Refleksi Kerja FKDB 2019, Titik Pijak Mantap Menyongsong di Tahun 2020

Senin 30 Desember 2019, 01:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua umum Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) sekaligus pembina Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa (YPPDB), Ayep Zaki menyampaikan apa yang dicapai oleh FKDB selama hampir satu tahun ini merupakan langkah - langkah yang luar biasa. Apalagi dilihat dari beberapa pencapaian yang telah diraih di tahun-tahun sebelumnya.

"Memang pencapaian yang diraih oleh FKDB sebagai lembaga swadaya masyarakat atau NGO (Non Governmnet Organization)  memang masih jauh dari harapan kami, baik di bidang pendidikan maupun ekonomi. Namun beberapa langkah FKDB tertutama di bidang ekonomi sudah mulai memperlihatkan titik terang," ujar Ayep Zaki

Pria yang akrab disapa Aa Zaki ini mengatakan, selama hampir dua tahun FKDB tiada henti berkeliling wilayah Indonesia. Khususnya di tahun 2019 ini di bidang ekonomi seperti pada bidang home industri tempe tahu.

BACA JUGA: FKDB Ambil Alih Kembali Aset Bengkel Harindo di Kalimantan Selatan

"Kami telah menempatkan satu posisi yang mantap dengan lebih dari 80 titik usaha dengan rata-rata produksi hampir mencapai 28 ton perhari. Setidaknya kami pun telah bisa bermitra atau melakukan berbagai Kerja sama seperti dengan USSEC dari USA atau dengan mitra lokal dan nasional yang bergerak di bidang tempe tahu," paparnya.

Tim Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) mengikuti salah satu acara di Kabupaten Subang.| (Sumber Foto: Istimewa)

Di sisi yang lain terutama di bidang pertanian, sambung Aa Zaki berbagai demplot pertanian yang dilakukan telah meletakkan pondasi yang kuat. Di mana pihaknya telah benar-benar bisa membuktikan pada masyarakat, dan bangsa ini bahwa produk yang dibuat yakni pupuk organik batu bara mampu meningkatkan hasil pertanian yang cukup signifikan.

"Terutama di bidang tanaman padi yang rata-rata ada peningkatan hasil panen sekitar 30 persen hingga 40 persen per hektar, bagi kami ini pencapaian yg luar biasa," jelasnya.

BACA JUGA: Bakesbangpol Provinsi Riau Verifikasi dan Legalitas Kantor DPD FKDB

Lanjut Aa Zaki refleksi kerja FKDB 2019 titik pijak yang mantap bagi kinerja FKDB di tahun  2020. Tak kalah penting ia tetap fokus mempersiapkan generasi muda Doa Bangsa  sebagai regenerasi bagi insan FKDB di masa mendatang.

"Alhamdulillah selama tahun 2019, anak-anak didik yang kami bina di bawah naungan YPPDB sudah ada yang mampu berbicara prestasi di tingkat nasional. Bahkan telah mampu mengirimkan beberapa mahasiswa yang kami bina untuk study dan kuliah di luar negeri seperti Jerman, Hongkong, China dan Taiwan," ungkapnya.

Mereka lanjut Aa Zaki, merupakan aset yang luar biasa dan pihaknya akan terus berjuang untuk melanjutkan serta meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan YPPDB.

"Maka kami insan FKDB dan insan YPPDB dalam menghadapi tahun 2020 ini dengan rasa optimis dan dengan spirit perjuangan dengan tetap fokus mengusung program tercapainya kemandirian, ketahanan, dan kedaulatan pangan," ucapnya.

BACA JUGA: Aa Zaki: Amanat Presiden Jokowi di KOWANI Selaras dengan Program FKDB

Hal ini guna menggapai kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dengan terus meningkatkan sumber daya manusia yang benar benar skill expert dan memiliki daya saing yang baik di era mendatang.

Aa Zaki berharap di tahun 2020 ini berada pada iklim usaha dan suasana politik, dan keamanan yang baik serta mendapat dukungan dari berbagai pihak. Baik pemerintah maupun masyarakat luas.

"Tercapainya ekosistem kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat bangsa dan negara adalah satu keniscayaan bagi kami warga FKDB," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:08 WIB

Anggaran Pilkada Kota Sukabumi Capai Rp25 Miliar

Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan anggaran sebesar Rp25 miliar itu muncul setelah melalui proses perampingan anggaran.
Ketua KPU Kota Sukabumi saat diwawancarai pada Selasa (23/4/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life24 April 2024, 11:01 WIB

Beri Pujian, Terapkan 8 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Memukul

Memukul sering dilakukan oleh banyak orang tua, karena menurut mereka hal ini efektif untuk mendisiplinkan anak. Padahal, hal ini memiliki efek negatif jangka panjang pada diri anak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa memukul. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 11:00 WIB

Melihat Dirimu Apa Adanya, 10 Ciri Si Dia Ternyata adalah Jodoh Sejatimu

Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama.
Ilustrasi - Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sukabumi24 April 2024, 10:52 WIB

Selamat! 66 Siswa Dapat Beasiswa Wali Kota Sukabumi di Universitas Nusa Putra

Calon mahasiswa peraih beasiswa ini merupakan hasil seleksi dari ratusan peserta.
Pemerintah Kota Sukabumi bekerja sama dengan Universitas Nusa Putra memberikan beasiswa kepada 66 siswa. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life24 April 2024, 10:31 WIB

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Ketika sering membentak atau mengomel anak, maka mereka akan menangkap bahwa hal itu boleh dilakukan kepada orang lain. Ada cara lain untuk mendisiplinkan anak tanpa perlu membentak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production
Sehat24 April 2024, 10:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Penderita Diabetes atau Gula Darah Tinggi Yuk Simak, Ini Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah!
Ilustrasi - Konsumsi Buah-buahan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik/ASphotofamily)
Sukabumi24 April 2024, 10:22 WIB

Isi BBM Lalu Muncul Api, Kronologi Kebakaran Angkot di SPBU Gedongpanjang Sukabumi

Mulyana kemudian melihat api dan tak lama api langsung menyambar celananya.
Tangkapan layar video kebakaran angkot di SPBU Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Rabu (24/4/2024). | Foto: Istimewa/Facebook Dedi Suhendra