Bagaimana Nangka Mirip Pisang di Cibatu Sukabumi Tumbuh, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Rabu 22 Juli 2020, 07:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Nangka unik tumbuh di Kampung Cibatu RT 13/03 Desa Cibatu Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Sekilas, buah nangka yang tumbuh mirip dengan buah pisang dan warnanya kuning.

Nangka unik itu ditanam sejak enam tahun silam oleh Judin Basyari di dekat kediamannya. Beratnya sekitar empat kilogram. Judin menyebut nangka unik itu dengan nama "Nangka Telanjang".

Ada penjelasan ilmiah di balik kemunculan Nangka Telanjang tersebut. Seperti dipaparkan Dosen dan Peneliti Biodiversitas Tumbuhan Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Billyardi Ramdhan.

BACA JUGA: Unik! Nangka Mirip Pisang ini Tumbuh di Cisaat Sukabumi

Menurut Billy, nangka (Artocarpus heterophyllus) merupakan tanaman asli India selatan yang tersebar mulai dari India, sampai ke Asia Tenggara. Termasuk ke dalam family moraceae (satu keluarga dengan beringin dan sukun) berkerabat dengan teureup (Artocarpus Elasticus). Nangka termasuk tumbuhan khas tropis yang berdaun lebar, bergetah, dan memiliki keunikan pada buahnya yang disebut buah majemuk. 

"Di India dan Asia Tenggara, ada banyak jenis varietas Nangka. Mulai yang liar sampai hasil rekayasa. Diantaranya yang mulai komersil adalah Nangka Merah, Nangka Putih dan Nangka Madu," sebutnya saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (22/7/2020).

"Nangka putih sendiri perrnah saya dapatkan informasinya di temukan di Cireunghas. Walaupun belum diketahui apakah hasil mutase atau muncul sendirinya atau memang ditanam dari bibit impor. Sementara untuk Nangka Madu merupakan Nangka yang saat ini memiliki potensi pasar yang cukup tinggi," imbuhnya.

BACA JUGA: Cerita Dibalik Nangka Unik Mirip Pisang di Cibatu Cisaat Sukabumi

Kemudian untuk Nangka Telanjang, ia menjelaskan, varietas ini merupakan nangka unik yang berasal dari Rawa Bogel, Bekasi, Jawa Barat pada tahun 2004. Nangka Telanjang sudah dikenalkan secara luas oleh Taman Buah Mekar Sari.

"Jauh sebelumnya, memang banyak juga bermunculan fenomena Nangka Telanjang, dimana perkembangan kulit atau tenda bunga bersama tidak berkembang, di daerah lainnya dan di luar negeri," jelasnya.

"Tanaman ini merupakan hasil mutasi gen secara alami. Pertumbuhan tanamannya cepat seperti nangka pada umumnya dengan tinggi tanaman 8–10 meter. Tanamannya mampu beradapatasi dengan baik pada ketinggian 0–800 mdpl. Buah nangka ini pada awalnya tumbuh normal seperti nangka pada umumnya," kata Billy lagi.

Nangka Telanjang dengan buah mirip pisang di Kampung Cibatu RT 13/03 Desa Cibatu Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/7/2020). | Foto: Oksa BC

Masih kata Billy, pada umur dua bulan, mulailah kulit Nangka Telanjang merekah dan muncul bentuk menyerupai buah pisang yang makin lama makin besar dan banyak, serta bentuknya tidak beraturan.

"Tak heran di berbagai tempat nangka ini populer dengan sebutan nangka berbuah pisang. Daging buah yang sudah masak dapat dimakan langsung. Caranya hanya dengan mencabut daging buah tanpa perlu mengupas kulitnya. Rasa daging buah manis sedang dengan tekstur daging buah renyah," ujar Billy.

Ia juga menyebutkan ada pula yang disebut Nangka Pisang. Merupakan kelainan yang sama dengan Nangka Telanjang, bedanya adalah perkembangan dari bakal buahnya yang sangat pesat, sehingga menyembul mirip seperti pisang. Hal ini ditemukan salah satunya di Cicantanyan pada tahun 2011. 

Pemilik pohon nangka unik, Judin Basyari memperlihatkan nangka dengan buah mirip pisang. | Foto: Oksa BC

"Mengapa Kulitnya tidak berkembang? Buah Nangka termasuk ke dalam buah majemuk, buah majemuk adalah buah yang terbentuk dari banyak banyak bunga. Satu bunga satu duri, dan jika berkembang menjadi satu buah. Satu buahnya satu camplung nangka yang di dalamnya terdapat satu biji. Maka bayangkan satu nangka itu sebenarnya banyak buah yang terbentuk dari banyak Nangka," ungkapnya.

"Sedangkan jerami (rags) merupakan buah yang gagal berkembang, makanya jumlah duri di kulit akan sama dengan jumlah jerami dan camplung Nangka. Jika semua bunga berkembang menjadi buah semua, tanpa meninggalkan jerami, makanya kulitnya sering pecah karena tidak berimbang dengan perkembangan kulit nangka," bebernya lagi.

"Kulit Nangka itu sendiri adalah gabungan dari tenda bunga atau perhiasan bunga yang berupa kuncup atau duri tanpa ada perhiasan dan hanya mengeluarkan putik atau benang sarinya pada saat penyerbukan," kata Billy.

"Jika buah nangka jadi semua makanya kulit sering pecah. Nah pada Nangka Telanjang atau Nangka Pisang ini, justru kulit mengalami kerusakan, tidak berkembang akibat kerusakan genetik yang terjadi berdasarkan mutasi alami. Artinya perubahan gen secara alami, bukan rekayasa manusia," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life20 April 2024, 20:00 WIB

7 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, Anda dapat membantu mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi. Makan Sehat. Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat | Foto : Pixabay
Keuangan20 April 2024, 19:02 WIB

Rp 6 Juta Sehari! Omzet Tukang Bakso di Jalan Sukabumi-Bogor Akibat Longsor Tol Bocimi

Pendapatan yang meningkat ini dirasakan oleh pedagang dan tukang parkir.
Warung bakso Zaenal (35 tahun) di area Masjid Nurul Anda, Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sehat20 April 2024, 19:00 WIB

6 Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Kolesterol

Dalam kondisi normal, hati mengatur produksi kolesterol sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun, pola makan tidak sehat dan gaya hidup yang tidak aktif dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, yang nantinya dapat mengarah pada penyakit kardiovaskular
Rendang. Contoh Makanan yang Tidak Dianjurkan Dikonsumsi Berlebihan untuk Penderita Kolesterol (Sumber : YouTube Devina Hermawan)
Life20 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Mohon Diberi Kesehatan, Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit

Berikut Bacaan Doa Mohon Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit, Tersedia Arab Latin dan Artinya.
Ilustrasi. Dirawat di rumah sakit. (Sumber : Shutterstock)
Musik20 April 2024, 17:00 WIB

Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid yang Sedang Trending di YouTube Music!
Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid | Foto : YouTube/@JustinBieber
Nasional20 April 2024, 16:27 WIB

Posko THR Ditutup: Ada 1.475 Laporan hingga Berbagai Jenis Pengaduan

Anwar menyatakan ada beberapa jenis pengaduan yang masuk.
(Foto Ilustrasi) Kementerian Ketenagakerjaan menutup layanan Posko THR. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 16:00 WIB

6 Mental Kaya yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Sukses Sampai Hari Tua

Manakala seseorang ingin sukses hidupnya tentu harus memiliki mental kaya agar jalan menuju ke sana mudah dan cepat.
Ilustrasi. Mental kaya untuk mencapai kesuksesan. Sumber foto : Pexels/Ambu Ochieno
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih20 April 2024, 14:41 WIB

Punya 10 Kursi! PKS-PAN Satu Fraksi di DPRD Sukabumi, Siap Seperahu untuk Pilkada 2024

Dalam pilkada serentak 2024, diperlukan persyaratan minimal 20 persen kursi parlemen untuk mencalonkan bupati/wakil bupati.
Pertemuan PKS dan PAN di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio