Light Dark

6 Cara Perawatan Mobil Yang Lama Menganggur di Garasi

Mobil | 26 Jan 2021, 13:49 WIB
Ilustrasi mobil yang didiamkan lama di dalam garasi | Unsplash

SUKABUMIUPDATE.com - Mobil yang lama menganggur di Garasi tentunya membutuhkan Perawatan agar tidak mengalami kerusakan. Terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini, ditambah lagi dengan adanya PSBB membuat anda yang memiliki Kendaraan roda empat terpaksa harus mengkandangkan Kendaraan kesayangan anda dalam waktu yang cukup lama.

Maka dari itu, meskipun Mobil anda lama menganggur di garasi, tapi tetap harus perhatikan kondisi Kendaraan sehingga tidak terjadi kerusakan ketika akan digunakan kembali. Nah, berikut cara perawatan Mobil yang lama menganggur di garasi.

1. Panaskan mesin minimal dua kali dalam seminggu 

Meskipun Mobil anda tidak digunakan dalam waktu yang lama, tapi menyalakan dan memanaskan mesin secara rutin merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Tujuannya agar seluruh komponen mesin di dalam Mobil tidak karatan akibat mesin yang tidak terlumasi oli. Selain itu, menyalakan Kendaraan anda akan menjaga performa baterai atau aki tetap berfungsi normal.

2. Rajin mengganti oli mesin

Sama seperti pentingnya untuk tetap menyalakan dan memanaskan mesin, meski dalam kondisi didiamkan lama di garasi, oli mesin menjadi hal penting yang harus diperhatikan kondisinya. 

Cek apakah volume oli di dalam mesin sudah cukup atau penuh, jangan sampai ada sisa ruang di dalam mesin yang bisa menyebabkan terjadinya lembab sehingga dapat merusak komponen mesin. 

Jika ternyata saat dicek warna oli mesin pada Mobil sudah gelap pekat dan kotor, baiknya untuk segera menggantinya juga, lakukan secara rutin maksimal tiga bulan bulan sekali meskipun Mobil anda didiamkan di garasi.

3. Cabut baterai atau aki mobil

Pastinya anda tidak ingin ketika Mobil ingin dipanaskan ternyata sulit untuk dinyalakan karena biasanya komponen kelistrikan pada Mobil mengalami rusak. Penyebabnya yakni kutub aki yang tidak dilepas selama Mobil dibiarkan mati dalam kondisi yang lama.

Oleh karena itu, sebaiknya anda mencabut kutub aki ketika Mobil tidak sedang digunakan untuk menghindari terjadinya kerusakan atau korsleting pada sistem komponen listrik Mobil anda.

4. Jangan biarkan tangki bahan bakar kosong

Jika anda membiarkan tangki bahan bakar kosong dapat menyebabkan terjadinya lembab serta embun di dalam tangki bahan bakar sehingga berpotensi menyebabkan korosi atau karatan di sekitaran dinding tangki bahan bakar tersebut.

Resiko paling parahnya bisa menyebabkan tangki bahan bakar anda mengalami kebocoran, maka dari itu sebelum anda membiarkan Mobil mati dalam waktu yang lama di dalam garasi, ada baiknya isi penuh terlebih dahulu bahan bakarnya ya.

5. Dongkrak Mobil anda, jangan biarkan ban menyentuh lantai terlalu lama

Jika ban Mobil anda dibiarkan kempes karena dibiarkan menyentuh lantai terlalu lama, maka dapat menyebabkan kerusakan pada bagian velg Mobil kesayangan anda.

Anda bisa mencopot ban sementara Mobil anda tidak digunakan sama sekali. Karena memanaskan Mobil tidak memerlukan pergi kemana-mana, jadi di dalam Garasi juga masih bisa.

6. Jaga kebersihan Mobil anda

Ini sudah pasti wajib untuk tetap menjaga kebersihan interior dan eksterior Mobil kesayangan anda.

Anda pastinya tidak ingin kan Mobil jadi bau apek gegara terlalu lama tidak dibersihkan bagian dalamnya. Atau lumut dan kotoran pada bagian bodi luar Mobil yang mengerak terlalu lama bakal membuat cat Mobil terkelupas.

Oleh karena itu, tetap jaga kebersihan Mobil kesayangan anda meskipun didiamkan dalam Garasi dalam waktu yang cukup lama.

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur

Image

Reporter