Fosil Telur Raksasa Monster Laut Ditemukan di Antartika

Jumat 19 Juni 2020, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.comFosil telur raksasa sepanjang 11 inci atau 27,5 sentimeter ditemukan di Antartika. Ahli ilmu bumi percaya bahwa telur itu berasal dari reptil monster laut seukuran dinosaurus dengan panjang tujuh meter yang hidup 66 juta tahun lalu.

Sekalipun diyakini dari induk seukuran dinosaurus, cangkang telur itu sama sekali tidak seperti telur dinosaurus yang dikenal. Telur terukur kedua terbesar setelah ukuran telur Burung Gajah Madagaskar yang sudah punah itu diduga milik kadal laut kuno yang dikenal sebagai mosasaur.

Di tempat ditemukannya telur itu, ditemukan juga fosil mosasaurus dan mahluk laut prasejarah lainnya yang disebut plesiosaurus, baik bayi maupun dewasa. 

Lucas Legendre, ahli geosains dari University of Texas, Amerika Serikat, mengatakan telur itu paling mirip dengan telur kadal dan ular. "Telur itu milik seekor monster yang panjangnya setidaknya 7 meter, reptil laut raksasa," katanya, seperti dikutip dari laman Daily Mail, Rabu 17 Juni 2020.

Selain ukurannya yang mencengangkan, penemuan telur ini menggugat dugaan selama ini bahwa hewan laut raksasa dari masa sebelum dinosaurus bukan hewan bertelur. Menurut Julia Clarke, juga dari University of Texas, fosil telur cangkang lunak yang hampir lengkap itu telah mengubah pemahaman tentang mahluk-mahluk hidup pada masa itu.

Proporsi dan cangkangnya yang tipis--tidak memiliki lapisan luar kristal--menunjukkan induknya adalah predator 'ovoviviparous', yang berarti telur berkembang di dalam tubuh dan menetas setelah diletakkan. "Induk yang bertelur ini, yang disebut Antarcticoolithus bradyi, telah melahirkan anaknya dengan selamat."

Temuan yang diterbitkan di jurnal Nature itu digali dari Formasi Pulau Seymour Lopez de Bertodano, yang merupakan bagian dari semenanjung Antartika. Di formasi pulau ini, pada zaman prasejarah, disebut bebas dari es dan lebih hangat, dengan hutan yang menutupi sebagian besar daratan.

"Banyak penulis berpendapat bahwa ini adalah semacam situs pembibitan yang terlindungi air yang dangkal, lingkungan teluk di mana yang muda akan memiliki lingkungan yang tenang untuk tumbuh," ujar Legendre.

Telur itu disebut kemungkinan menetas di perairan terbuka seperti halnya kebiasaan beberapa spesies ular laut. Atau bisa saja diendapkan di pantai, dan menetas seperti bayi penyu. Namun pendekatan peletakan di pantai akan tergantung pada beberapa manuver induknya. 

 

Reptil laut raksasa dianggap terlalu berat untuk menopang badan mereka di darat. Bertelur juga akan membutuhkan reptil induk menggeliat ekornya di pantai sementara sebagian besar tetap terendam oleh air. "Kami tidak bisa mengesampingkan dugaan bahwa mereka mendorong ekornya ke pantai karena tidak ada yang seperti ini yang pernah ditemukan," kata Clarke.

Sebuah analisis telah menetapkan spesimen tersebut sebagai fosil telur pertama yang ditemukan di Antartika dan mendorong batas pada seberapa besar telur cangkang lunak dapat tumbuh. Dengan memakai serangkaian mikroskop untuk mempelajari sampel, Legendre menyimpulkan beberapa lapisan membran yang mengkonfirmasi bahwa fosil itu memang telur.

"Strukturnya sangat mirip dengan telur transparan dan cepat menetas seperti yang diletakkan oleh beberapa ular dan kadal saat ini," kata Legendre.

sumber: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi25 April 2024, 23:23 WIB

Hujan Deras, Banjir Rendam Jalan Raya dan Belasan Rumah di Cidahu Sukabumi

Dipicu hujan deras, jalan raya dan belasan rumah terendam banjir di Pasirdoton Cidahu Sukabumi.
Kondisi jalan raya Cidahu Sukabumi dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)