Masa Pandemi Covid-19, Investasi Pasang Iklan Digital Tetap Diminati

Sabtu 29 Agustus 2020, 15:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dunia sedang dilanda krisis besar pandemi Covid-19. Pada saat ini, banyak bidang usaha yang mengalami penurunan omzet bisnis luar biasa bahkan terpaksa melakukan PHK karena perusahaan sudah tidak sanggup bertahan. Tidak terkecuali bidang usaha yang berkaitan dengan jasa periklanan, baik pihak media maupun rekanan media seperti agen iklan/biro iklan juga mengalami tantangan besar. 

Dilansir dari Tempo.co, banyak brand memangkas biaya promosi (budget iklan) untuk menjaga kesehatan arus kas perusahaan agar bisa berhasil melewati krisis ini. Terutama sekali media cetak seperti koran dan majalah mengalami dampak yang sangat luar biasa. Ini bisa dilihat dari sangat berkurangnya jumlah iklan yang muncul di koran dan juga majalah. 

Salah satu jenis majalah yang juga terkena dampak serius adalah majalah pesawat (majalah penerbangan) yang biasa diedarkan di kursi pesawat penumpang. Beberapa majalah ini bahkan menghentikan dulu penerbitan majalahnya selama beberapa bulan seiring dengan ketentuan tidak boleh beroperasinya pada masa tertentu. Selain juga memang karena jumlah penumpang pesawat terbang yang menurun drastis karena orang cenderung mengurangi dan menghindari keluar rumah dan memilih #TetapDirumahAja.

Tetapi dari sekian banyak channel media iklan, jenis iklan yang mengalami dampak penurunan omzet yang tidak separah media cetak adalah bidang iklan digital atau iklan online. Hal itu disebabkan karena meski memilih tetap di rumah aja, tetapi orang tetap tidak bisa lepas dari yang namanya gadget (smartphone). Hal ini bisa kita amati dari tetap banyaknya iklan yang muncul di media online portal berita ternama maupun ketika berselancar di dunia maya, media sosial.

Kebanyakan orang bisa jadi tidak (atau mengurangi) membaca berita dari sumber media koran dan majalah, dan tetap rutin melihat update informasi berita terkini dan juga mengakses hiburan dari media televisi maupun smartphone, yakni dari portal berita ternama maupun aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Youtube. Tren pasang iklan digital di media online memang semakin berkembang dan terus bertumbuh peminatnya, baik pengiklan dari perusahaan besar maupun pelaku UMKM. 

Bagi pebisnis dan pelaku usaha, iklan adalah salah satu jenis investasi berharga. Investasi yang cermat, bisa dengan cara promosi atau pasang iklan di media yang tepat. Apakah perusahaan Anda sudah mengalokasikan budget untuk beriklan di media online dan digital yang tepat sasaran supaya bermanfaat untuk perusahaan Anda secara jangka panjang? 

Jika perusahaan Anda sudah berinvestasi dengan pasang iklan di media online, berarti Anda sudah berada di jalur yang tepat. Tinggal diteruskan dan dievaluasi berkala dari segi konten iklan serta pemilihan media iklan, agar bisa semakin tertarget dan mendapatkan manfaat yang sesuai harapan.

Jenis-jenis iklan online/digital ada beragam, di antaranya ada iklan banner (iklan dengan ilustrasi gambar dan sedikit tulisan) dengan berbagai ukuran dan banyak pilihan posisi iklan, yang mana biasanya ketika pembaca klik iklan banner tersebut akan diarahkan ke website perusahaan atau ke artikel media online, untuk mengetahui lebih jelas tentang apa pesan atau informasi yang ingin disampaikan.

Selain itu juga ada iklan jenis content marketing berupa advertorial, yakni iklan dengan komposisi utama berupa tulisan yang lebih detail disertai beberapa foto, yang mana bisa dikemas secara soft selling maupun hard selling. Penempatan iklan content marketing ini bisa sesuai dengan tujuan promosi, target yang dibidik serta disesuaikan dengan budget iklan yang ada. Misalnya perusahaan bisa memilih posisi premium untuk tampil di bagian headline atau welcome page suatu portal berita ternama, atau di kanal spesifik lainnya misalnya kanal berita, ekonomi, internasional, travel, hiburan, kesehatan, dan lain-lain. Kanal yang tersedia pada setiap portal berita ternama berbeda-beda.

Dengan sering tayangnya iklan perusahaan Anda di media online, diyakini akan membuat brand Anda semakin dekat dengan masyarakat zaman kini, yang mana dunia zaman now memang tidak lepas dari yang namanya dunia Internet atau dunia online. Pesan iklan bisa masuk ke dalam alam bawah sadar bagi yang sering melihatnya, terutama iklan yang sering dilihat dan dikemas secara menarik serta unik. Ada besar kemungkinan orang bisa mengingat brand Anda ketika suatu saat butuh produk/jasa yang berkaitan dengan perusahaan Anda. Dipercaya, calon konsumen lebih mudah mengingat dan menjatuhkan pilihan ke brand Anda.

Cara pasang iklan digital, selain bisa dengan menghubungi pihak media secara langsung, banyak perusahaan memilih opsi pemasangan iklan lewat agency iklan yang memang rutin mengerjakan hal seperti ini. Salah satu agency iklan resmi yang melayani jasa iklan digital untuk penayangan di media online adalah Doremindo Agency (DO’A), biro iklan resmi lokal Indonesia yang sudah hadir melayani jasa pasang iklan sejak tahun 2009. Agency Doremindo ini bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari media agency yang tepercaya dan berpengalaman. 

“Sebelumnya, banyak perusahaan pasang iklan di koran, majalah, radio, dan TV. Namun akhir-akhir ini semakin banyak perusahaan merubah strategi promosi dengan mengalihkan sebagian budget iklan ke media online dan budget iklan digital terus meningkat dari waktu ke waktu. Karena memang ke depannya, sesuai perkembangan teknologi yang semakin pesat, iklan digital dipercaya akan jauh lebih berkembang. Namun, iklan konvensional tetap tidak bisa ditinggalkan sepenuhnya,” ujar Suardi, partner Doremindo Agency.

“Jenis iklan digital yang banyak dijajaki oleh banyak perusahaan adalah penayangan artikel press release di media berita online ternama. Cara ini sangat bagus untuk meningkatkan citra perusahaan dan juga informasi bisa disampaikan secara cepat kepada rekanan bisnis hanya dengan share link berita yang sudah tayang. Semakin sering berita positif suatu perusahaan tayang di portal media ternama, calon klien dan rekanan bisnis akan semakin yakin untuk kerja sama dengan perusahaan tersebut,” tuturnya.

“Doremindo juga menyediakan layanan jasa press release, terutama jasa sebar dan penayangan artikel press release di media-media ternama. Opsi investasi iklan jenis ini sangat menguntungkan bagi para pebisnis. Sudah banyak klien perusahaan kami mendapatkan manfaat positif dari investasi iklan jenis ini,” ucap Suardi.

Sebelum ada pandemi Covid-19, iklan digital sudah semakin banyak dipilih para pelaku usaha. Saat muncul pandemi beberapa bulan ini tetap banyak yang pasang iklan digital. Tentu saja, setelah pandemi Covid-19 ini berlalu dan saat ekonomi kembali pulih, diyakini akan lebih banyak bidang usaha mengalokasikan budget iklan di media online.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)