Light Dark

Pastikan Anak Mendapat 5 Gizi Ini Agar Terhindar dari Stunting

Sehat | 14 Jan 2021, 18:04 WIB

Pastikan Anak Mendapat 5 Gizi Ini Agar Terhindar dari Stunting

Sehat | 14 Jan 2021, 18:04 WIB
Ilustrasi Anak. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Makanan yang mengandung Gizi sangatlah penting bagi Anak, agar pertumbuhannya bisa optimal dan terhindar dari Stunting.

Stunting merupakan gangguan pada tumbuh kembang Anak yang diakibatkan oleh kurangnya asupan Gizi dalam waktu yang lama. Pemberian makanan berGizi bukan hanya diberikan setelah lahir tetapi juga pada saat masih di dalam kandungan.

Menurut Prof. Dr. Sandra Fikawati. MPH dalam webinar JAPFA Kolaborasi Untuk Generasi Unggul Indonesia (22/12/20), Anak Stunting biasanya memiliki tinggi badan yang kurang dari standar yang ditetapkan oleh standar pertumbuhan WHO.

Pemberian makanan sehat dan bergizi sangatlah penting bagi perkembangan anak, berikut ini beberapa zat gizi penting agar anak anda terhindar dari stunting:

1. Protein

Banyak anak di negara berkembang kekurangan protein berkualitas dan asam amino esensial sehingga anak bisa berpotensi mengalami stunting.

Protein merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak, nutrisi ini dapat anda temukan pada susu, telur dan daging ayam. Bahan makanan tersebut mengandung skor asam amino (ASS) paling tinggi sehingga dapat diserap oleh tubuh dengan optimal.

2. Zinc

Kandungan Zinc berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga imunitas, menjaga fungsi pengecapan dan menstabilisasi membran sel.

Bahan makanan yang banyak mengandung zinc adalah daging sapi, udang, almond, buncis, labu, kacang hijau.

3. Kalsium dan Vitamin D

Kalsium merupakan komponen utama dalam tulang dan Vitamin D membantu proses metabolisme kalsium. Kalsium tentunya sangat penting juga untuk perkembangan sistem saraf, otot dan jantung. 

Kalsium dan Vitamin D dapat ditemukan pada susu, keju, dan yogurt.

4. Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat berdampak negatif pada kecerdasan, perilaku, dan kemampuan motorik anak. Kekurangan zat besi pada anak di bawah usia dua tahun berpotensi sebabkan anak ‘lemot’ dalam merespons sesuatu, mudah marah dan sulit mengendalikan diri. Kekurangan zat besi selain menghambat pertumbuhan fisik juga menghambat perkembangan mental.

Makanan yang mengandung zat besi adalah bayam, kacang-kacangan, hati, tahu dan kentang.

5. Yodium

Yodium penting untuk pertumbuhan berat dan tinggi badan pada anak, selain itu zat ini penting juga untuk perkembangan kecerdasan otak sang anak. 

Jika anak kekurangan yodium, maka tingkat kecerdasannya atau intelligent quotientnya (IQ) akan lebih rendah 13,5 poin dibandingkan balita yang cukup yodium.

Makanan yang mengandung yodium diantaranya adalah rumput laut, ikan, daging, sayuran dan buah-buahan.

Image

Gumilang

Redaktur

Image

Writer: YUNI LESTARI

Reporter