Light Dark

Messi Diusir dari Lapangan, Barcelona Gagal Meraih Piala Super Spanyol

Bola | 18 Jan 2021, 10:47 WIB

Messi Diusir dari Lapangan, Barcelona Gagal Meraih Piala Super Spanyol

Bola | 18 Jan 2021, 10:47 WIB
Lionel Messi meninggalkan lapangan usai diganjar kartu merah oleh wasit Jesus Gil Manzano saat melawan Atletic Bilbao dalam pertandingan final Piala Super Spanyol di Stadion La Cartuja, Senin, 18 Januari 2021. | Reuters/Marcelo Del Pozo

SUKABUMIUPDATE.com - Barcelona terpaksa mengakui kemenangan Athletic Bilbao pada final Piala Super Spanyol di Stadion La Cartuja, Senin, 18 Januari 2021 dinihari WIB dengan babak extra time, setelah skor 2-2 bertahan hingga waktu normal. Dalam pertandingan ini, Lionel Messi harus diusir keluar lapangan.

Barcelona gagal meraih trofi ke-14 Piala Super Spanyol setelah kalah dengan skor 2-3 oleh Athletic Bilbao di babak extra time. Tiga gol Bilbao dicetak Oscar de Marcos (42'), Asier Villalibre (90'), dan Inaki Williams (93'). Sedangkan dua gol El Barca diborong penyerang Antoine Griezmann pada menit ke-40' dan 77'.

Dalam laga ini Lionel Messi menerima kartu merah pada menit ke-120 usai terlihat mengayunkan lengannya ke wajah pemain Athletic Bilbao.

Jalannya pertandingan

Athletic Bilbao mengawali laga ini dengan intensitas tinggi. Inaki Williams berupaya menembus pertahanan Barcelona dengan melewati Ronald Araujo. Namun usahanya langsung dihentikan Sergino Dest.

Barcelona juga memiliki peluang melalui tendangan bebas Lionel Messi pada menit ke-25. Namun sayang, bola kiriman La Pulga tak dapat dijangkau Araujo yang berada di depan gawang.

Athletic Bilbao kembali menyerang. Ander Capa yang memanfaatkan umpan Iker Muniain langsung melepaskan sepakan ke arah gawang yang masih bisa diblok kiper Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen.

Barcelona akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Berawal dari aksi Messi yang memberikan umpan terobosan kepada Jordi Alba. Bek berusia 31 tahun itu balik menyodorkan bola ke sang kapten, namun bisa diblok pemain lawan. Bola itu lalu mendarat dengan sempurna di kaki Antoine Griezmann yang langsung menembakkan bola ke sudut bawah gawang Athletic Bilbao. Kedudukan 1-0 untuk tim Catalan.

Tak bertahan lama, pada menit ke-42, Athletic Bilbao menyamakan kedudukan lewat gol Oscar de Marcos. Inaki Williams memberikan umpan silang melewati Jordi Alba yang dieksekusi dengan sempurna oleh De Marcos. Ia langsung melepaskan tembakan ke arah gawang yang gagal diantisipasi Ter Stegen. Skor 1-1 pun bertahan hingga babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua, tepatnya menit ke-51, pemain Athletic Bilbao, Dani Garcia melepaskan tendangan spekulasi, namun masih melebar di sisi kiri gawang Ter Stegen.

Barcelona dalam situasi sulit usai Raul Garcia mencetak gol kedua untuk Athletic Bilbao pada menit ke-57. Raul Garcia menyambut tendangan bebas Iker Muniain melalui sundulannya dan berhasil membobol gawang Ter Stegen.

Namun, Barcelona bisa sedikit bernapas lega usai wasit menganulir gol Raul Garcia setelah melihat tayangan ulang video assistant referee. Raul Garcia terjebak offside saat menyambut tendangan bebas Muniain.

Barcelona kemudian sukses menggandakan keunggulan melalui Antoine Griezmann pada menit ke-77. Griezmann yang tak terkawal dan berada di tengah kotak penalti menyambut umpan Jordi Alba dan langsung membobol gawang Unai Simon. Namun Athletic Bilbao bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-90 melalui aksi Asier Villalibre yang menerima tendangan bebas Iker Muniain.

Skor sama kuat  2-2 membuat pertandingan harus berlanjut pada babak extra time. Athletic Bilbao berhasil berbalik unggul 3-2 melalui sepakan Inaki Williams pada menit ke-93. Dan skor tersebut bertahan hingga laga usai.

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur

Image

Reporter