Bimbang PS5 vs PS4 Pro? Ini yang Harus Anda Ketahui

Rabu 25 November 2020, 18:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - PS5 vs PS4 Pro. Perbandingan ini pasti ada dalam setiap pikiran orang yang saat ini sudah memiliki PlayStation 4 Pro--sementara mereka menyaksikan PS5 telah rilis dan dijual di seluruh dunia. Dilema di antara kedua konsol ini diprediksi masih akan dihadapi para gamer beberapa bulan ke depan.

PS5 sudah pasti lebih direkomendasikan jika dihadapkan one on one dengan PS4 Pro yang unggul hanya dari harga. Faktor harga ini bisa diperhitungkan oleh pengguna yang mempertimbangkan kalau beberapa game di PS5 juga ada di PS4. Mungkin karena faktor ini pula kenapa Sony mengatakan masih menganggap penting komunitas PS4 hingga setidaknya 2022.

Sony membanderol PS5 dengan harga $499.99 / £449.99 / AU$749,95 dan PlayStation 5 Digital Edition (tanpa disc drive) pada harga $399.99 / £349.99 / AU$599,95. Kedua versi konsol ini sudah bisa dipesan di seluruh dunia.

Harga PS5 $100 lebih mahal ketimbang PS4 Pro saat peluncurannya secara terbatas dua tahun lalu saat Sony merayakan penjualan 500 juta unit PlayStation, yakni $399 (£349, AU$559). Ini dianggap masuk akal karena konsol generasi terbaru dibalut teknologi terkini, sedang PS4 Pro dikembangkan dari PS4 eksisting. 

Lepas dari faktor harga, PS5 unggul segalanya. Bukan hanya lebih bertenaga--kemampuan GPU dan CPU jauh di atas PS4Pro--tapi PS5 juga memuat game tercepat sepanjang sejarah konsol game Sony berkat NVMe SSD internalnya.

Controller baru di PS5, DualSense, juga faktor pembeda. Controller ini menggunakan haptic feedback dan adaptive triggers untuk membantu membuat game-game lebih imersif dalam banyak cara yang mungkin tak terbayangkan sebelumnya kalau itu bisa dilakukan.

Secara ekseluruhan, PS5 dipersenjatai dengan spek impresif untuk sebuah konsol, menawarkan sebuah AMD Zen 2-berbasis CPU dan sebuah RDNA 2 GPU kustom dengan daya komputerisasi lebih dari 10.28 TFLOPs.

Sedang apa yang menjadi persamaannya adalah hampir semua game akan dijalankan 4K/60 fps, dengan beberapa game mampu menerima 4K/120--bahkan tersedia dukungan untuk resolusi 8K di masa depan.

PS5 juga memiliki teknik grafis yang kuat yang dikenal sebagai ray tracing. Sudah ada di beberapa game PC yang grafisnya paling mulus, seperti Control, Metro Exodus, dan Battlefield V, ray tracing adalah sebuah alat inovatif yang bisa mengolah gambar menggunakan cahaya dan bayangan sehingga tampak realistis.

Sebelum bicara kemampuan grafis, solid state drive (SSD) sudah merupakan lompatan besar oleh PS5. Game-game bisa loading sampai 19 kali lebih cepat daripada yang bisa dilakukan PS4 Pro yang masih menggunakan HDD. Bahkan jika meng-upgrade PS4 Pro menggunakan SSD, performa yang ditawarkan tidak akan mampu menyamai PS5.

PS4 Pro juga tidak memiliki pemutar 4K Blu Ray seperti pada PS5. Pun dengan opsi disc-drive free seperti yang ditawarkan all-digital PS5.

PS5 juga mempunyai mesin audio yang sepenuhnya baru, Tempest 3D. Ini adalah bentuk audio spasial, dan berkemampuan mengelola ratusan sumber bunyi.

PS5 adalah juga konsol terbesar bikinan Sony. Ukurannya menjadikan PS4 Pro yang sebenarnya sudah cukup besar dibandingkan pendahulunya, dengan bobotnya yang 3,3 kilogram, seperti kerdil. Ukurannya yang besar memberi PS5 keuntungan lewat kehadiran peredam suara dan meminimalkan panas juga.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Science24 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 April 2024, Siang Hari Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)