Buka-bukaan Ketum PSSI Soal Sumber Dana Pembangunan Soccer Camp Cikidang Sukabumi

Sabtu 09 November 2019, 09:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Jajaran petinggi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mendatangi lokasi yang akan dibangun Soccer Camp, di wilayah Desa Bumisari, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (9/11/2019).

Anjangsana dikomandoi langsung oleh Ketum PSSI Mochamad Irawan atau akrab disapa Iwan Bule. Iwan meninjau secara langsung lahan yang akan menopang pembangunan Soccer Camp tersebut. Luasnya sekitar delapan hektare. Lahan berasal dari hibah Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Pieter Tanuri.

BACA JUGA: Tegaskan Bukan PHP, Ketum PSSI Tinjau Lokasi Soccer Camp Cikidang Sukabumi

Berdasarkan planning pembangunan, akan dibangun enam lapangan untuk tempat latihan. Empat lapangan rumput dan dua lapangan sintetis. Fasilitas akan dilengkapi dengan wisma dan infrastruktur khusus untuk meningkatkan kemapuan para atlet.

"Uangnya dari mana? Kalau sudah ada tanahnya, kalau sudah milik PSSI, nanti akan turun bantuan dari FIFA. Mohon doanya mudah-mudahan Soccer Camp bisa terlaksana, yang menjadi kebanggaan kita. Kenapa di sini, di Cikidang, hanya Allah yang tahu," ujar Iwan kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Rencana Soccer Camp PSSI di Cikidang, Apa Kata Bupati Sukabumi

Pria yang pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat itu menyebut, PSSI merespon FIFA yang akan memberikan bantuan dana untuk fisik dalam pembangunan Soccer Camp.

"Kalau tidak kita respon tentu akan hangus. Besarannya USD 2,8 juta atau setara hampir Rp 40 miliar. Akan dibangun sesuai perencanaan. Satu lapangan bisa memakan biaya sekitar Rp 5-6 miliar. Sisanya untuk wisma dan fasilitas infrastruktur lainnya," bebernya.

BACA JUGA: PSSI Jangan PHP Dong! Lihat Dukungan Warga Cikidang Sukabumi Untuk Soccer Camp

Jika tuntas terlaksana hingga bisa digunakan nantinya, Soccer Camp di Cikidang, Kabupaten Sukabumi adalah pilot project. Artinya, Soccer Camp Cikidang menjadi yang pertama dan satu-satunya ada di Indonesia.

"Sementara di sini dulu, di Cikidang. Mudah-mudahan nantinya banyak insan sepakbola atau pengusaha yang akan memberikan fasilitas atau menghibahkan tanahnya untuk kita. Yang paling penting tanahnya dulu," lanjutnya.

BACA JUGA: Penampakan Lokasi yang Rencananya Dibangun Soccer Camp PSSI di Cikidang Sukabumi

Iwan menargetkan tahun depan Soccer Camp PSSI di Cikidang sudah bisa digunakan tahun depan, seiring dengan finalisasi pembangunan Jalan Tol Bocimi.

"Target pengerjaan, mudah-mudahan tahun depan sudah bisa kita pakai sejalan dengan jalan tol selesai. Nanti mungkin akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus di Jawa Barat, selain Pangandaran yang memang sudah ditetapkan," tandas Iwan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)