Semangat Ibu di Lembursitu Sukabumi, Hidupi Tiga Anak dari Sampah Plastik

Selasa 08 September 2020, 13:41 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah kolase foto mengharukan beredar di jejaring media sosial Facebook. Dalam kolase foto tersebut, nampak seorang gadis kecil berpakaian lusuh tengah membawa karung yang diduga berisi sejumlah barang bekas.

Tak hanya seorang diri, dalam kolase foto itu juga nampak beberapa gadis kecil lainnya, yang belakangan diketahui bahwa mereka memiliki ikatan saudara dan saat ini tinggal bersama ibunya di Jalan Pelabuhan II RT 001/002 Kelurahan Cipanengah, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi.

Ditemui di kediamannya, Selasa (8/9/2020), ibu dari anak gadis kecil itu, Susi Diningrat (39 tahun), mengungkapkan, setelah ditinggal cerai oleh suaminya sekitar tiga tahun yang lalu, ia harus banting tulang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Susi akhirnya memutuskan menjadi pemulung.

"Setelah ditinggal oleh bapaknya, anak-anak jadi sering ikut mulung, walaupun tidak ada paksaan sama sekali. Sebelum mendapatkan pekerjaan yang lain, sementara saya kerja seperti ini saja," ungkap Susi kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Entut, Wanita Asal Cibadak Ngamen Demi Hidupi Keluarga dan Sekolahkan Cucu Kesayangan

Susi menuturkan, ia memiliki enam orang anak, di mana diantaranya ada yang mengadu nasib di Bandung.

"Yang lainnya ada di sini, termasuk ini yang masih kecil-kecil," tutur Susi.

Tiga anak Susi yang saat ini tinggal bersamanya adalah Rina Agustina (10 tahun), Risna Wati (8 tahun), dan Siti Nuryantini (4 tahun). Sementara itu, Susi menyebut, dua anaknya yang lain sudah tidak tinggal bersamanya.

"Ketiga anak ini sering ikut turun ke jalan untuk mengambil rongsokan (sampah plastik)," ucap Susi.

Susi mengaku, sejumlah pihak, termasuk Pemerintah Kota Sukabumi, telah memberikan bantuan kepada keluarganya. Bahkan, Susi pernah ditawari untuk menghuni rumah susun.

"Untuk sekolah mendapatkan bantuan, tapi kalau rumah rusun saya tidak mengambilnya, dengan alasan belum punya usaha. Kalau saya ambil juga rumah susun tetap akan jadi pemulung selagi tidak punya modal usaha, dan saya juga takut kalau anak-anak saya nakal akan mengganggu tetangganya nanti," ujar Susi.

BACA JUGA: Ini Operasi Pembersihan Laut Terbesar, Angkut 100 Ton Sampah Plastik

Sementara itu, Ketua RW 2 Kelurahan Cipanengah, Yoce Yurdiansyah (39), membenarkan ihwal kondisi Susi yang telah mendapat bantuan dari pihak pemerintah. Tak hanya itu, sambung Yoce, ada pula komunitas sosial yang turut memberikan bantuan kepada Susi. 

"Sebetulnya pemerintah sudah memberikan bantuan dan memperhatikannya, mulai dari pemerintah Kelurahan Cipanengah, dari pihak Kecamatan Lembursitu, hingga Pemrintah Kota Sukabumi pun sempat membantu," tambah Yoce.

Terakhir Yoce menambahkan, Pemerintah Kota Sukabumi sudah memberikan rumah Rusunawa di Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu. Tetapi, lanjut Yoce, Susi menolak dengan alasan kenakalan anaknya dikhawatirkan menganggu tetangganya di sana.

"Dari komunitas kemanusiaan yang berperan di Facebook sering sekali membantu Ibu Susi dengan memberikan uang dan sembako. Tapi mengapa anak-anaknya masih mencari rongsokan di jalan," pungkas Yoce dengan pertanyaannya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update