Light Dark

2021 Pengen Punya Perut Six Pack? Berikut Caranya!

Sehat | 07 Jan 2021, 21:19 WIB

2021 Pengen Punya Perut Six Pack? Berikut Caranya!

Sehat | 07 Jan 2021, 21:19 WIB
Meme Perut Six Pack | Unsplash

SUKABUMIUPDATE.com - Apa resolusimu di tahun 2021 ini? Apakah salah satunya pengen punya Perut Six Pack nan sexy? Tenang aja, melatih otot Perut ternyata bisa dilakukan di rumah loh! Asalkan kamu fokus dan juga konsisten melakukannya.

Sebelum kami berikan sejumlah tips cara-cara membentuk Perut agar six pack, yang pertama harus kamu lakukan adalah pemanasan. Pemanasan merupakan bagian penting dalam setiap Olahraga apapun, hal ini dilakukan agar otot kamu gak kaget saat dilatih nanti.

Pemanasan

Silahkan lakukan gerakan sederhana seperti cat and crow pose atau cobra pose, kamu juga bisa lakukan seal jacks atau air skipping terlebih dahulu sebelum mulai Melatih Otot Perut kamu.

Nah, kalau pemanasannya sudah, sekarang ayo kita lakukan tahapannya berikut ini: 

1. Sitting Twist

Sitting Twist

Gerakan Sitting Twist. | Unsplash

Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali, kamu bisa juga melakukannya sebanyak tiga kali putaran. Atur pernafasan serta bergerak lah secara perlahan untuk menstabilkan gerakanmu.

Tujuan dari Sitting Twist adalah memperkuat tulang belakang (spine), obliques dan otot inti kamu. Setelah kamu sudah bisa melampaui tiga putaran, kamu bisa menambahkan beban lainnya seperti menggunakan dumbel atau medicine ball.

2. Leg Raise

Leg Raise

Gerakan Leg Raise. | Unsplash

Caranya lakukan gerakan mengangkat kaki kamu ke atas. Gerakan ini cukup sederhana dan efektif guna melatih lower abs atau otot perut bagian bawah.

Gerakan ini bisa melatihan kekuatan dan kelenturan otot pinggul dan punggungmu loh! Silahkan lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dan lakukan juga pengulangan sebanyak tiga set.

3. Crunch

Crunch

Gerakan Crunch. | Unsplash

Gerakan ini berfokus pada latihan membentuk otot perut bagian tengah atau otot inti (core muscle). Crunch memiliki banyak variasi, salah satunya gerakan yang menyerupai mengayuh sepeda atau bicycle crunch. 

Silahkan lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dan juga tiga set pengulangan. Tapi ingat, jika kamu tidak kuat melakukannya sebanyak 10 kali atau tiga set, kamu bisa memulai dari 5 kali dulu lalu dua set saja, jangan terlalu memaksakan otot-otot kamu ya! Tenang saja, lebih baik perlahan tapi pasti.

4. Plank 

Plank

Gerakan Plank. | Unsplash

Gerakan ini umum dilakukan, lakukan sebanyak 10 detik lalu tiga set pengulangan. Kalau sudah kuat dan mampu melampaui target tadi, silahkan naikan waktu dan set tadi.

Jika kamu mulai merasakan otot perut terasa kencang, tariklah nafas dalam-dalam selama melakukan plank, hal ini berfungsi agar gerakan plank dapat menghasilkan dampak yang maksimal untuk perut kamu.

5. Mountain Climbers

Mountain Climbers

Gerakan Mountain Climbers. | Unsplash

Gerakan ini berfokus pada otot perut bagian bawah, perhatikan nafas dan juga ritme setiap gerakanmu ya. Agar lebih terasa dan mendapatkan efek yang maksimal, lakukan gerakan ini secara perlahan dan tenang. 

Pendinginan

Nah, kamu sudah melakukan lima tahapan tadi, selanjutnya jangan lupa lakukan pendinginan atau cooling down ya. Ini penting banget karena untuk menjaga sirkulasi darah dalam tubuh kamu tetap seimbang dan normal, jadi kamu gak bakalan merasa pusing atau sakit kepala setelah melakukan latihan perut ini ya.

Gimana Updaters, cukup mudah dan gampang kan melakukan latihan agar membuat Perut Six Pack. Kuncinya adalah rajin dan tekun melakukan latihan, jangan lupa kamu harus melengkapi latihan ini dengan makan makanan yang mengandung gizi baik, tidur cukup, jangan stres agar hasilnya bisa memuaskan dan resolusi kamu di tahun 2021 untuk mendapatkan Perut Six Pack bisa tercapai ya!

Selamat mencoba.

Image

Gumilang

Redaktur