Hasil Kurasi Fotografer Senior Arbain Rambey, Buku Treasure Of Sukabumi Siap Rilis

Senin 06 Juli 2020, 04:55 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Fotografer muda Sukabumi Iman Firmansyah, mengaku siap merilis buku foto miliknya. Buku bertajuk Treasure Of Sukabumi itu merupakan buku foto pertama di Sukabumi.

Melalui buku tersebut, sang fotografer ingin memperkenalkan Sukabumi dari berbagai aspek Mulai dari budaya, sosial, ekonomi, kekayaan alamnya, aneka flora serta fauna yang ada di Sukabumi dalam sebuah tulisan dan berbagai frame foto.

"Mulai disusun sejak tahun 2019, Treasure of Sukabumi akan terbit pada bulan September mendatang dan Juli ini sudah bisa dipesan oleh masyarakat umum," kata Iman kepada sukabumiupdate.com, Senin (6/7/2020).

BACA JUGA: Mengenal Seluk Beluk Foto Wedding Bareng Fotografer Cicurug, dari Harga sampai Konsep

Iman mengungkapkan, buku foto Treasure of Sukabumi merupakan media yang akan menunjukan banyak keindahan dan keuniman yang ada di Sukabumi. Baik itu dari segi kuliner, budaya, alam, satwa liar, hingga aktivitas keseharian masyarakat.

"Infrastruktur dan landmark yang sudah berdiri dan industri kreatif yang ditekuni oleh masyarat, turut dihadirkan dalam buku foto tersebut," tutur Iman.

Iman mengungkapkan, mungkin sedikit banyak orang sudah mengetahui Sukabumi, salah satunya dengan Pantai Pelabuhanratu yang terkenal karena ratu pantai selatannya. Namun, sambung Iman, dengan hadirnya buku foto tersebut, akan menunjukan banyak sisi lain dari Sukabumi yang sebelumnya tidak banyak diketahui masyarakat.

BACA JUGA: Kericuhan Derbi Mataram, Fotografer Alami Intimidasi dan Pemukulan Suporter

"Mulai dari segi kuliner, dimana mungkin banyak yang sudah mengenal Mochi Sukabumi, tapi apakah sudah mengetahui bubur bunut yang khas di Sukabumi? Pasti belum banyak yang mengetahui juga," ungkap Iman.

"Lalu dari sisi yang lain, misalnya dari segi budaya, dimana budaya permainan bola api menjadi salah satu kebudayaan tradisional yang tentunya ada di Sukabumi," tambah Iman.

Iman menyebut, Sukabumi mulai banyak dibicarakan orang banyak mulai dari ragam destinasinya yang lengkap, seperti Taman Bumi Ciletuh Palabuhanratu yang sudah diakui oleh Unesco sebagai anggota dari Unesco Global Geopark pada tahun 2018.

BACA JUGA: Ahmad Zulkarnain, Fotografer Difabel dengan Karya Mendunia

Sebelumnya, Sukabumi juga menjadi tuan rumah kejuaran rafting dunia pada tahun 2015. Selain itu, Sukabumi sendiri saat ini memiliki jembatan gantung terpanjang se-Asia yang berada di Kawasan Wisata Alam Situ Gunung.

"Lebih dari 350 karya fotografi akan disajikan di dalam buku setebal 208 halaman tersebut. Dikurasi oleh fotografer senior Indonesia Arbain Rambey, sehingga dirancang lebih apik," ujar Iman.

Terakhir Iman mengatakan, buku foto tersebut digarap dalam dua bahasa, yakni Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Hal itu untuk bertujuan agar buku foto Treasure of Sukabumi dapat mencakup jangkauan Internasional. 

"Kenapa buku foto? Jadi saya sebagai fotografer terpikir untuk membuat buku foto pertama ini. Sebagai orang asli dari Sukabumi, saya memiliki rasa tanggungjawab terhadap daerah dimana saya dilahirkan," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay
Inspirasi19 April 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat

Jobseeker Yuk Simak Info Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat Berikut dan Apply Segera!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Produk19 April 2024, 10:09 WIB

Data Diskumindag 19 April 2024: Ini Daftar Harga Bapokting di Pasar Kota Sukabumi

Informasi harga ini diunggah Diskumindag Kota Sukabumi di Instagram.
(Foto Ilustrasi) Diskumindag Kota Sukabumi merilis update harga sejumlah bahan pokok di Pasar Pelita dan Pasar Tipar Gede pada Jumat (19/4/2024). | Foto: Freepik
Life19 April 2024, 10:00 WIB

Kesehatan Mental Terganggu, 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin Dalam Hidupnya

Luka batin adalah bekas luka emosional yang tertanam dalam diri seseorang akibat pengalaman menyakitkan di masa lalu.
Ilustrasi - Luka batin adalah bekas luka emosional yang tertanam dalam diri seseorang akibat pengalaman menyakitkan di masa lalu.  (Sumber : unplash/@Danie Franco)
Inspirasi19 April 2024, 09:30 WIB

8 Panduan Sederhana untuk Bisnis Online Pemula, Jangan Lupa Riset Pasar!

Bisnis online dapat dijalankan dengan cara membuat toko online, memasarkan produk melalui marketplace, atau menawarkan jasa melalui situs web atau platform online lainnya.
Ilustrasi. Bisnis online. Sumber : pixabay/janeb13
Sehat19 April 2024, 09:00 WIB

Menurunkan Gula Darah Secara Alami, 7 Langkah Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

Sebaiknya Anda menghindari hal ini dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi. Sebaiknya Anda menghindari hal ini dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah. Sumber: Freepik/freepik