Light Dark

5 Tips Aman Berkendara Saat Turun Hujan

Motor | 14 Jan 2021, 20:57 WIB

5 Tips Aman Berkendara Saat Turun Hujan

Motor | 14 Jan 2021, 20:57 WIB
Ilustrasi Berkendaraa Saat Hujan. | Unsplash/Bruno Kelzer

SUKABUMIUPDATE.com - Tatkala musim Hujan tiba, bagi sejumlah pengendara khususnya kendaraan roda dua atau Motor, hal ini kerap kali menjadi sebuah masalah, entah itu harus menyiapkan jas Hujan agar kamu tidak kebasahan atau hal lainnya. Tapi kamu juga harus tetap berhati-hati dan waspada ya, karena kondisi jalanan bisa sangat licin ketika Berkendara saat turun Hujan sehingga menimbulkan resiko terjadi kecelakaan lalu lintas.

Maka dari itu, kali ini kami akan memberikan Tips buat kamu para pengendara Motor agar tetap waspada dan hati-hati agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas saat hujan tiba.

1. Jangan Ngebut

Jangan memacu kendaraan anda seperti pada saat jalanan kering, tentu saja kondisinya akan berbeda saat hujan membasahi jalanan. Jalan yang licin bisa saja membuat kamu terpeleset atau tergelincir ketika kamu Berkendara dengan Motor.

Maka dari itu, turunkan kecepatan baik pada saat jalanan lurus atau pun saat berbelok, agar kamu tidak jatuh tergelincir karena jalanan yang licin.

2. Jangan Biarkan Ban Motor Kamu Gundul 

Memacu motor pada saat hujan turun saja sudah sangat beresiko, apalagi jika kondisi ban motor kamu kondisinya sudah sangat memprihatinkan atau gundul.

Ketika sudah mengetahui musim hujan telah tiba, sebaiknya kamu segera mengecek kondisi ban motor kamu, kalau sudah gundul segera ganti dengan ban yang baru ya.

3. Hindari Pakai Helm Berkaca Gelap

Salah satu tantangan mengendarai motor saat hujan adalah jarak pandang yang berkurang. Sebisa mungkin kamu jangan menggunakan jenis kaca helm yang gelap, karena hal tersebut tentu saja bakal membuat jarak pandang kamu semakin terbatas.

4. Jaga jarak Dengan Pengendara Lain

Perhatikan jarak kamu dengan pengendara lain yang ada di depan, belakang dan samping. Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan beruntun karena kendaraan kamu yang berhenti mendadak atau kendaraan yang berada di depan kamu berhenti mendadak.

Seperti yang diketahui, ketika jalanan licin karena hujan, meskipun kita berusaha mengerem namun ban motor kerap kali akan meluncur tak terkendali terutama saat kamu menghentikan kendaraan dengan tiba-tiba. Hal ini nyambung juga dengan poin yang pertama, selain menjaga jarak kamu juga jangan kebut-kebutan ya.

5. Pastikan Lampu Utama dan Sein Menyala

Inilah yang menjadi alasan utama kenapa menyalakan lampu itu wajib saat Berkendara, alasannya karena secara teori kecepatan cahaya itu lebih cepat dibandingkan kecepatan suara, coba deh kamu cek di internet teorinya.

Nah, dengan kita menunjukan sinyal cahaya dari lampu utama atau sein, hal tersebut membantu pengendara lain untuk mengerti kondisi kita juga, apakah kita akan mengerem atau berbelok arah sehingga kejadian kecelakaan lalu lintas dan diminimalisir.

Image

Gumilang

Redaktur