27 Seniman Internasional Ikut Serta di Pameran Seni Rupa Gunung Sunda Festival 2018

Sabtu 22 Desember 2018, 15:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gelaran Gunung Sunda Festival dibuka dengan pameran seni rupa yang diselenggarakan di Rumah Mesra, Jalan Surya Kencana Nomor 21, Kota Sukabumi, Sabtu (22/12/18) malam. Dengan mengusung tema “Imajimati”, pameran ini menampilkan berbagai karya seniman dalam negeri dan Internasional.

Den Aslam, seorang seniman asal Sukabumi yang menjadi kurator Gunung Sunda Festival 2018 menjelaskan, sebanyak 12 seniman Indonesia dan 27 seniman internasional meramaikan pameran seni tersebut.

“Untuk dari Sukabumi sendiri ada enam seniman yang terlibat dalam pameran ini,” ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (22/12/18) malam.

Adapun misi yang dibawa dalam pameran seni rupa tersebut adalah, ingin membawa sebuah pesan bahwa kegiatan berkesenian itu tidak hanya berbicara karya dan senimannya saja. Namun masyarakat dan alam juga ikut terlibat.

“Tema Imajimati dalam karya-karya seni rupa di sini adalah sebagai representasi dari gambaran antara kondisi alam di Gunung Sunda beserta kehidupan masyarakatnya. Lalu dituangkan dalam bentuk karya seni rupa,” jelasnya.

Ketika berbicara tentang seni, pada akhirnya Ia sadar bahwa ada sebuah hubungan yang kuat antara alam dan masyarakat. Melalui karya seni ini akan menjadi sebuah manfaat dan dampak yang nyata terhadap alam dan masyarakatnya.

“Gunung Sunda itu kan sudah menjadi salah satu tempat wisata, ada masyarakat di sana yang harusnya mendapatkan manfaat daripada keberadaan Gunung Sunda tersebut. Misal yang awalnya ada yang bukan tukang baso, sekarang jadi tukang baso, pendapatan untuk masyarakat pun bertambah, itu kita gambarkan melalui karya seni ini,” paparnya.

Ia berharap, meskipun hajatan Gunung Sunda Festival ini digelar tanpa adanya bantuan dari pemerintah daerah dan swasta, pihaknya berharap agar kedepannya ada dukungan. Yakni terkait apa yang dilakukan para seniman tanpa adanya intervensi yang menggangu ekosistem keberlangsungan tempat wisata Gunung Sunda, masyarakatnya dan juga para senimannya.

“Maka dari itu, kita memilih untuk kerja sama dengan Mesin Suara dan Rumah Mesra. Karena mereka lah kawan kita yang masih satu visi dan misi atas apa yang kami perjuangkan selama ini,” terangnya.

Di samping itu, Nasrullah Abdul Malik, Program Director Mesin Suara dan Juga Pemilik dari Rumah Mesra mengatakan, Festival Gunung Sunda adalah sesuatu yang hebat dan patut dibanggakan karena berbicara tentang Sukabumi dan alamnya.

BACA JUGA: Pecinta Motor Tua dan Custom se Jabar Nyantai di Pantai Minajaya Sukabumi

“Orang seperti saya ini harusnya merasa iri dengan adanya gelaran festival keren seperti ini. Karena ini levelnya tidak hanya berbicara seniman dalam negeri saja, namun internasional pun ikut dilibatkan, dan ini pertama di Sukabumi,” terangnya.

Lanjutnya, hal seperti ini mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kota-kota lainnya di Indonesia. Menurutnya, begitu hebatnya ketika para seniman mencoba membuat sebuah karya lalu membawa pesan tentang apa yang terjadi di masyarakat dan alamnya.

“Saya harap  kota lain bisa mencontoh hal seperti ini, mengusung konsep ketika alam bersatu dengan kesenian,” ucapnya.

Ia menambahkan, adapun keterlibatan Rumah Mesra dan Mesin Suara dengan Gunung Sunda Featival ini adalah akan menyediakan tempat untuk pameran seni rupa dari karya-karya para seniman yang mengikuti Gunung Sunda Festival 2018 dan juga beberapa kegiatan lainnya.

“Selain ada pameran seni rupa, kita di sini nanti akan menggelar talk dan workshop juga,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita