Hai Bunda, Ini 4 Tips Mengeluarkan Lendir pada Bayi Saat Pilek

Selasa 26 Januari 2021, 08:04 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Hai Bunda, pasti tidak ada yang lebih mencemaskan bagi orang tua selain bayi kesayangannya sakit. Apalagi kalau si kecil mengalami flu atau pilek, ia akan rewel karena banyaknya lendir yang menyumbat hidungnya. Dalam situasi seperti ini, Bunda pasti sering merasa gemas karena ingin membantu mengeluarkan cairan tersebut. Oleh karena itu, simak tips berikut ya Bun.

1. Menggunakan Alat Humidifier

Alat uap atau kerap disebut humidifier dapat membantu mengatasi masalah hidung tersumbat pada bayi. Alat ini akan membantu meningkatkan kelembapan udara di dalam ruangan, sehingga memudahkan si kecil untuk dapat bernapas dengan lebih leluasa.

Tapi harus diingat ya Bun, alat ini mesti rajin dibersihkan. Sebab, penggunaan humidifier yang kotor justru bisa menyebabkan penyebaran kuman penyakit di dalam ruangan kamar.

2. Menggunakan Kapas dan Air Hangat

Bunda juga bisa menggunakan kapas dan air hangat untuk membantu mengeluarkan lendir dari hidung si kecil. Caranya, masukkan kapas yang bersih ke dalam air hangat lalu gunakan untuk membersihkan kotoran berkerak yang biasanya ada di sekitar lubang hidung bayi. 

Cara ini pun akan memudahkan lendir keluar dengan sendirinya tanpa tersumbat oleh kotoran yang mengeras di sekitar lubang hidung bayi lho Bun.

3. Menggunakan Obat Tetes Saline

Obat tetes saline bisa Bunda dapatkan di apotek dengan mudah. Cara menggunakan obat ini adalah dengan meneteskan beberapa tetes ke dalam hidung bayi. Kemudian dengan menggunakan alat penghisap lendir, Bunda bisa mengeluarkan cairan itu dari hidung si kecil.

Namun bayi yang usianya sudah di atas enam bulan, sudah tidak perlu menggunakan alat penghisap lendir. Bunda cukup membiarkannya keluar dengan sendirinya.

4. Memijat Punggung Bayi

Selain dengan cara dan sejumlah alat yang disebutkan di atas, Bunda juga bisa meringankan gejala tersumbatnya hidung bayi dengan memijat lembut bagian punggungnya. Sentuhan yang lembut pada bagian punggung akan membuat si kecil menjadi lebih nyaman dan mengurangi kesulitannya untuk bernapas Bun.

Cara memijatnya pun cukup sederhana. Bunda tinggal baringkan bayi di atas lutut atau di atas bidang datar, lalu berikan sentuhan yang lembut di atas punggungnya dengan tangan.

Namun tidak hanya dengan berbaring telungkup, Bunda juga bisa memijatnya dengan posisi duduk. Posisikan si kecil untuk duduk di pangkuan Bunda dengan mengarah ke depan sekitar 30 derajat. Posisi ini dapat membantu si kecil untuk mengeluarkan lendirnya.

Tapi Bun, sebenarnya Bunda tidak harus selalu berupaya mengeluarkan lendir dari hidung si kecil. Bila bayi tidak mengalami hidung tersumbat dan pernapasannya masih dapat berjalan dengan normal, dan kegiatan hariannya seperti makan, minum, serta bermain masih berjalan biasa, maka Bunda tidak perlu memaksa untuk mengeluarkan lendirnya.

Demikian sejumlah tips mengeluarkan lendir pada bayi dengan mudah yang bisa Bunda coba sendiri di rumah. Namun jika masih merasa ragu-ragu, jangan segan untuk bertanya pada dokter ya.

Sumber: theAsianparent

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life25 April 2024, 14:30 WIB

Agar Tidak Tersinggung, Ini 6 Cara Mengingatkan Teman yang Bau Badan

Bagaimana jika Anda menemui situasi yang agak membingungkan ketika Anda harus menghadapi aroma yang kurang sedap dari salah satu teman Anda?
Ilustrasi. Cara mengingatkan teman yang bau badan. Sumber : pixabay/jessie22
Sukabumi25 April 2024, 14:19 WIB

Bahas Pungli hingga Rp 17 Juta, Ratusan Warga Demo Pabrik di Cikembar Sukabumi

Massa adalah warga di sekitar pabrik di Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Massa aksi saat melakukan demonstrasi di depan PT GSI di Jalan Pelabuhan II, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Kecantikan25 April 2024, 14:15 WIB

8 Cara Agar Tetap Wangi Sepanjang Hari dan Tampil Percaya Diri

Artikel ini akan membahas berbagai tips dan trik yang dapat membantu Anda menjaga kesegaran dan keharuman tubuh sepanjang hari.
Ilustrasi. Memiliki tubuh wangi. Sumber : pixabay/jessie22
Bola25 April 2024, 14:00 WIB

Prediksi Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Siapa yang Akan Lolos?

Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB.
Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB. (Sumber : X/@TimnasIndonesia/@theKFA).
Sehat25 April 2024, 13:00 WIB

Bebas Asam Urat dengan 10 Cara Alami: Mencegahnya Tanpa Obat-obatan

Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)