5 Fakta Adobe Flash Player, Software Animasi Yang Pupus Ditelan Zaman

Senin 04 Januari 2021, 16:49 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu perangkat lunak atau software besutan Adobe Systems yaitu Adobe Flash Player telah diumumkan akan berakhir masa aktifnya pada bulan Januari 2021.

Setelah lebih dari 20 tahun beroperasi, Flash Player menjadi teknologi pembuat dan pemutar animasi yang mumpuni dan menarik banyak pengguna. Kini, Flash Player tinggal menghitung hari sebelum benar-benar lenyap. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang lebih mutakhir, membuat para pengembang web browser dan animasi memilih beralih.

Buat kamu yang belum terlalu tahu mengenai Adobe Flash Player. Berikut ini 5 fakta yang telah sukabumiupdate.com rangkum.

1. Berpindah Pengembang

Macromedia sudah tidak asing lagi di industri perangkat lunak komputer. Perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan grafis dan pengembangan web ini didirikan pada tahun 1992 di California, Amerika Serikat. Perusahaan berkembang pesat pada tahun 1990an dan 2000an ini kemudian diakuisisi oleh pesaingnya, Adobe Systems. Sehingga semua produk Macromedia pun berpindah pengembang ke Adobe Systems, termasuk Flash Player.

2. Dibuat oleh Programmer Pemenang Pameran Sains SMA

Adobe Flash Player diciptakan oleh Jonathan Gay. Gay adalah seorang programmer Amerika yang menuliskan program pertamanya pada komputer Apple II. Ketika SMA di tahun 1980-an pernah memenangkan lomba pemrograman dalam pameran sains di sekolahnya. Sehingga menarik perhatian sang pendiri Silicon Beach Software, Charlie Jackson.

3. Berganti-ganti nama

Ketika pertama kali diciptakan oleh pengembangnya, perangkat lunak ini diberi nama Future Splash Animator oleh FutureWave Software. FutureWave didirikan oleh Jonathan Gay pada tahun 1993. Ketika haknya dibeli oleh Macromedia pada Desember 1996, namanya menjadi Macromedia Flash 1.0. Flash Player berada dibawah naungan Macromedia hingga perilisan Macromedia Flash Lite 2.0 (2015) dan setelah berganti kepemilikan menjadi Adobe Flash Player 9 (2006).

4. Kompatibel dengan berbagai sistem operasi

Adobe Flash Player dapat dijalankan dengan sistem operasi Microsoft Windows, Mac Os X, Linux, Solaris, Blackberry Tablet OS, Android dan Pocket PC. Tersedia juga secara bebas sebagai Plugin untuk versi terbaru dari beberapa peramban yaitu Opera, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari dan dapat terintegrasi pada Google Chrome melalui pengaturan pengguna.

5. Dulu populer, kini ditinggalkan

Flash player memungkinkan penggunanya untuk membuat animasi dan game yang dapat disematkan pada website. Pernah menjadi idola dengan jangkauan penggunanya yang luas hingga berangsur mendapatkan banyak kritikan karena beberapa kelemahan yang dimiliki. Kini, seiring dengan kemajuan HTML5, WebGL, dan WebAssembly, banyak peramban yang beralih dan menyebabkan Adobe mengakhiri masa pakai Flash Player.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh