Musik dan Masakan! Adit Gurnawijaya, Pemuda Cikole Sukabumi di Top 6 Master Chef Indonesia

Rabu 13 Januari 2021, 12:27 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kota Sukabumi ternyata memiliki pemuda kreatif yang berprestasi di tingkat nasional hingga internasional. Mereka berkarya dengan berbagai potensi yang dimilikinya, salah satunya bidang kuliner. 

Adit Gurnawijaya (28 tahun), warga Kecamatan Cikole ini pada akhir 2020 lalu masuk dalam top 6 Master Chef Indonesia Season 7 yang ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta Indonesia. Adit yang juga seorang musisi tersebut  mampu bersaing dengan ribuan peserta lainnya hingga mampu lolos ke enam besar ajang tersebut.

''Alhamdulillah dalam ajang tersebut masuk dalam enam besar,'' katanya, Rabu (13/1/2021). Semula peserta yang mendaftar di ajang tersebut mencapai 3.000 orang dari seluruh Indonesia. 

Dari jumlah itu akhirnya disaring menjadi 30 orang dan selanjutnya 20 orang.  Setelah melalui proses panjang seperti karantina selama 4 bulan, akhirnya Adit masuk enam besar Master Chef Indonesia Season 7.

Adit menuturkan, prestasi tersebut cukup membanggakan karena sepengetahuannya, dari Jawa Barat hanya ia yang masuk enam besar. Sehingga ia dapat membawa harum nama Sukabumi dan Jabar sebagai daerah penghasil anak muda kreatif.

''Awalnya memang hobi dan makin tertarik masak ketika kuliah di Slovakia,'' ucapnya menceritakan awal mula tertarik bidang memasak. Di Slovakia Adit bekerja part time di sebuah restoran cepat saji.

Saat pulang ke Indonesia pada 2019 lalu, Adit memutuskan berjualan makanan dan kursus masak. Puncaknya ketika ada ajang MasterChef Indonesia Season 7 pada 2020 dimana ia tertarik mengikutinya dengan mengirimkan video.

''Alhamdulillah dinilai layak dan dipanggil audisi, hingga akhirnya masuk top 6 ajang itu,'' kata Adit. Setelah lomba tersebut, ia akan membuat konten kreatif, yakni dapur masak di media sosial seperti YouTube.

BACA JUGA: Resep Telur Tomat ala Peserta MasterChef Indonesia, Cocok Untuk OTG yang Isolasi di Rumah

Rencananya ia akan memasak makanan Indonesia seperti gulai, kari, dan rendang atau masakan Indonesia campur luar negeri. Sehingga ia bisa menularkan keahliannya kepada masyarakat.

Selain memasak, ungkap Adit, ia juga mengeluarkan album musik pada awal Januari 2021. Album pertama Adit berisi lagu Pelarianmu dan Matahari yang bergenre musik pop.

Adit juga akan berkolaborasi dengan Sukabumi Creative Hub (SCH) dalam menggali potensi anak muda di Kota Sukabumi. '' Potensi anak-anak muda Sukabumi sangat banyak namun harus lebih berani menunjukkan kreativitas dan didukung mental kuat,'' cetus dia.

Adit berharap bisa membangkitkan potensi kreativitas pemuda Sukabumi. Hal ini untuk mengharumkan nama Sukabumi di kancah nasional hingga internasional. 

Sementara itu, Manager SCH Rendi Irlian Kamase menambahkan, pandemi ini tidak menyurutkan semangat pemuda untuk melahirkan karya di bidang industri kreatif. '' Kota Sukabumi memiliki banyak potensi pemuda kreatif yang harus didukung untuk maju seperti Adit,'' kata dia.

Rencananya, kata Rendi, SCH akan berkolaborasi bersama Adit untuk membangkitkan kreativitas pemuda di Sukabumi. Targetnya pemuda Sukabumi jadi kebanggan bagi daerahnya.

Prestasi Adit juga dikomentari oleh Wali kota Sukabumi Achmad Fahmi. Ia menyebut Kota Sukabumi gudangnya pemuda kreatif di Jawa Barat. Hal ini disebabkan adanya dukungan dari semua elemen masyarakat termasuk pemerintah melalui SCH dan yang lainnya.

Faktanya, ungkap Fahmi, Kota Sukabumi pada 2019 lalu ditetapkan Pemprov Jabar sebagai kota terkreatif di Jabar. '' Kami mendukung penuh pemuda untuk melahirkan karya-karya terbaiknya,'' pungkas Fahmi.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy