Light Dark

6 Fitur WhatsApp yang akan Diluncurkan di 2021, Bisa Multi-Perangkat

Aplikasi | 05 Jan 2021, 15:15 WIB

6 Fitur WhatsApp yang akan Diluncurkan di 2021, Bisa Multi-Perangkat

Aplikasi | 05 Jan 2021, 15:15 WIB
Ilustrasi WhatsApp. | Pixabay.com

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam beberapa minggu terakhir, WhatsApp tengah mengerjakan sejumlah Fitur baru yang kemungkinan akan dirilis di tahun 2021 ini.

Beberapa dari Fitur tersebut sedang dalam proses pengembangan dan yang lainnya tengah diuji dalam bentuk beta yang berarti peluncurannya tidak akan lama lagi.

Belakangan ini WhatsApp memang tengah menguji panggilan video/suara untuk versi desktop dan web yang akan dirilis di tahun 2021. Sejumlah Fitur baru tersebut diharapkan bisa meningkatkan pengalaman masyarakat dalam menggunakan aplikasi pengiriman pesan.

Berikut adalah beberapa fitur yang rencananya akan dirilis di tahun 2021:

1. Dukungan Multi-Perangkat

Melalui multi-perangkat ini, pengguna dapat melakukan login ke sejumlah perangkat secara bersamaan. Fitur ini tengah dalam pengembangan dan nampak terlihat versi beta WhatsApp untuk iPhone pada November 2020 lalu.

Sekarang ini, WhatsApp hanya mendukung untuk dua perangkat sekaligus, yakni telepon dan desktop. Sementara dengan dukungan multi-perangkat baru, pengguna dimungkinkan untuk dapat menambahkan hingga empat perangkat pada satu akun.

Dengan kata lain, setelah fitur ini diluncurkan, pengguna WhatsApp bisa login dari iPad dan iPhone secara bersamaan, sekaligus dengan desktop.

2. Panggilan Melalui WhatsApp Web dan Desktop

Ini dapat disebut sebagai fitur yang paling ditunggu pengguna. Baik WhatsApp Web maupun aplikasi desktop untuk Windows dan macOS, disebut akan mendapat dukungan panggilan video/suara.

Cara kerja fitur ini sama seperti pesan yang dikirim melalui desktop. Artinya, ponsel pengguna dengan WhatsApp mesti mempunyai koneksi internet yang aktif bila ingin menggunakan panggilan suara dari aplikasi web dan desktop.

Sebagai tambahan informasi, sekarang ini pengguna hanya bisa mengirim pesan/file ke kontak melalui situs web perpesanan sosial dan aplikasi desktop.

3. Bisukan Video

Saat ini WhatsApp belum memiliki pilihan untuk mematikan video ketika mengirimnya ke kontak atau sebagai pembaruan status. Tetapi, nantinya aplikasi perpesanan ini memungkinkan pengguna untuk mematikan video.

Fitur bisukan video tersebut masih dalam tahap pengembangan. Namun disebut bahwa nantinya ada ikon speaker di sebelah kiri, di samping detail durasi dan ukuran dari video yang hendak dibagikan oleh pengguna.

Jika ingin menonaktifkan video, para pengguna mesti mengetuk ikon speaker tersebut sebelum membagikannya kepada kontak seseorang, grup, atau menjadi status.

4. Baca Nanti

Fitur ini disebut sebagai perbaikan dari layanan obrolan yang diarsipkan di WhatsApp. Ketika obrolan dipindahkan untuk dibaca nanti, maka aplikasi ini tidak akan mengirimkan pemberitahuan untuk obrolan tersebut.

Tak hanya itu, fitur ini juga akan menampilkan mode liburan. Mode ini akan memastikan bahwa obrolan baca nanti bekerja seperti obrolan yang diarsipkan di versi saat ini.

Fitur baca nanti pun akan dilengkapi dengan tombol edit untuk menyesuaikan pengaturan. Pengguna juga bisa memilih sejumlah obrolan sekaligus untuk membatalkan pengarsipan yang telah dilakukan dengan cepat. 

5. Asuransi WhatsApp

Dalam fitur ini nantinya pengguna bisa membeli asuransi melalui WhatsApp di India. Aplikasi ini dikabarkan akan merilis produk asuransi kesehatan dan pensiun mikro pada aplikasi perpesanan yang ada di India lewat kerjasama dengan layanan keuangan yang berlisensi.

Semula, WhatsApp berniat menjual perlindungan asuransi kesehatan sachet SBI General, termasuk skema pensiun HDFC melalui aplikasinya tersebut.

6. Gabung dengan Panggilan Grup Tak Terjawab

Dengan fitur ini pengguna WhatsApp dapat bergabung dengan panggilan grup yang sebelumnya telah mereka undang usai panggilan dimulai. Hal ini menjadi kemajuan yang baik karena panggilan grup secara umum tidak harus memulai ulang ketika memasukkan peserta tambahan yang telah melewatkannya dari awal.

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur