Light Dark

Anak-anak di Kampung Gumelar Palabuhanratu Sukabumi Diajari Membaca

Komunitas | 18 Jan 2021, 07:00 WIB

Anak-anak di Kampung Gumelar Palabuhanratu Sukabumi Diajari Membaca

Komunitas | 18 Jan 2021, 07:00 WIB
Anak-anak Kampung Gumelar, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi diajari membaca oleh para pemuda Karang Taruna Berdikari Gumelar. | Sukabumiupdate.com/Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan anak anak Kampung Gumelar, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi diajari membaca oleh para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Berdikari Gumelar.

Sekertaris umum Karang Taruna Berdikari, Deni Ambarin mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan lantaran masih banyak anak-anak Kampung Gumelar yang belum bisa membaca atau buta huruf.

"Ini kegiatan sosial sebagi upaya pemberantasan buta huruf. Di tengah pandemi Covid-19, serta ketidakefektifan sekolah saat ini yang masih daring menjadi kendala juga anak-anak belajar. Untuk itu kami Karang Taruna Berdikari Gumelar berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan sosial berupa giat baca sebagai upaya pemberantasan buta huruf," ujar Deni, Minggu (17/1/2021).

BACA JUGA: Merasa Terpanggil, Remaja Masjid Gumelar Palabuhanratu Bagikan Takjil

"Kegiatan ini sebagai bentuk peduli terhadap sesama, sekaligus dalam upaya membentuk karakter sosial kepada seluruh pemuda Karang Taruna," sambungnya.

Sementara itu, Bidang Pemberdayaan Sumberdaya Manusia Karang Taruna Berdikari, Candra Agistian menambahkan, sedikitnya 40 orang anak selalu hadir dan mengikuti kegiatan tersebut.

"Jadi ini rutin dilaksanakan Sabtu dan Minggu setiap pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai, di salah satu rumah warga sini," imbuhnya.

Masih kata Candra, kegiatan tersebut terlaksana berkat kerja sama semua pihak, terutama dengan pemilik rumah yang sukarela dijadikan lokasi tempat belajar membaca, serta dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi yang memfasilitasi buku bacaan untuk anak anak.

BACA JUGA: Karang Taruna Palabuhanratu Kirim Bantuan ke Lokasi Banjir Bandang Cicurug

"Kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat untuk anak-anak yang masih belum bisa membaca. Mudah-mudahan ini bisa berkembang dan Karang Taruna Berdikari Gumelar dapat menjadi barometer Karang Taruna yang ada di Kabupaten Sukabumi, khususnya Palabuhanratu," terangnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

NANDI

Reporter