Light Dark

Hasil Cek Fakta, Habib Rizieq Diterpa Hoax Jadi Pencuci Piring di Arab Saudi

Komputer | 28 Oct 2020, 15:15 WIB

Hasil Cek Fakta, Habib Rizieq Diterpa Hoax Jadi Pencuci Piring di Arab Saudi

Komputer | 28 Oct 2020, 15:15 WIB
Habib Rizieq Shihab. | [YouTube/Front TV]

SUKABUMIUPDATE.com - Narasi yang menyebutkan pentolan FPI habib rizieq shihab bekerja sebagai pencuci piring di Arab Saudi, beredar di media sosial.

Dilansir dari Suara.com, hal tersebut diunggah oleh akun Facebook berinisial NK.

Akun tersebut mengunggah foto tangkapan layar artikel sebuah media daring berjudul 'Breaking News: Rizieq Shihab Dikabarkan Menjadi Pencuci Piring di Arab Saudi'.

Unggahan tersebut disukai sebanyakl 126 kali dan dikomentari sebanyak 266 kali.

Benarkah klaim tersebut?

Penjelasan

Dari penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Rabu (28/10/2020), klaim yang menyebut habib rizieq shihab menjadi pencuci piring di Arab Saudi adalah klaim yang keliru.

Setekah dilakukan penelusuran melalui mesin pencarian Google, tidak ditemukan informasi valid terkait Habib Rizieq menjadi pencuci piring di Arab Saudi.

Tidak ditemukan satu pun media yang memberitakan perihal Habib Rizieq menjadi pencuci piring di Arab Saudi.

Adapun foto Habib Rizieq yang diunggah oleh akun tersebut mengarah pada foto asli yang digunakan sejumlah pemberitaan terkait kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia.

Salah satunya Detik.com yang menggunakan foto tersebut sebagai ilustrasi di salah satu pemberitaan berjudul 'Wanti-wanti MUI hingga DPR soal Habib Rizieq Pulang Pimpin 'Tsaurah'' yang tayang pada Sabtu, 17 Oktober 2020.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan klaim yang menyebut habib rizieq shihab jadi pencuci piring di Aarab Saudi adalah klaim yang keliru.

Klaim tersebut masuk dalam kategori konten palsu atau fabricated content.

Sumber: Suara.com

Image

Koko Muhamad

Redaktur