Light Dark

6 Cara Memindahkan Obrolan Grup dari WhatsApp ke Signal

Aplikasi | 12 Jan 2021, 16:53 WIB

6 Cara Memindahkan Obrolan Grup dari WhatsApp ke Signal

Aplikasi | 12 Jan 2021, 16:53 WIB
Logo WhatsApp dan Signal | play.google.com/pixabay.com

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak pihak mengkhawatirkan kebijakan baru WhatsApp yang akan membagi data dengan Facebook. Kecemasan ini menimbulkan reaksi dari para pengguna berupa perpindahan ke aplikasi perpesanan lain seperti Signal. Namun mungkin yang banyak belum tahu bagaimana melakukan migrasi Obrolan Grup dari WA ke aplikasi baru ini.

Hal itu menjadi penting karena diakui atau tidak telah banyak pengguna yang membentuk Obrolan Grup di aplikasi WhatsApp. Oleh karena itu, simak cara migrasi group chat ke aplikasi Signal berikut ini yang dilansir dari suara.com.

1. Unduh aplikasi Signal di ponsel Anda 

2. Buat Obrolan Grup di aplikasi Signal

3. Buka pengaturan obrolan grup

4. Klik pilihan 'Group Link' dan nyalakan 'Group Link', kemudian pilih opsi 'Share'.

5. Tautan pesan di grup aplikasi apapun dapat dihubungkan dengan fitur ini

6. Bagikan tautan grup di aplikasi Signal tadi ke grup yang telah ada sebelumnya di WhatsApp

Langkah ini akan dengan mudah memindahkan anggota dari obrolan grup yang telah ada dengan cukup menekan tautan grup Signal yang dibagikan.

Sebelumnya telah diberitakan bahwa popularitas aplikasi Signal memang meroket setelah orang terkaya di dunia Elon Musk turut merekomendasikan penggunaan aplikasi ini. Aplikasi tersebut dapat diunduh di platform Android maupun iOS dan tersedia pula untuk versi desktop.

Seperti WhatsApp, Signal juga dapat digunakan secara gratis dan terenkripsi. Antarmuka aplikasi ini hampir serupa dengan WA, termasuk sejumlah fitur yang ada di dalamnya. Tidak heran, karena ternyata pembuatnya adalah orang yang sama.

Signal dikembangkan oleh Signal Foundation dan juga Signal Messenger LLC. Signal Foundation adalah lembaga non-profit yang didirikan oleh founder WhatsApp, yakni Brian Acton pada tahun 2018 silam, setelah dirinya hengkang dari Facebook Inc.

Berdasarkan pantauan perusahaan analis data Sensor Tower, terdapat lebih dari 100 ribu pengguna yang menginstal Signal di semua toko aplikasi Apple dan Google dalam dua hari terakhir. Sementara aplikasi lain, Telegram, memperoleh hampir 2,2 juta unduhan.

Sedangkan pemasangan baru aplikasi WhatsApp mengalami penurunan sekitar 11 persen dalam tujuh hari pertama di 2021, dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Meskipun secara global masih berjumlah sekira 10,5 juta unduhan.

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur