Light Dark

Jabat Kabag Humas Kota Sukabumi, Begini Cara Punjul Jalin Keakraban dengan Wartawan

Figur | 08 Dec 2018, 10:51 WIB
Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi, Punjul Saepul Hayat. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 69 pejabat esselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi dilantik dan diambil sumpah di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Jumat (7/12/2018) . Diantara pejabat tersebut, ada nama Punjul Saepul Hayat. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Kota Sukabumi tersebut, kini resmi mengisi jabatan baru sebagai Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi, menggantikan mendiang Alfini yang meninggal dunia pada 1 September 2017 lalu.

Posisi tersebut sempat diisi oleh Benny Mustari sebagai Pelaksana Tugas (Plt). Kini, secara definitif Punjul yang memegang jabatan tersebut.

Punjul menyebut, rotasi dan mutasi merupakan bagian dari dinamika seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memang sudah menjadi hal yang biasa. Karenanya, kata dia, seorang ASN harus bisa dengan cepat beradaptasi ketika menempati posisi atau jabatan yang baru. Apalagi menurutnya, akan ada tantangan baru yang kedepan mesti dijawab dengan bukti kinerja yang baik.

"Kalau di Bagian Tapem ini kan sifatnya lebih administratif. Artinya ada tantangan yang berbeda. Lebih kepada laporan akuntabilitas kinerja, laporan penyelenggaraan pemerintahan, kemudian terkait dengan administrasi pemerintahan yang lainnya. Kalau sekarang lebih kepada kemampuan koordinatif dan komunikatif.," ujar Punjul.

Pola koordinasi dan komunikasi yang dibangun, kata Punjul, bukan hanya melingkupi satu instansi saja, melainkan lintas instansi, termasuk dengan lembaga-lembaga vertikal lainnya yang ada di Kota Sukabumi. Dan yang tak kalah penting, lanjutnya, di bagian kehumasan adalah bagaimana menjalin komunikasi yang baik dengan awak media agar bisa satu visi dalam memberitakan hal-hal yang positif, terutama yang berkaitan dengan pembangunan Kota Sukabumi.

BACA JUGA: Rotasi 69 Pejabat Esselon III dan IV di Pemkot Sukabumi, Fahmi: Usulan Bukan Dari Saya

"Jadi memang ada sesuatu yang berbeda. Tapi bagi saya, itu adalah suatu keuntungan, saya bisa belajar hal yang baru. Yang tadinya lebih bersifat administratif, kini lebih ke action. Ini jadi tantangan tersendiri. Insya Allah kedepan, mungkin saya akan lebih membangun komunikasi lagi dengan rekan-rekan wartawan. Bisa dengan membuat kegiatan bersama, atau dengan main futsal," tandasnya.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

HERLAN HERYADIE

Reporter