6 Tips Jitu Merawat Bodi Mobil Selama PSBB Covid-19

Kamis 17 September 2020, 12:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Perawatan kendaraan, seperti bodi mobil, mesti diperhatikan selama Pemerintah DKI Jakarta kembali menetapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) karena pandemi Covid-19 

Dilansir dari Tempo.co, PSBB Covid-19 membuat aktivitas dan mobilitas masyarakat berkurang dan lebih banyak bekerja di rumah atau work from home (WFH). Waktu luang di rumah bisa digunakan merawat bodi mobil agar tetap bersih, anti kusam, dan terhindar dari karat.

“Aturan PSBB membuat AutoFamily (pelanggan Auto2000) memiliki waktu luang untuk merawat bodi mobil di rumah," kata Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000, dalam rilis yang diterima hari ini, Kamis, 17 September 2020.

Berikut tips jitu perawatan bodi mobil dari Auto2000, dealer terbesar Toyota, yang bisa dilakukan sendiri di runah selama PSBB Covid-19.

1. Mencuci Mobil

Meski saat ini hujan masih jarang turun, bukan berarti mobil bebas dari kotoran. Musim panas yang kering membuat debu bertebaran dimana-mana.

Ketika mencuci mobil, yang pertama dilakukan adalah menyiram dengan air permukaan bodi mobil agar debu luruh. Terakhir, dilap dengan merata dan pastikan kering sempurna supaya tidak timbul jamur bodi, bahkan karat.

2. Gunakan Cover Mobil

Saat PSBB, mobil lebih banyak parkir di rumah. Jika tempat parkir tidak memiliki pelindung, pelanggan Aito2000 bisa memanfaatkan cover mobil.

Cara ini juga cocok untuk AutoFamily yang tinggal di apartemen dan tidak kebagian parkir di basement. Cover dapat menahan terpaan langsung sinar matahari dan potensi oksidasi pada mobil di malam hari, termasuk mencegah binatang liar masuk ke dalam mobil.

Untuk mobil Toyota lebih mudah, pengguna bisa membeli peralatan mencuci dan cover mobil di Auto2000 Digiroom The First Toyota Showroom in Your Pocket.

3. Poles Bodi Mobil

Poles bodi mobil dapat mengangkat kotoran yang menempel di bodi mobil dan membuat permukaannya berkilau kembali.

Pada tahap akhir pemolesan bisa dilakukan waxing untuk memberikan perlindungan pada permukaan cat dengan bahan pelindung. Waxing dapat menahan paparan sinar matahari yang membuat cat kusam atau proses oksidasi penyebab karat.

4. Cek Karat

Karat merupakan bahaya laten yang sangat mengganggu karena begitu karat menyerang, akan membuat struktur sasis dan bodi mobil menjadi rapuh.

Bila terlanjur menjalar akan membutuhkan perbaikan yang tidak ringan. Meski sudah ada lapisan anti karat, sebaiknya dilakukan pelapisan ulang anti karat setiap 1 tahun sekali untuk mengantisipasi timbulnya karat.

Pelanggan Auto2000 bisa melakukan pelapisan ulang anti karat di bengkel Auto2000. Mudah tanpa perlu keluar rumah, silakan order lewat menu Aksesoris di Auto2000.co.id.

5. Body Repair

Karat bisa tumbuh pada bodi atau sasis mobil yang luka seperti baret atau penyok. Berhubung sedang menunda aktivitas rutin, perbaikan bodi mobil bisa dilakukan di workshop BP Auto2000 terdekat.

Manfaatkan layanan booking service paling lambat satu hari sebelum kedatangan untuk mempermudah proses perbaikan.

Pelanggan cukup datang ke bengkel Auto2000 terdekat dan service advisor Auto2000 yang akan mengurus hingga mobil selesai diperbaiki.

6. Manfaatkan Layanan Express Body & Paint

Sebenarnya Express Body & Paint (EBP) masih merupakan bagian dari fasilitas BP Auto2000. Bedanya, EBP hanya butuh waktu 8 jam sejak mobil masuk ke dalam workshop untuk membuat bodinya kembali mulus seperti sediakala.

Tapi ada syaratnya, yakni layanan cepat ini hanya berlaku untuk area kerusakan maksimum 3 panel, baret, dan penyok ringan hingga spot repair.

Lebih dari itu akan masuk ke perbaikan bodi mobil biasa. Pelanggan dipersilakan booking service di website Auto2000.co.id.

"Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 siap membantu perawatan bodi mobil melalui fasilitas Bodi & Cat, seperti melakukan pelapisan anti karat dan memperbaiki bodi mobil yang rusak agar kembali mulus," tutur Ricky Martawijaya.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi25 April 2024, 14:19 WIB

Bahas Pungli hingga Rp 17 Juta, Ratusan Warga Demo Pabrik di Cikembar Sukabumi

Massa adalah warga di sekitar pabrik di Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Massa aksi saat melakukan demonstrasi di depan PT GSI di Jalan Pelabuhan II, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Kecantikan25 April 2024, 14:15 WIB

8 Cara Agar Tetap Wangi Sepanjang Hari dan Tampil Percaya Diri

Artikel ini akan membahas berbagai tips dan trik yang dapat membantu Anda menjaga kesegaran dan keharuman tubuh sepanjang hari.
Ilustrasi. Memiliki tubuh wangi. Sumber : pixabay/jessie22
Bola25 April 2024, 14:00 WIB

Prediksi Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Siapa yang Akan Lolos?

Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB.
Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB. (Sumber : X/@TimnasIndonesia/@theKFA).
Sehat25 April 2024, 13:00 WIB

Bebas Asam Urat dengan 10 Cara Alami: Mencegahnya Tanpa Obat-obatan

Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi25 April 2024, 10:55 WIB

Sempat DPO, Bos Investasi Bodong Senilai Rp 5 Miliar di Sukabumi Serahkan Diri

H selaku direktur dan pemilik CV AAP merupakan oknum wartawan.
H (43 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota