Kuliah di Lokasi Bencana, Cerita Relawan Nusa Putra Pasca Banjir Bandang Sukabumi

Jumat 25 September 2020, 00:40 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Banjir bandang yang melanda Kecamatan Cicurug, Cidahu, dan Parungkuda Kabupaten Sukabumi pada Senin (21/09/2020) lalu, mengakibatkan kerusakan sejumlah rumah dan kendaraan, serta korban meninggal dunia.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menyebut, 428 jiwa terkena dampak banjir bandang di 12 desa di tiga kecamatan ini.

Musibah yang melanda Sukabumi ini menggugah jiwa kerelawanan UKM (Unit Kerja Mahasiswa) Universitas Nusa Putra yang tergabung dalam Volunteer Tanggap Bencana (VTB) dan Resimen Mahasiswa Universitas Nusa Putra untuk turun tangan membantu mengevakuasi dan membersihkan puing-puing pasca banjir bandang di sela kesibukan mereka sebagai mahasiswa

Salah seorang perwakilan mahasiswa Universitas Nusa Putra yang ikut menjadi relawan mengatakan, sekitar 18 mahasiswa turun tangan membantu masyarakat korban banjir bandang tersebut. 

"Personel kami bagi dua, 11 orang di lokasi bencana, dan sisanya menggalang dana di kampus untuk sembako dan logistik," ungkap Utis yang juga ketua UKM VTB Universitas Nusa Putra, Kamis (24/9/2020).

Mahasiswa Universitas Nusa Putra saat menjadi relawan di lokasi banjir bandang Sukabumi.

Utis juga mengatakan jika ia dan rekan-rekannya sangat antusias saat diberikan surat tugas pada hari selasa lalu. Meskipun mereka sedikit kesulitan dalam mengatur waktu untuk tetap melakukan perkuliahan. 

"Kebetulan perkuliahan saat ini dilaksanakan secara online, jadi kami masih tetap dapat mengikuti perkuliahan di tengah lokasi bencana. Jadi jam 08.00 sampai 11.00 kami kuliah dulu, baru setelah itu turun lagi ke lapangan," sambung Utis yang merupakan mahasiswa semester V itu.

Kelompok relawan mahasiswa Univeritas Nusa Putra ini menyebar di semua titik, bergabung dengan beberapa relawan lain dan menginap di lokasi bencana hingga hari Jumat esok, sesuai surat perintah yang mereka terima. 

"Di lapangan ini kami bertemu dan bergabung bersama senior-senior, sehingga kami banyak belajar dari mereka tentang kerelawanan. Selain itu juga memupuk jiwa sosial kami, jadi di sini pun kami tetap belajar dan menambah wawasan kami," pungkas Utis.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life23 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan: Ujian, Rezeki, Pekerjaan Insya Allah Lancar

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan.
Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan. | Foto : Pixabay
Sukabumi23 April 2024, 17:56 WIB

Bahas Persepsi Indikator Korupsi dengan KPK, Wabup Sukabumi: Kejar MCP 2024

Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 dengan KPK RI secara Virtual di Pendopo SUkabumi, Selasa 24 April 2024
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengikuti acara Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II, Diseminasi Pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) Tahun 2024 (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)
Keuangan23 April 2024, 17:56 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Terus Dorong Perusahaan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi terus mendorong perusahaan meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dengan mengingatkan perusahaan mengenai pentingnya mematuhi tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi saat melakukan kegiatan sosialisasi kepatuhan tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan | Foto : Ist
Life23 April 2024, 17:30 WIB

Tidak Menghormati Batasan! 10 Sikap yang Membuatmu Tidak Disukai Orang Lain

Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah. (Sumber : Freepik.com/@ user15285612)
Musik23 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift

Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift bercerita tentang kisah sudut pandang seseorang tentang hubungan percintaannya dengan pasangannya meski mereka kerap sekali membuat masalah hingga bertengkar.
Cover Klip Lagu The Tortured Poets Departement Taylor Swift. Sumber: Youtube.com/@Taylor Swift
Sukabumi23 April 2024, 16:56 WIB

Rumah Jebol Terkena Luapan Drainase, Sekeluarga di Nagrak Sukabumi Mengungsi

Peristiwa rumah warga Nagrak Sukabumi jebol akibat terkena luapan drainase ini terjadi pada Senin 22 April 2024 malam.
Kondisi rumah warga Nagrak Sukabumi yang jebol akibat luapan drainase. (Sumber : P2BK Nagrak)
Life23 April 2024, 16:30 WIB

7 Cara Komunikasi yang Baik dengan Pasangan Agar Tidak Mudah Salah Paham

Artikel ini akan membahas beberapa tips praktis untuk meningkatkan komunikasi dengan pasangan. Dengan menerapkan strategi ini, Anda dapat menciptakan hubungan yang lebih erat dan saling mendukung dengan pasangan.
Ilustrasi. Pasangan sedang mengobrol sambil traveling. Sumber Foto : Pixabay/justmrd77
Internasional23 April 2024, 16:00 WIB

Apakah Ada Indonesia? Daftar 10 Negara yang Paling Tidak Aman di Dunia

Di dunia ini ada beberapa negara yang tidak aman untuk dikunjungi.
Ilustrasi - Di dunia ini ada beberapa negara yang tidak aman untuk dikunjungi. (Sumber : Freepik.com).
Life23 April 2024, 15:30 WIB

Wajib Catat! Ini 5 Penyebab Pasangan Tidak Menghargaimu

Artikel ini akan membahas beberapa penyebab umum mengapa seseorang merasa tidak dihargai oleh pasangannya, dari kurangnya komunikasi yang efektif hingga ketidaksesuaian harapan.
Ilustrasi. Pasangan. Sumber Foto : Pixabay/justmrd77
Keuangan23 April 2024, 15:14 WIB

Cara Mudah Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, Bisa Offline atau Online

Peserta dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan untuk JHT yang sudah dibayarkan.
Tampilan aplikasi JMO BPJS Ketenagakerjaan. | Foto: Istimewa