Light Dark

Mulai dari Belakang, Ini 5 Tips Mengerem Motor untuk Menghindari Kecelakaan

Motor | 02 Feb 2021, 05:05 WIB
Pengendara sepeda motor | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini situasi jalanan semakin penuh sesak. Kondisi tersebut membuat keterampilan berkendara menjadi hal yang penting dan diperlukan agar angka Kecelakaan tidak terus bertambah. Salah satu penyebab Kecelakaan lalu lintas adalah kesalahan pengendara sepeda Motor dalam mengerem.

Tidak hanya asal tarik tuas, namun ada sejumlah teknik yang mesti dipelajari agar Anda dapat senantiasa aman di jalanan saat mengendarai sepeda motor.

1. Perhatikan kondisi sekitar

Pastikan Anda mengendarai sepeda Motor dalam kecepatan yang tidak terlalu tinggi. Hal itu memungkinkan Anda untuk tidak terlambat mengantisipasi manuver dari kendaraan lain ketika terjadi sesuatu.

2. Lihat kendaraan di depan Anda

Pastikan Anda berada tidak terlalu dekat dengan kendaraan lain yang ada di depan Anda. Berilah jarak yang cukup. Karena semakin Anda melaju dengan kencang, maka semakin lebar pula jarak yang seharusnya.

3. Ambil lajur yang benar

Inilah pentingnya untuk memperhatikan kondisi di sekitar Anda sebelum menarik tuas rem motor. Ketika kondisi lajur dalam keadaan lengang, maka Anda dapat berpindah lajur di mana di depan Anda tidak ada kendaraan. Hal itu untuk berjaga-jaga bila Anda gagal berhenti tepat waktu.

4. Mulai dari belakang

Hindari menggunakan rem depan sepeda Motor secara spontan. Sebaiknya gunakan dahulu rem belakang secara lembut. Setelah itu, baru gunakan rem depan.

Pasalnya, jika Anda langsung menggunakan rem depan, maka besar kemungkinan roda akan mengalami selip sehingga Anda akan kehilangan keseimbangan dan terjatuh.

5. Pastikan rem Anda pakem

Yang tak kalah penting sebelum berkendara adalah pastikan alat pengereman sepeda Motor Anda berfungsi dengan baik.

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur

Image

Reporter