Seamless Shift Gearbox MotoGP, Teknologi Mutakhir MotoGP Cuman Rp 5 Miliar Aja!

Rabu 06 Januari 2021, 14:07 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Updaters tau gak? Kalau kita nonton balapan MotoGP, ketika motor sedang melaju dengan cepat, perpindahan gigi nya terlihat tanpa jeda dan juga halus seperti motor matic saja. Nah, ternyata ada sebuah teknologi mesin mutakhir yang disebut Seamless Shift Gearbox. Hal ini membuat motor Valentino Rossi dan kawan-kawan se-balapan bisa dengan santuynya memindahkan gigi tinggi ke rendah tanpa kendala sedikit pun. Untuk harganya, lumayan murah cuman Rp 5 Miliar saja (bercanda mode on).

Berbicara tentang perkembangan teknologi mesin di MotoGP memang gak ada habisnya. Berbagai inovasi diciptakan untuk menggapai tujuan mempercepat laju motor serta meminimalisir waktu yang terbuang percuma, meskipun hanya sepersekian mili detik.

Fungsi Seamless Shift Gearbox 

Seamless Shift Gearbox

Seamless Shift Gearbox. | Sumber: cycleworld.com

Melansir dari cycleworld.com, Seamless Shift Gearbox berfungsi untuk mempercepat perpindahan antar gigi agar lebih halus dan cepat. Awalnya yang pertama menggunakan teknologi ini adalah pabrikan Honda di ajang balap Formula 1 tatau F1 di tahun 2008 silam. Waktu itu, Honda terkena krisis global sehingga sejumlah teknisi dari F1 banyak yang berpindah ke balapan MotoGP, sejak saat itulah Seamless Shift Gearbox yang awalnya sudah digunakan di ajang balap F1 mulai diimplementasikan juga di MotoGP.

Solusi atas Permasalahan Banyak Pembalap MotoGP

Valentino Rossi

Valentino Rossi. | motogp.com

Sebelumnya Dorna membuat sebuah peraturan melarang penggunaan teknologi dual-clutch transmission yang sebelumnya memang sudah banyak digunakan pada balapan mobil F1. Jadi tim teknisi Honda F1 berperan banyak dalam perkembangan dan implementasi teknologi Seamless Shift Gearbox yang saat ini digunakan di motor-motor MotoGP.

Cara Kerja Seamless Shift Gearbox 

Teknologi Seamless Shift Gearbox

Teknologi Seamless Shift Gearbox. | cycleworld.com

Secara teknis, Seamless Shift Gearbox dapat mengurangi situasi 'netral' yang kerap kali terjadi saat pembalap melakukan perpindahan transmisi. Kondisi tersebut terkadang membuat transfer tenaga mesin berhenti. Jika menelisik tipe gearbox konvensional, terdapat jeda kekosongan transmisi (kondisi netral) sebelum selector di gearbox berpindah posisi transmisinya. 

Ketika perpindahan transmisi, proses pengapian pada mesin terhenti sementara. Karena jika pengapian tak dihentikan saat berpindah transmisi, akan membuat perputaran mesin terasa kasar. Dampaknya akan terjadi sliding atau bahkan motor mengayun.

Sedangkan pada teknologi Seamless Shift Gearbox, transmisi tak perlu berada di posisi netral ketika terjadi perpindahan. Seamless Shift Gearbox dapat melakukan perpindahan pada posisi transmisi berikutnya, bahkan ketika posisi transmisi yang berjalan masih bekerja, cara teknologi ini bekerja adalah dengan melepaskan gigi transmisi yang digunakan sebelumnya sebelum gearbox, akan mengunci pada posisi transmisi yang dituju.

Manfaat Seamless Shift Gearbox

Marq Marquez dengan Motor Bebek 

Marq Marquez dengan Motor Bebek. | Youtube/spamsafe

1. Mesin dapat terus menyalurkan tenaga menuju roda belakang meskipun saat terjadi perpindahan transmisi bahkan tanpa jeda. 

2. Meminimalisir gejala putaran mesin yang melonjak saat perpindahan transmisi gigi, biasanya terjadi pada gearbox konvensional.

Kita ambil contoh, misal dalam 1 putaran balapan, pembalap melakukan 30 kali perpindahan transmisi gigi, dengan teknologi Seamless Shift Gearbox. Perpindahan transmisi gigi bisa dilakukan hanya dengan waktu 0,012 detik saja. Dengan kata lain, jika kita kalkulasikan, 30 putaran x 0,012 detik = 0,36 detik waktu yang dihemat untuk satu kali putaran.

Kini Honda, Yamaha, Ducati dan Suzuki Menggunakan Teknologi Ini

Line Up MotoGP

Line Up MotoGP. | motogp.com

Setelah Honda, Pabrikan Lain Seperti Yamaha, Ducati dan Suzuki Menerapkan Juga Seamless Shift Gearbox .Tim pabrikan Yamaha mengakui dengan teknologi ini dapat membuat stabil motor saat memasuki tikungan.

Tim Suzuki jadi pabrikan terakhir yang menerapkan teknologi Seamless Shift Gearbox, bertepatan dengan tahun kedua mereka kembali ke ajang balap MotoGP di tahun 2014 silam.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp
Gadget26 April 2024, 19:30 WIB

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Lupa Melalui HP, Mudah dan Cepat!

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa.
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life26 April 2024, 19:27 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Membuat Anda Lebih Bijak Menghadapi Masalah Hidup

Menghadapi masalah dengan bijak tentu harus dibiasakan. Untuk itu, perlu melakukan kebiasaan yang membuat lebih bijak.
Kebiasaan yang bikin bijak hadapi masalah. | Sumber Foto : Pexels/Sanket Mishra
Internasional26 April 2024, 19:26 WIB

140 Negara Secara Resmi Mengakui Palestina sebagai Negara, Terbaru Jamaika

Jamaika secara resmi mengumumkan pengakuan Palestina sebagai sebuah negara. Keputusan ini diambil lewat musyawarah kabinet pada Senin, 22 April 2024.
Jamaika resmi mengakui Palestina sebagai negara | Foto : Ist
Life26 April 2024, 19:11 WIB

Tarik Perhatian Mereka, Terapkan 8 Tips Berikut Untuk Mengajak Anak Bekerja Sama

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang baik, patuh dan mudah di ajak kerja sama. Untuk menerapkannya coba terapkan beberapa tips berikut.
Ilustrasi tips mengajak anak bekerja sama / Sumber Foto : Freepik/@freepik