6 Teori Kontroversial dalam Sejarah Luar Angkasa

Selasa 16 April 2019, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pada 4 Oktober 1957, satelit Sputnik terkenal Rusia diluncurkan ke orbit, dan era luar angkasa dimulai. SD Tucker, penulis Space Oddities, menjelaskan bahwa walaupun Sputnik mungkin telah menandai awal eksplorasi fisik manusia atas alam semesta, manusia telah menjelajahi luar angkasa dengan pikirannya selama ribuan tahun.

SD Tucker mencatat teori paling aneh, paling mengejutkan, dan paling konyol tentang luar angkasa yang telah muncul sepanjang sejarah. Berikuti teori nyeleneh tentang ruang angkasa seperti dikutip laman historyextra, baru-baru ini:

1. Bima Sakti terbuat dari Es

Astronom Austria pemberontak Hanns Horbiger (1860–1931) tidak percaya pada bintang-bintang. Dalam buku 1913 yang berpengaruh, ia membuat pernyataan mengejutkan bahwa Bima Sakti dibuat seluruhnya dari es. Menurut Horbiger, serangkaian balok-balok es berukuran planet melayang di angkasa, mengelilingi seluruh tata surya dalam sebuah cincin putih yang tidak dapat ditembus.

Cahaya dari beberapa matahari yang sebenarnya bersembunyi di luar cincin es kemudian bersinar melalui penghalang beku dan memantulkan kristal es yang bermassa serta memberi pengamat di Bumi ilusi belaka dari miliaran bintang yang berkelip ke arah Bumi dari kegelapan.

Para astronom lain mungkin berusaha memamerkan foto-foto yang diduga bintang Bima Sakti untuk membuktikan kasus mereka, tapi Horbiger memiliki jawaban yang mudah untuk argumen ini. Menurutnya semua gambar seperti itu hanya palsu. Mengenai keberatan matematis yang melelahkan yang mungkin telah dibuat untuk usulannya, Horbiger memiliki tanggapan yang bahkan lebih tegas. Dia pernah mengucapkan bahwa: "Matematika, tidak lain adalah kebohongan!"

Teori Horbiger yang sepenuhnya, tanpa matematika, disebut sebagai Welteislehre, atau teori es dunia. Pada dasarnya, itu menyatakan bahwa pada titik yang jauh di masa lalu di galaksi telah ada matahari super raksasa, jutaan kali ukuran Bumi sendiri, di sebelahnya telah mengorbit sebuah planet besar, ditutupi oleh lapisan es setebal ratusan mil.

Akhirnya, planet es ini jatuh ke Matahari super, meleleh, dan berubah menjadi semburan uap super-charge yang membuat matahari terpecah. Serta memuntahkan gumpalan batu dan api yang akhirnya menetap untuk menjadi planet dari Matahari.

2. Alam semesta berbentuk persegi panjang

Selama tahun 1950-an, John Bradbury, seorang chiropodist dari Ashton-under-Lyne, Inggris, mengembangkan jenis teleskop baru yang diisi dengan 15 lensa yang menakjubkan. Menurut Bradbury, semakin banyak lensa di teleskop, semakin baik pandangan langit yang akan didapatkan.

Sesuatu yang memungkinkannya untuk melihat ujung alam semesta itu sendiri, yang katanya berbentuk persegi panjang, terbuat dari logam dan magnet. Teleskop istimewanya juga entah bagaimana memungkinkan Bradbury untuk melihat bahwa Bumi sama sekali tidak bulat, tapi rata, di atas tempat umat manusia tinggal, dan setengah bulat di bagian bawah, seperti potongan jeruk bali menjadi dua.

Adapun Bulan, Bradbury menentukan bahwa itu dibangun dari cangkang karbon setebal satu atau dua inci, dan sedikit cembung. Saat ia melintas di langit, ia mengumpulkan sejumlah besar plastisin berpendar dari sumber yang tidak diketahui - semakin banyak setiap hari, sampai benar-benar tercakup dalam barang-barang itu, yang mengarah ke apa yang disebut Bulan purnama.

Kemudian, karena plastisin terlalu berat, semuanya mulai turun kembali, sampai dibiarkan tanpa Bulan sama sekali. Suatu malam di tahun 1953, Bradbury mengklaim telah melihat jari raksasa yang terbuat dari plastisin muncul dari atas bulan, memang pemandangan yang luar biasa, tapi yang tidak dapat dikonfirmasi oleh orang lain karena tidak ada astronom lain yang memiliki teleskop multi-lensa.

3. Bumi datar seperti piring

Samuel Shenton (1903–1971) adalah pemimpin Masyarakat Riset Bumi Rata Internasional (IFERS) yang bermarkas di Devon, yang didirikan pada 1956. Bumi datar yang dicintai Shenton, katanya, paling baik dibayangkan sebagai sejenis raksasa kaya.

Pada 1962, Shenton menjelaskan dasar-dasar teorinya sebagai berikut: "Anda tahu, dunia ini datar, seperti piring. Itu stabil, dan tidak bergerak atau berputar. Serta dikelilingi oleh penghalang es yang solid, dan seluruh tanah berada di dasar lubang dalam apa yang kita sebut Ibu Bumi," kata Shenton

Hal itu, Shenton melanjutkan, merupakan dataran datar yang begitu besar sehingga tidak ada habisnya. Ketika melakukan perjalanan di seluruh dunia dan tiba kembali di tempat yang sama, itu seperti berjalan di sekitar tepi piring.

Mengingat sifat keyakinan Shenton, munculnya zaman ruang angkasa terbukti cukup menjengkelkan baginya. Pada 24 Desember 1968, Shenton mengamati NASA melakukan kebohongan besar. Kepada pemirsa TV yang diperkirakan berjumlah 500 juta orang, para astronot Apollo 8 menurunkan kamera mereka di atas Bumi, menampilkan bukti-bukti yang mengganggu bahwa itu bulat.

Shenton percaya bahwa Alkitab membuktikan bahwa Bumi itu datar, ia beralasan rekaman ini hanyalah jubah penipu atas nama NASA, dan pada April 1969 ia menempatkan kru Apollo 8 dalam wawancara yang mengejutkan dengan Birmingham Evening Echo.

"Di atas Bumi kita, ada massa air raksasa, yang saat ini kita lindungi dari gelembung udara besar. Sebuah ledakan atom atau gempa bumi raksasa dapat membuat gelembung udara ini muncul kapan saja, membanjiri dunia sekali lagi seperti pada zaman Nuh, ketika dunia ternyata persegi," tutur Shenton.

Kejutan banjir besar kedua, yang diprediksi Shenton, bisa sangat besar sehingga akan membuat bumi datar berbentuk cakram kembali ke bentuk aslinya yang sampai sekarang tidak diketahui.

4. The planet of love

Orang Prancis, Charles Fourier (1772–1837) paling terkenal sebagai ahli teori politik sayap kiri, yang  pemikirannya pada akhirnya dijuluki sosialisme utopis, tapi ia juga seorang ahli teori kosmologis yang sangat aneh. Pada dasarnya, Fourier berpikir bahwa karya Isaac Newton baik-baik saja sejauh itu berjalan, tapi bahwa daya tarik utama yang menjaga planet di orbit di sekitar matahari tidak benar-benar gravitasi, seperti yang dikatakan Sir Isaac, tapi lebih disebut sebagai gairah atau cinta.

Fourier mengusulkan bahwa planet, bulan dan bintang dalam beberapa hal adalah binatang yang hidup, dengan indera seperti penglihatan, sentuhan dan rasa, dan yang tampaknya terobsesi untuk berhubungan seks satu sama lain. Yang paling terkenal, Fourier pernah menyatakan bahwa gerhana benar-benar disebabkan oleh matahari yang terlibat dalam pelukan sekawan Bulan.

"Sebuah planet adalah makhluk yang memiliki dua jiwa dan dua jenis kelamin, dan yang bereproduksi seperti makhluk hewan atau sayuran dengan pertemuan dua zat generatif," ujar Fourier.

Dengan ini, Fourier menjelaskan bahwa kutub utara setiap planet adalah laki-laki, dan kutub selatan setiap planet adalah perempuan. Menurutnya, setiap kutub sebenarnya alat kelamin raksasa, memancarkan semacam substansi halus, lapang, seperti sperma baik kualitas pria atau wanita, disebut aroma.

Sepanjang pekerjaannya, Fourier terus-menerus berbicara tentang planet yang mengeluarkan aroma satu sama lain untuk saling menghidupkan sebelum kawin. Aroma ini paling baik dianggap sebagai cairan yang hampir tidak berbentuk yang menghubungkan planet-planet bersama ke dalam tata surya kecil mereka sendiri di seluruh alam semesta.

Pada dasarnya, kata dia, medan aroma semacam itu adalah bentuk gravitasi erotis, membuat planet-planet mengorbit di sekitar Matahari yang lebih besar, sehingga seperti remaja yang dilanda cinta mungkin mengikuti objek kasih sayang mereka ke mana pun mereka pergi.

5. Lebah alien Mars

Gerald Heard (1889–1971) adalah lulusan Cambridge, penulis, penyiar, dan mistikus asal Inggris-Irlandia ini kemudian menemukan rumah sejatinya di California, pusat awal piring terbang pasca Perang Dunia Kedua. Heard adalah orang yang memiliki banyak ide luar biasa, yang paling luar biasa dituangkan dalam bukunya tahun 1950 berjudul The Riddle of the Flying Saucers: Is Another World Watching? yang memegang tempat dalam buku catatan sebagai buku non-fiksi penuh pertama tentang subjek yang diterbitkan oleh seorang penulis Inggris.

Judul tersebut diserialkan di Sunday Express sepanjang Oktober 1950, memberikan orang-orang sebangsanya kesempatan yang luas untuk mempertimbangkan gagasan aneh tentang UFO. Yang kemudian terlihat di seluruh dunia diujicobakan bukan oleh ET humanoid, seperti yang mungkin yang diduga, tapi oleh alien super, lebah dari Mars yang mengawasi dari jauh, mungkin bahkan merencanakan invasi.

Heard berspekulasi bahwa lebah Mars, yang memiliki akses ke berbagai item teknologi super canggih (meskipun mungkin kecil), mungkin dapat mengatasi kondisi bebas bunga dari tanah air mereka seperti gurun pasir dengan menciptakan bentuk gula buatan dari beberapa yang tidak ditentukan.

Zat sintetis yang pada dasarnya akan menjadi bentuk industri baru klorofil. Yang mencampurkan ini dengan air dan memaparkannya ke udara dan sinar matahari. Proses kimia alami tanaman tertentu kemudian dapat ditiru dalam skala besar, kata Heard, menciptakan persediaan gula yang sangat besar bagi lebah untuk dimakan sesuai permintaan.

Setelah Amerika menjatuhkan bom atom di Jepang pada 1945, Heard mengetahui bahwa pemantauan lebah oleh alien terhadap Bumi telah meningkatkan kecepatan. Mungkin lebah khawatir manusia akan meledakkan seluruh planet melalui kebodohannya? Lebih buruk lagi, mungkin debu dari Bumi yang hancur akan melayang ke angkasa dan melayang di sabuk besar di sekitar Mars.

Heard mengusulkan pelatihan lebah-lebah Bumi untuk menjadi diplomat yang bisa berbicara dengan sepupu Mars mereka dan menyusun semacam perjanjian damai, tapi sayangnya tidak ada yang muncul dari gagasan itu.

6. Malaikat jatuh

Selama abad ke-19, sebelum memiliki teknologi untuk benar-benar mengetahui seperti apa kondisi di planet lain di dekat Bumi, crossover aneh mulai muncul antara astronomi dan spiritualisme. Dengan paranormal gaya diri mengklaim telah melakukan perjalanan ke tempat-tempat seperti Mars dan Venus menggunakan mereka tubuh astral.

Misalnya, pada 1895 seorang Kolonel Albert de Rochas (1837–1914), seorang Prancis yang menyukai penelitian psikis dan hipnotisme, dipanggil untuk membantu teman keluarga, diberi nama samaran 'Mireille', yang menderita beberapa penyakit. Mengetahui keterampilannya dalam hipnotisme, Mireille berharap de Rochas dapat membantu meringankan penderitaannya.

Namun, dalam satu sesi trans Mireille mengaku naik melewati luar angkasa, yang dianggapnya bercahaya dan penuh hantu, salah satunya adalah teman masa kecilnya yang mati bernama Victor. Mireille berbicara tentang mengunjungi Mars dalam bentuk astral, sebelum suatu hari sepertinya tubuhnya tiba-tiba diambil alih oleh roh Victor.

Dia awalnya bingung mengapa dia mengenakan pakaian wanita, tapi begitu dia sudah tenang, Victor menjelaskan bahwa, setelah kematiannya, dia hidup di antara planet-planet. Suatu bentuk keberadaan yang bisa dia berikan sedikit informasi di luar detail yang aneh, semua orang yang mati memiliki lengan yang juga berfungsi sebagai alat kelamin, atau organ kasih sayang.

Menurut Victor, lengan ini tumbuh lebih besar dan lebih besar dari waktu ke waktu dan sering disalahartikan sebagai sayap malaikat. Ketika mereka benar-benar penis surgawi raksasa. Mungkin tidak mengejutkan, Kolonel de Rochas menolak untuk mempercayai cerita Victor.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat19 April 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Updaters Wajib Mengetahui Apa Saja Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 19:25 WIB

Gelar Perundingan Kebonpedes, Kader PDIP Minta Yudi Suryadikrama Maju Pilkada Sukabumi

Sejumlah kader PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi menggelar pertemuan dalam rangka menyikapi pemilihan bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
Kader PDI Perjuangan menggelar Perundingan Kebonpedes, Jumat (19/4/2024) | Foto : Syams