Light Dark

Ibu-ibu di Desa Cidadap Simpenan Sukabumi Turun ke Jalan Bersihkan Sampah

Komunitas | 06 Feb 2021, 11:00 WIB
Ibu-ibu di Kampung Cihurang, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat saat bergotong royong bersihkan sampah, Sabtu (6/2/2021). | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan Ibu-ibu di Kampung Cihurang, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat bergotong royong turun ke jalan melakukan aksi bersih-bersih sampah, Sabtu (6/2/2021).

Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan sekali dalam seminggu guna menciptakan lingkungan perkampungan bersih dari sampah sampah liar yang dapat memicu terjadinya banjir.

"Sekarang kan cuaca hujan terus. Nah, warga berinisiatif setiap Sabtu itu bergotong royong membersihkan sampah pinggiran jalan lingkungan," ujar Yasir Denhas (30 tahun) warga sekitar kepada sukabumiupdate.com, Sabtu siang.

"Itu murni iniatif warga. Jadi kalau tiap Sabtu pagi itu Ibu-ibu udah siap di pinggir jalan. Tidak hanya di sini (Kampung Cihurang) mereka menyisir kampung lain di Desa Cidadap ini," tambahnya.

BACA JUGA: Jalur Wisata Palabuhanratu Sukabumi Tergenang Air, Dampak Buang Sampah Sembarangan

Yasir menjelaskan, sampah-sampah yang sudah terkumpul disatukan dengan sampah rumah tangga yang selanjutnya diangkut kendaraan dari Dinas Lingkungan Hidup untuk dibuang ke tempat pembuangan sampah akhir.

"Kalau hari Sabtu ini kan kendaraan pengangkut sampah menyisir ke Desa Cidadap jadi sekalian langsung diangkut," terangnya.

Sementara itu, salah satu ibu-ibu, Yanti Aprianti (38 tahun) berharap dengan rutinnya kegiatan tersebut, kondisi kebersihan di lingkungan Kampung Cihurang dapat terjaga. Kejadian selokan mampet dan menimbulkan luapan air dapat diminimalisir.

"Dengan adanya kejadian air meluap di kampung sebelah beberapa waktu lalu itu, ini bisa menjadi pelajaran bagi kita. Meskipun penyebabnya bukan dari sampah, tapi setidaknya dengan giat seperti ini bisa menjadi motivasi bagi warga lain pentingnya menjaga kebersihan lingkungan," singkatnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

NANDI

Reporter