2 Negeri Ini Biarkan Warga Tak Berjarak, Tapi Tutup Perbatasan

Jumat 08 Mei 2020, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Denmark dan Norwegia sama-sama mengumumkan jadwal terperinci untuk mencabut karantina wilayah atau lockdown. Namun keduanya masih menutup perbatasan dengan negara tetangga.

Melansir dari tempo.co, hal itu dilakukan dua negara Skandinavia itu, agar kehidupan sehari-hari warga kembali normal dalam empat minggu ke depan. Namun pertemuan publik besar masih dilarang dan pariwisata internasional tetap tak dimungkinkan di dua negeri itu.

Sebagaimana dinukil dari Forbes, Denmark dan Norwegia menjadi negara Skandinavia yang paling sedikit dalam hal korban virus corona. Bila kematian akibat virus corona mencapai 3.000 lebih di Swedia, jumlah kematian Covid-19 di Denmark mencapai 514 orang dan Norwegia 217 orang, relatif rendah.

Dengan tingkat infeksi menurun dengan cepat di kedua negara, pemerintah dua negara itu yakin segera mengembalikan rakyatnya ke dalam keadaan yang lebih normal.

Denmark memperbolehkan perhelatan olahraga profesional dan mengizinkan pusat perbelanjaan buka mulai 11 Mei. Kafe, restoran, dan sekolah dapat dibuka kembali satu minggu kemudian, meskipun pemerintah kota akan memiliki keputusan akhir tentang sekolah. Perpustakaan, taman safari, dan gereja yang diizinkan untuk dibuka mulai 18 Mei.

Sementara itu, Norwegia memprioritaskan anak-anak dan remaja. Taman kanak-kanak dan sekolah untuk anak kecil sudah terbuka. Dari 11 Mei, sekolah untuk anak-anak yang lebih tua dan pusat pendidikan orang dewasa akan diizinkan beroperasi kembali -- bergantung kebijakan kota masing-masing.

Pemerintah Norwegia juga mengizinkan acara publik dengan peserta 50 orang dan pertemuan pribadi hingga 20 peserta. Pada pertengahan Juni, diperkirakan situasi Norwegia kembali normal.

Namun, pihak berwenang di Norwegia dan Denmark bersikeras bahwa pedoman tentang jarak sosial harus terus diikuti. Ini berarti bahwa olahraga profesional akan dimainkan tanpa penonton, dan kemungkinan akan ada batasan berapa banyak orang yang dapat memasuki toko atau restoran individu.

Norwegia

Perbatasan masih tertutup untuk pariwisata

Namun, masih belum jelas kapan perbatasan internasional akan dibuka kembali. Denmark menutup perbatasan internasionalnya dengan non-warga pada pertengahan Maret, dengan Norwegia mengikuti beberapa hari kemudian.

Sementara bandara tetap terbuka di kedua negara, hanya warga negara dan penduduk yang diizinkan untuk masuk. Beberapa pengecualian dimungkinkan, tetapi pariwisata internasional pada dasarnya telah dilarang selama hampir dua bulan.

Larangan kegiatan wisatawan mancanegara tampaknya akan terus berlanjut. Industri pariwisata negeri itu sedang menyiapkan liburan musim panas, namun fokus menggarap pasar pariwisata domestik.

Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen mengatakan pembukaan kembali perbatasan untuk bukan penduduk, bukanlah yang teratas dalam daftar prioritas.

"Pembukaan perbatasan dapat berarti bahwa banyak orang datang ke Denmark. Namun Denmark akan melihat kondisi negara tetangga sebelum membuka perbatasan," kata Mette Fredriksen kepada Politiken.

Kelompok Pakar Ekonomi Denmark, Flensburg Avis merekomendasikan agar pembukaan perbatasan dikoordinasikan dengan negara tetangga terdekat. Flensburg Avis sebelumnya menyarankan bahwa perbatasan darat Denmark dengan Jerman dapat dibuka kembali pada 15 Mei.

Pada konferensi pers terakhir, Fredriksen mengatakan bahwa tanggal belum ditentukan, tetapi perbatasan tidak akan dibuka sampai "setidaknya" 1 Juni.

Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen berbicara dalam acara Konferensi pers terkait Virus Corona di Copenhagen, Denmark, 30 Maret 2020. Ritzau Scanpix/Martin Sylvest via REUTERS

Lain halnya Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg. Ia menolak memberikan tanggal, tetapi mengisyaratkan bahwa pembukaan kembali perbatasan akan sangat bergantung pada situasi di negara-negara lain.

Dia memperpanjang saran perjalanan untuk Norwegia bahwa tidak ada perjalanan internasional yang harus dilakukan kecuali benar-benar diperlukan. Norwegia bahkan mengurangi periode karantina rumah bagi mereka yang tiba dari luar negeri, dari 14 menjadi 10 hari. Dan penerbangan di negeri itu diistirahatkan hingga akhir 2020.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi25 April 2024, 10:55 WIB

Sempat DPO, Bos Investasi Bodong Senilai Rp 5 Miliar di Sukabumi Serahkan Diri

H selaku direktur dan pemilik CV AAP merupakan oknum wartawan.
H (43 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi25 April 2024, 09:31 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar

Jobseeker Yuk Cek Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Salah Satu Syaratnya adalah Bisa Bahasa Inggris Dasar.
Ilustrasi. Wawancara. Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar (Sumber : Pexels/EdmondDantes)
Nasional25 April 2024, 09:03 WIB

Menunggu Prabowo-Gibran Dilantik, Begini Aturan Pasang Foto Presiden dan Wapres

Foto presiden dan wakil presiden sering dipasang di berbagai instansi dan kantor.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Instagram/Prabowo Subianto