Light Dark

Ramdani Murdiana Kuliah S2 di Turki, Pencipta Booner Boomerang Asal Gg Dewa Kota Sukabumi

Figur | 12 Dec 2018, 09:38 WIB
Ramdani dan Booner Boomerang ciptaannya. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Anak muda asal Kota Sukabumi Jawa Barat yang satu ini patut diacungi banyak jempol. Baru berusia 23 tahun, Ramdani berhasil menciptakankan alat permainan olahraga yang memiliki peluang pasar dunia.

Seperti namanyanya, Booner Boomerang merupakan turunan dari senjata tradisional jenis lempar milik suku Aborigin di benua Australia. Ditangan Ramdani, senjata ini berubah menjadi alat permainan olahraga yang tentunya faktor resiko melukai sebagai senjata sudah jauh berkurang.

“Awalnya hanya mengerjakan tugas salah satu mata kuliah,” jelas Ramdani dalam tulisan singkatnya yang dikirim ke redaksi sukabumiupdate.com, Selasa (11/12/2018).

Warga Gang Dewa, Gunung Puyuh Kota Sukabumi ini tercatat sebagai mahasiswa program Magister Bisnis Administrasi di Ibn Haldun University, Istanbul-Turki, melalui jalur beasiswa. Dalam mata kuliah Innovation & Entrepreneurship pada semester awal perkuliahan, alumni SMAN 2 Kota Sukabumi berhasil mengembangkan kategori permainan olahraga sebagai inovasi bisnis.

BACA JUGA: Lihat Aksi Akrobatik Adul, Siswa Difabel Asal Cibadak Sukabumi Penuh Semangat

Menurut Ramdani produknya merupakan pengembangan dari bumerang, menjadi sesuatu yang unik bernama Booner Boomerang (The Son of Boomerang). “Awalnya, ide ini sempat kurang diterima dan sempat di tertawakan oleh teman-temannya di kelas, karena mereka tidak percaya bahwa Booner ini dapat direalisasikan.”

“Namun, hal itu ia jadikan tolak ukur untuk bisa membuktikannya, Karena ketika mimpimu ditertawakan, itu artinya mimpimu harus diwujudkan,” sambung Ramdani yang tercatat sebagai lulusan SMPN 4 dan SD CBM Kota Sukabumi ini lebih jauh.

Pengembangan inovasi yang dilakukannya mulai dari bentuk yang menarik, desain yang kekinian (modern) dan sistem pemasaran yang dipadukan dengan era digital saat ini. Dibantu rekannya Suyono (40) di Cilacap-Jawa Tengah, Booner Boomerang diproduksi untuk memenuhi permintaan pasar.

“Pasar di Eurasia menyambut baik, karena Booner melahirkan tren baru dalam permainan,” tutur Ramdani.

BACA JUGA: Tips Bermedsos a la Selebgram Asal Sukabumi Wulandari Rayananda

Penerimaan pasar yang cukup bagus, membuat alat permainan olahraga ciptaan Ramdani ini langsung mendapat suntikan dana dari sejumlah investor baik di Turki, Indonesia dan beberapa negara lainnya. Rencananya segera diluncurkan aplikasi Booner Boomerang yang bisa diunduh melalui playstore dan app store, agar customer bisa membuat desain yang mereka inginkan secara kustom dan bisa memainkan Game Booner Boomerang dengan desain yang sudah dibuat oleh customer pada aplikasi.

“Serta bisa langsung mengecek ongkos kirimnya dari Indonesia dan secara otomatis para pembeli Booner akan diberikan Nomor ID untuk mengikuti perlombaan Bumerang Internasional yang rencananya akan digarap secepatnya,” ungkap Ramdani.

Ya Booner Boomerang ini dipasarkan dengan kode produksi Made in Indonesia. Upaya Ramdani dan rekannya yang merasa bangga dengan produk hasil tangan anak negeri. “Sudah semestinya kita bangga atas produk Indonesia, sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam dan budaya.”

Tak berhenti sampai disini, Ramdani tengah melakukan inovasi pengembangan produk, kini tantangan selanjutnya adalah menumbuhkan tren mainan baru di Eurasia, dibantu oleh dosen mata kuliah Innovation & Entrepreneurship yaitu Dr. Ahmet Kaplan dan Prof. Mustafa Kemal Yilmaz sebagai dosen pembimbingnya, bersama mereka kini Ramdani sedang mengembangkan strategi pemasaran Booner agar bisa menembus pasar di Eurasia.

Image

Ardi Yakub

Reporter

Image

Ardi Yakub

Redaktur

Image

Reporter