Daftar Smartphone 2021 yang Bakal Dibekali Snapdragon 888

Selasa 08 Desember 2020, 20:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Qualcomm telah meluncurkan chip terbarunya Snapdragon 888 pada pekan lalu dan akan mulai dipasang pada smartphone yang dirilis tahun depan. Dilansir dari tempo.co, beberapa merek sudah masuk dalam daftar yang akan memasang chip tersebut, yang umumnya adalah kelas smartphone flagship.

Dalam daftar itu termasuk merek-merek Xiaomi, Vivo, OPPO, OnePlus, Motorola, iQOO, realme, Red Magic, Nubia, ZTE, Redmi. Beberapa sudah mengkonfirmasi seri smartphone apa yang akan dibekali dengan chip itu, berikut detailnya:

1. Xiaomi Mi 11 dan Redmi K40

Bos Xiaomi Lei Jun mengkonfirmasi bahwa Xiaomi Mi 11 akan menjadi andalan pertama yang diluncurkan dengan Snapdragon 888. Kemungkinan model ini akan datang dengan dua model, Mi 11 dan Mi 11 Pro.

Bocoran spesifikasi menunjukkan bahwa perangkat akan memiliki layar AMOLED dengan kecepatan refresh 120 Hz, kamera selfie 20 MP, RAM LPDDR5, penyimpanan UFS 3.1, sensor sidik jari dalam layar, dan face unlock, RAM kemungkinan dari 8 GB, dan penyimpanan mulai dari 128 GB seperti biasa.

Mi 11 akan memiliki daya baterai 4.780 mAh dengan pengisian cepat 50 W, dan pengisian nirkabel 30 W, tiga kamera sensor utama 108 MP, ultra-wide 13 MP, dan lensa Makro 5 MP. Sedangkan Mi 11 Pro memiliki baterai 4.500 mAh lebih rendah, pengisian kabel 120 W dan nirkabel 80 W, tiga kamera dengan sensor OmniVision OV48C 48 MP, ultra-lebar 20 MP, Telefoto 12 MP (2x-Optik).

Selain Xiaomi, Redmi juga mengumumkan  akan meluncurkan perangkat pertama dengan Snapdragon 888. Kemungkinanan seri perangkat K40, yang hadir dengan layar 120Hz OLED, dan pengisian cepat mungkin 50 W.

2. Nubia Red Magic 6 dan Z, serta ZTE Axon 30

Nubia (entitas independen sejak 2015) dan mantan afiliasi merek ZTE juga mengkonfirmasi bahwa mereka akan meluncurkan flagship dengan Snapdragon 888 tahun depan. Di antaranya, seri Red Magic 6 akan menjadi smartphone gaming pertama yang diluncurkan dengan chip itu.

Mempertimbangkan waktu peluncuran Red Magic 5 bulan Maret lalu, penerusnya kemungkinan akan dirilis pada waktu yang sama. Meski begitu, Nubia juga mengumumkan Nubia Z, seri baru dengan chip andalan itu.

Di sisi lain, ZTE juga mengkonfirmasi bahwa mereka membawa ZTE Axon 30 dengan versi Snapdragon 888. Jika diingat, perusahaan baru-baru ini dengan menggoda fitur kamera Axon 30 yang mungkin akan segera hadir. 

3. OPPO Find X3

OPPO mengumumkan OPPO Find X3 di INNO DAY 2020 pada November lalu. Kemudian, saat Qualcomm mengumumkan chip baru, perusahaan mengkonfirmasi bahwa seri Find X akan menghadirkan pengalaman baru yang tak tertandingi bagi pengguna, artinya kemungkinan ponsel ini dipasangi chip tersebut.

Perangkat ini akan datang pada Q1 2021 dan karena Find X3 sudah diumumkan. Informasi mengenai Find X3 ini masih belum banyak beredar. Hanya, merek asal Cina ini akan mendukung varian warna lebar DCI-P3. Dan kedalaman warna 10-bit asli untuk menawarkan warna yang akurat.

