D

Drone ini dilengkapi dengan kamera berteknologi 360 Superzoom beresolusi 4K serta kamera termal FLIR sehingga mampu memperoleh gambar dengan kualitas baik. Selain itu, kamera pada drone ini juga memiliki kemampuan 100 kali zoom untuk pengintaian.

Drone X2 juga memiliki fitur GPS dan illuminator IR yang membuatnya dapat terbang di malam hari. Dilansir dari situs resminya, drone ini dapat menjangkau jarak hingga 6,2 km

Parrot’s Anafi USA

Dikutip dari laman resminya, Anafi USA diklaim sebagai drone paling tenang di kelasnya di mana tingkat kebisingan drone ini hanya 79 dB ketika terbang pada ketinggian 50 cm.  Drone ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan lapangan seperti pemadam kebakaran, tim SAR, petugas keamanan, tim survei dan sebagainya.

Anafi USA dilengkapi dengan fitur zoom 32 kali, video 4k HDR, dan kemampuan pencitraan termal. Selain itu, Drone ini juga dilengkapi dengan fitur pengaman seperti kartu SD terenkripsi yang memastikan perlindungan terhadap file foto dan video yang hilang. Drone ini juga menggunakan algoritma AES-XTS yang kuat dengan panjang kunci 512-bit.

Altavian’s M440 ION

Drone ini dilengkapi dengan dual kamera 720 HD/EO dengan kemampuan Zoom 20 kali. Selain itu, M440 ION juga memungkinkan operator untuk menentukan target melalui Cursor Field of View (CFOV). CFOV akan memberikan data koordinat untuk meningkatkan proses, eksploitasi, dan penyebaran target.

Drone ini juga dilengkapi dengan sensor dan algoritma perangkat lunak yang memungkinkannya untuk menghindari benda di depannya. Hal tersebut membuat M440 ION dapat terhindar dari tabrakan baik di siang hari maupun malam hari.

Teal Drones Golden Eagle

Dilansir dari laman resminya, Golden Eagle merupakan drone yang dirancang untuk pengintaian jarak pendek dengan kepekaan yang kuat. Drone ini mudah beradaptasi dengan situasi apa pun.

Vantage Robotics Vesper.

Drone Vesper dirancang untuk memenuhi kebutuhan pertahanan, keamanan, dan inspeksi. Drone ini dapat terbang dengan kecepatan 45 mph selama satu jam. Untuk keamanan data, drone ini menggunakan enskripsi AES-256 dan security boot standar Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional Amerika Serikat.

Selain itu, drone ini juga dilengkapi sensor kamera Sony EO dengan ISO tinggi yang mampu menghasilkan gambar yang halus. Selain itu, drone ini juga dilengkapi lensa pengintai dengan optikal zoom 18 kali.

sumber: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)