Light Dark

Kumpulan Testimoni Warga Kota Sukabumi Soal Aplikasi SUPER

Science | 12 Mar 2020, 09:15 WIB
Halaman depan Aplikasi SUPER | OKSA BC

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) sukabumi memiliki satu aplikasi yang dapat digunakan warga untuk menyampaikan aduannya seputar Kota Sukabumi, yaitu sukabumi Parcitipatory Responder (SUPER). 

BACA JUGA: Melihat Efektifitas Program SUPER, Aplikasi Solusi Masalah Warga Kota Sukabumi

Aplikasi SUPER sukabumi ini dirilis akhir tahun 2018 silam dan kehadirian aplikasi tersebut, tentunya sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Seperti yang disampaikan seorang warga bernama Alam (23 tahun). Ia mengaku pernah mengunggah foto jalan rusah di wilayah Cikundul melalui aplikasi itu dan akhirnya diperbaiki.


Advertisement

"Responnya juga lumayan, meskipun belum tergolong cepat respon melalui aplikasinya. Jadi memang bukan cuma aplikasi formalitas, tapi keluhan masyarakat didengar. Intinya membantu menyalurkan keluhan masyarakat terkait yang ada di fitur pada aplikasi itu. Fiturnya beda-beda, jadi nanti diarahkan ke dinas/badan terkait," jelas Alam kepada sukabumiupdate.com, Kamis (12/3/2020).

Menurut Alam, dengan adanya aplikasi SUPER sukabumi tersebut, masyarakat tidak perlu datang ke kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dituju. Pasalnya, melalui adanya aplikasi itu, keluhan bisa langsung disampaikan. Alam merupakan warga Jalan Cicadas Kampung Cibodas RT 03/01, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi.

"Hanya saja sosialisasinya masih kurang, meski ada. Dan bisa dibilang hanya kaum yang paham teknologi minimal android, yang bisa menggunakan aplikasi itu," tambah Alam.


Advertisement

BACA JUGA: Resmi Dilantik, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Kenalkan Aplikasi Super hingga Kece

Dihubungi terpisah, Sofwan Zulfikar (39 tahun) menuturkan, tampilan aplikasi SUPER sukabumi terbilang sudah bagus. Tetapi, sambung Sofwan, dirinya memberi masukan agar respon dari laporan yang disampaikan masyarakat bisa lebih dipercepat. Sofwan merupakan warga Gang Pelita 1 RT 04/01 Kelurahan Kebonjati, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi.

"Apalagi kalau untuk hal-hal yang urgent dan dibutuhkan tindakan saat itu juga. Tapi itu aplikasinya sudah keren," tukas Sofwan.

Image

Redaktur

Image

OKSA BC

Reporter

Image

Reporter