4. OnePlus 9

OnePlus secara resmi mengkonfirmasikannya sebagai peluncuran unggulan kelas atas dengan Snapdragon 888 di awal 2021, dan rumor menyebut bahwa itu adalah seri OnePlus 9. Seri ini mungkin akan datang pada pertengahan Maret 2021.

Bocoran terbaru mengatakan bahwa seri tersebut juga akan menyertakan OnePlus 9E selain model 9 dan 9 Pro. Berdasarkan informasi beredar, OnePlus 9 dan 9 Pro akan memiliki desain yang sedikit berbeda dengan dan tanpa layar melengkung.

Keduanya kemungkinan akan memiliki layar AMOLED 120Hz (6,72 inci pada OnePlus 9 Pro dan 6,65 inci pada OnePlus 9), menjalankan OxygenOS 11 terbaru, memiliki pengisian yang lebih cepat (setidaknya 65 W Warp Charge). Dari segi kamera OnePlus 9 juga bisa memiliki lensa 48 MP ganda (primer, ultra-lebar) di bagian belakang.

5. Realme Race

Realme, salah satu merek dengan pertumbuhan tercepat di dunia, mengumumkan flagship Snapdragon 888 dengan nama sandi 'RACE'. Dengan asumsi flagship X50 terakhir perusahaan diluncurkan sekitar Februari, diharapkan model ini juga diluncurkan pada Februari tahun depan.

Bagaimanapun, perangkat tersebut, seperti yang dikonfirmasi oleh perusahaan kemungkinan akan mengadopsi seri ACE yang diduga diserahkan ke perusahaan oleh OPPO. Untuk menguatkan ini, perangkat realme yang mirip dengan OPPO Ace2 muncul secara online baru-baru ini.

Menurut bocoran tersebut, perangkat dengan nomor model RMX2202 itu akan memiliki RAM 12 GB, penyimpanan 256 GB, dan menjalankan realme UI 2.0 berbasis Android 11. 

6.  Vivo dan IQOO

Setelah peluncuran Snapdragon 888 secara resmi, perangkat Vivo masuk daftar Geekbench baru-baru ini. Ini menjadi ponsel yang pertama yang masuk dalam daftar resmi dengan chip terbaru. Perangkat ini memiliki nomor model V2056A dan benchmark menunjukkan RAM 11.06 GB (12 GB), OS Android 11 (bisa jadi OriginOS).

Meskipun daftar tidak memberikan info lain, tapi kemungkinan Vivo akan menghadirkan chip tersebut juga pada andalan NEX berikutnya. Ini karena COO perusahaan Hu Boshan, dalam video yang dirilis di acara Qualcomm, berbicara tentang Vivo, dan sub-merek andalannya iQOO .

Dia menyebutkan bahwa perusahaan meluncurkan rangkaian perangkat kinerja NEX, X, S, dan iQOO dengan chip Snapdragon 888. Ini sangat menunjukkan bahwa perangkat Snapdragon 888 bisa menjadi seri nomor NEX 4 dan iQOO (mungkin 7).

7. Motorola Moto G

Motorola milik Lenovo mengejutkan semua orang dengan mengumumkan perangkat seri G bertenaga seri Snapdragon 8xx untuk tahun 2021. Perusahaan mengatakan karena ini adalah ulang tahun ke 10 keluarga Moto G, mereka ingin meningkatkannya dengan chip andalannya.

Sementara 8xx bisa menjadi apa saja, tapi diperkirakan itu adalah setidaknya Snapdragon 865 atau bahkan Snapdragon 888 mengingat pengumuman itu ada di acara tersebut. 

Motorola juga mengumumkan beberapa fitur Android 11 yang akan datang seperti panggilan video menggunakan lensa ultra-wide, mode desktop untuk bermain game, media, dan produktivitas.

8. Merek lain

-LG

Eksekutif LG Matthew Crowley mengkonfirmasi bahwa perangkat LG akan memanfaatkan Snapdragon 888 SoC pada tahun 2021. Mengingatkan pada 5G pertama di Amerika Serikat, V50 ThinQ 5G , dan LG Wing 5G, perusahaan mengatakan akan terus bekerja dengan Qualcomm dan manfaatkan prosesor andalannya. 

-ASUS

GM Asus Brian Chen mengatakan ponsel ROG berikutnya akan menggunakan unggulan Snapdragon 888 pada tahun 2021. Ia mengatakan perusahaan akan memanfaatkan 5G ultra-cepat dan kinerja grafis dari Qualcomm SoC untuk membuat perangkat menjadi milik gamer.

-Black Shark

Luo Yuzhou dari Black Shark Tech mengatakan bahwa perusahaan akan meluncurkan batch pertama produk Black Shark yang dilengkapi dengan Snapdragon 888 pada Q1 2021. Ia mengatakan, seperti halnya Black Shark 3, yang menekankan pada Snapdragon 865 5G untuk menjadi game 5G pertama, produk berikutnya akan menggunakan AI yang lebih cepat, 5G, dan kinerja prosesor terbaru. 

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life19 April 2024, 18:00 WIB

Sedang Alami Luka Batin? Amalkan Doa Kesehatan Mental ini Dari Rasulullah SAW

Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup.
Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup. | Foto : Pixabay
Jawa Barat19 April 2024, 17:34 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

PLN berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor mengoperasikan SPKLU khusus ALIBO.
Tampilan Angkot Listrik Bogor (ALIBO) dan SPKLU PLN yang terletak di Kantor PLN UP3 Bogor. (Sumber : Istimewa)
Musik19 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral di Media Sosial, khususnya platform musik.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi19 April 2024, 16:15 WIB

Pingsan dan Kejang Setelah Tes Lari, Siswi Sukabumi Meninggal saat Seleksi Paskibraka

Kayla meninggal setelah mengikuti tahapan tes lari bersama peserta lain.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Inspirasi19 April 2024, 16:13 WIB

6 Tanda Orang Tua yang Belum Dewasa dalam Mendidik Anak, Nomor 5 Sering Diabaikan

Orang tua yang tidak dewasa dalam mendidik anak akan terlihat pada pola asuhnya yang terlihat kurang bijaksana
Tanda-tanda orang tua yang belum dewasa dalam mendidik anak | Foto : Pexels/Gustavo Fring
Sehat19 April 2024, 16:00 WIB

3 Cara Membuat Rebusan Bunga Telang untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.
Ilustrasi - Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).
Sukabumi19 April 2024, 15:25 WIB

Inilah Finalis Terpilih Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2024

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi telah sukses menggelar acara Pasanggiri Mojang Jajaka tahun 2024
Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukabumi 2024 | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi19 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cleaning Service di Salah Satu Coffe di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Cleaning Service Lokasi Penempatan di Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi19 April 2024, 14:48 WIB

Gaji Belum Dibayar, Buruh Pabrik Tripleks Mengadu ke Disnakertrans Sukabumi

Terdapat 89 buruh yang belum menerima gaji, baik berstatus aktif maupun non-aktif.
Buruh pabrik pengolahan kayu tripleks (plywood) saat mendatangi kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi pada Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Opini19 April 2024, 14:36 WIB

Kartini Hari Ini: Refleksi Pemikiran Pemberdayaan Perempuan dalam Konteks Multikulturalisme

Pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan masih memiliki relevansi. Namun, dalam mengaplikasikan pemikiran tersebut, perlu dipertimbangkan juga konteks multikulturalisme yang menjadi realitas masyarakat Indonesia saat ini
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM, Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi/Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute | Foto : Sukabumi Update