Light Dark

Aman Dimakan saat Diet, Berapa Kandungan Kalori Buah Pepaya?

Sehat | 19 Jul 2020, 07:00 WIB
Ilustrasi pepaya. | boldsky.com

SUKABUMIUPDATE.com - Buah Pepaya sering dipilih sebagai salah satu asupan selama menjalani diet. Bahkan ada Diet khusus dengan Buah tropis ini. Rasanya yang manis, harga terjangkau, serta selalu tersedia sepanjang tahun membuat Buah ini makin populer. Berapa banyak Kalori yang terkandung di dalamnya? 

Dilansir dari tempo.co, meski rasanya sangat manis ketika matang, kandungan kalori Pepaya hanya 43 Kalori per 100 gram penyajian. Jumlah ini masih sangat jauh dibanding batas konsumsi Kalori per hari, yakni 2.000 Kalori per hari bagi wanita dan 2.500 kalori per hari bagi pria.

Kalori Pepaya berasal dari karbohidrat di dalamnya, yakni 10,8 gram per 100 gram sajian. Selain itu, Pepaya juga mengandung 2,46 gram serat dan 11 gram gula alami per 100 gram dengan skor indeks glikemik 60 dan 9 untuk muatan glikemik. Jadi, Buah ini masih aman dikonsumsi saat Diet karena tidak menaikkan kadar gula dalam darah dengan cepat.

Bahkan jika Anda makan satu buah Pepaya ukuran besar dengan berat 781 gram per hari, jumlah kalori Pepaya hanya 336 kalori. Itu masih aman untuk diet.

Namun, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi Pepaya berlebihan karena masih harus menyeimbangkan asupan Kalori dari sumber makanan lainnya.

Selain kalori, Pepaya juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium.

Buah ini dipercaya dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung, diabetes, kanker, hingga tekanan darah rendah. Pada penderita konstipasi, Pepaya juga kerap dianggap obat alternatif karena mampu memperlancar pencernaan.

Untuk mendapatkan nutrisi papaya yang optimal, pilih Buah papaya yang matang. Tandanya adalah garis-garis kuning pada permukaan kulit Buah hingga masak sempurna (ripened) yang ditandai manisnya rasa daging Buah pepaya.

sumber: tempo.co

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Reporter