Light Dark

Dibayar Mie Instan, Atlet Denmark Rela Berjuang untuk Tim Badminton Indonesia

Arena | 23 Jan 2021, 13:28 WIB

Dibayar Mie Instan, Atlet Denmark Rela Berjuang untuk Tim Badminton Indonesia

Arena | 23 Jan 2021, 13:28 WIB
Atlet badminton asal Denmark, Hans-Kristian Solberg Vittinghus. | Instagram/@hkvittinghus

SUKABUMIUPDATE.com - Atlet Badminton asal Denmark, Hans-Kristian Solberg Vittinghus berhasil mengalahkan Lee Cheuk Yiu dari Hongkong dalam sektor tunggal putra pada babak perempat final pertandingan Toyota Thailand Open 2021. Kemenangan Vittinghus membantu atlet Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting untuk melaju ke HSBC World Tour Finals 2020. Cerita unik terjadi karena Vittinghus bersedia membantu Anthony asal dibayar dengan mie instan.

Vittinghus sendiri memenangkan laga tersebut dengan permainan rubber atau tiga set, dengan skor: set 1 (20-22), set 2 (21-12), dan set 3 (21-19).

Cerita ini bermula saat tiga tunggal putra Indonesia, yakni Jonatan Christie dan Shesar Hiren Rhustavito, termasuk Anthony Sinisuka Ginting, tumbang pada babak awal Toyota Thailand Open 2021. Sehingga peluang Anthony Sinisuka Ginting untuk melaju ke HSBC World Tour Finals 2020 sangat kecil. Hal itu karena Anthony kalah ketika melawan Lee Cheuk Yiu dari Hongkong dan kesempatannya untuk mengumpulkan poin sudah terhenti. 

Berdasarkan data klasemen, perolehan poin Anthony menempatkan ia di posisi 9. Sementara ada pula Lee Cheuk Yiu, Kunlavut Vitidsarn dari Thailand dan Shesar Hiren Rhustavito dari Indonesia yang memiliki kesempatan untuk menyusul perolehan poin Anthony.

Dengan situasi klasemen seperti ini, Anthony dapat melaju ke HSBC World Tour Finals 2020 bila empat skenario di bawah ini terpenuhi.

1. Kunlavut Vitidsarn dari Thailand kalah melawan Viktor Axelsen dari Denmark. Skenario ini sudah terjadi pada 21 Januari 2021 lalu dengan skor: set 1 (11-21) dan set 2 (13-21) untuk kemenangan Viktor.

2. Lee Cheuk Yiu dari Hongkong kalah pada babak perempat final. Skenario ini juga telah terjadi karena Lee Cheuk Yiu berhasil dikalahkan oleh Vittinghus.

3. Shesar Hiren Rhustavito dari Indonesia kalah melawan Hans-Kristian Vittinghus dari Denmark. Skenario ini pun sudah terjadi pada 21 Januari 2021 lalu dengan skor: set 1 (21-11), set 2 (15-21), dan set 3 (17-21) untuk kemenangan Vittinghus.

4. Sameer Verma tidak menang pada Toyota Thailand Open 2021. Skenario ini terlaksana karena Sameer Verma dikalahkan Anders Antonsen dengan skor: set 1 (21-13), set 2 (19-21), set 3 (22-20) untuk kemenangan Anders Antonsen.

Unggahan Vittinghus soal Mie Instan | Sumber foto: Instagram/@hkvittinghus

Tercapainya skenario nomor dua membuat Anthony berhasil melaju ke HSBC World Tour Finals 2020. Sebelumnya para penggemar Badminton di Indonesia beramai-ramai mengirimkan pesan dukungan melalui media sosial kepada pemain Denmark ranking 42 dunia, Vittinghus, agar dapat mengalahkan Lee Cheuk Yiu.

Tidak hanya itu, para penggemar pun memberitahu Axton Salim, direktur perusahaan yang menaungi Mie Instan Indomie ihwal keinginan Vittinghus terhadap produknya bila mendapat kemenangan. Akhirnya Axton Salim berjanji akan mengirimkan produk andalannya tersebut kepada Vittinghus.

Sebelum bertanding, Vittinghus juga mengatakan bahwa akan berusaha yang terbaik agar dapat membantu meloloskan Anthony ke HSBC World Tour Finals 2020 dengan imbalan mie instan Indonesia untuk persediaan satu tahun.

Vittinghus sebenarnya telah mendapatkan sebungkus Indomie rasa soto spesial dari manajer tim Indonesia sebagai kado ulang tahunnya yang terlambat. Maka bila ia berhasil mengalahkan Lee Cheuk Yiu, Vittinghus ingin berlusin-lusin Mie Instan merek kesukaannya tersebut.

Saat ini penggemar Badminton di Indonesia bisa bernapas lega karena nasib pemain ranking 6 dunia (Anthony) itu telah mendapat kepastian karena Vittinghus berhasil memenangkan pertandingan melawan Lee Cheuk Yiu.

Anthony menempati slot terakhir sektor tunggal putra setelah Viktor Axelsen (Denmark), Anders Antonsen (Denmark), Chou Tien Chen (Taipei), Wang Tzu Wei (Taipei), Ng Ka Long Angus (Hongkong), Srikanth Kidambi (India), dan Lee Zii Jia (Malaysia) memastikan tempatnya terlebih dahulu.

HSBC BWF World Tour Finals adalah turnamen tahunan bulu tangkis yang hanya diikuti oleh delapan pemain atau pasangan terbaik untuk masing-masing sektor.

Biasanya, turnamen ini diadakan pada akhir tahun. Namun akibat Pandemi Covid-19, pelaksanaan HSBC World Tour Finals 2020 mengalami pengunduran sehingga akan diadakan pada 27-31 Januari mendatang di Bangkok, Thailand, bersamaan dengan dua turnamen Thailand Open yang sudah diadakan di tempat yang sama sebelumnya.

Pemain yang berhasil lolos ke  HSBC World Tour Finals 2020 adalah pemain yang mengumpulkan koleksi poin terbanyak dalam satu musim pertandingan. Bagi Anthony, ini adalah kali ketiganya lolos ke turnamen Superseries atau World Tour Finals.

Vittinghus juga mengucapkan terima kasih kepada penggemar di Indonesia melalui Twitter dan akun Instagram @bwf.official atas dukungan yang telah diberikan kepadanya dan turut senang karena keberhasilannya dapat membantu Anthony.

Axton Salim juga mengirimkan pesan melalui Instagram kepada Vittinghus mengenai rencananya yang akan mengirimkan produk mie andalannya itu ke Denmark.

Sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting dalam unggahan Instagram story memotret dirinya yang telah menyiapkan beberapa bungkus Mie Instan untuk pemain Denmark yang baru saja berulang tahun pada 16 Januari lalu itu. Euforia ini juga tergambar dari tagar #ToyotaThailandOpen dan #Denmark yang menempati trending di Twitter Indonesia semalam.

Indonesia berhasil memastikan lima tempat di World Tour Finals, berikut daftarnya.

Sektor Ganda Putra:

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Sektor Ganda Campuran:

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja

Sektor Ganda Putri:

Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Sektor Tunggal Putra:

Anthony Sinisuka Ginting

Sementara itu, Toyota Thailand Open 2021 telah memasuki babak semi final yang berlangsung pada Sabtu, 23 Januari 2021 ini.

Indonesia memiliki dua wakil dari dua sektor yang berbeda yang akan bertanding pada babak semi final tersebut, yakni pada sektor ganda putra: pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan pada sektor ganda putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur

Image

Writer: Fanny Kartika

Reporter