Light Dark

5 Hal yang Harus Diperhatikan Usai Vaksinasi Virus Corona

Sehat | 21 Jan 2021, 16:38 WIB

5 Hal yang Harus Diperhatikan Usai Vaksinasi Virus Corona

Sehat | 21 Jan 2021, 16:38 WIB
Presiden Joko Widodo saat disuntik vaksin Covid-19 atau Virus Corona di Istana Merdeka Jakarta, Rabu, 13 Januari 2021. | Instagram/@jokowi

SUKABUMIUPDATE.com - Program Vaksinasi Virus Corona telah dimulai di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Upaya tersebut dinilai sebagai cara terbaik untuk mencapai kekebalan kelompok yang akan membantu meminimalisir penyebaran Covid-19.

Namun Vaksinasi tidak menjamin Pandemi Virus Corona akan berakhir sepenuhnya. Sebab, pembuatan vaksin melalui uji coba eksperimental ini belum dapat dipercaya mampu melindungi tubuh sepenuhnya.

Melansir dari suara.com, seluruh orang tetap disarankan menerapkan protokol kesehatan meskipun telah menjalani Vaksinasi Virus Corona. Selain itu, ada pula beberapa hal yang semestinya tidak boleh dan boleh dilakukan setelah disuntik vaksin Covid-19.

1. Tetap Memakai Masker

Melepas masker akan menjadi salah satu kesalahan yang mengakibatkan penyebaran Virus Corona, meskipun Anda sudah menjalani vaksinasi. Pasalnya, Anda masih memiliki risiko mengalami infeksi ulang yang jangan diabaikan.

Terlebih vaksin baru bisa menawarkan perlindungan yang lebih efektif selepas suntikan dosis kedua. Lalu vaksin baru mulai memberikan efek positif pada kekebalan tubuh setelah 14-28 hari penyuntikan. Dengan kata lain, selama rentang waktu tersebut masih dimungkinkan banyak orang yang rentan terinfeksi virus.

2. Hindari Minum Alkohol

Vaksin dapat bekerja dengan baik ketika sistem kekebalan tubuh kuat dan sehat untuk mendukungnya. Oleh karena itu, sejumlah ahli memberi saran agar semua orang untuk menghindari minuman atau makanan tertentu setelah menjalani vaksinasi, salah satunya minuman beralkohol.

Orang disarankan untuk tidak meminum alkohol selama 45 hari setelah vaksinasi. Sebab alkohol dapat menekan fungsi kekebalan dan membuat seseorang tidak dapat mengembangkan imunogenisitas yang memadai.

3. Hindari Mengunjungi Keramaian

Setelah vaksinasi, bukan berarti seseorang dapat bebas berkerumun. Seseorang dapat melalui semua itu saat kekebalan kelompok sudah cukup besar setelah divaksin. Karena beberapa orang masih berisiko membawa dan menularkan virus ke orang lain.

4. Boleh Merawat Pasien Virus Corona

Setelah mendapatkan suntikan dosis lengkap Vaksinasi Virus Corona, Anda dibolehkan merawat orang yang mungkin menderita gejala Covid-19. Itu alasan mengapa vaksin tersebut diutamakan bagi tenaga kesehatan yang berhubungan langsung dengan pasien. Meskipun tindakan pencegahan dasar seperti pemakaian masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan tetap mesti diikuti.

5. Boleh Beraktivitas dengan Jaga Jarak

Jaga jarak sejauh 6 kaki merupakan cara paling efektif untuk mencegah penularan Virus Corona. Beberapa penelitian sudah membuktikan jarak sosial yang cukup, membantu meminimalkan risiko terinfeksi virus sejak pandemi. Aturan jarak sosial ini memang tetap mesti diikuti meskipun setelah menjalani vaksinasi.

Sumber: suara.com

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur

Image

Reporter