5 Cara Efektif Menjaga Performa Agar Otak Tetap Tajam

Selasa 23 Juni 2020, 08:00 WIB

SUKABUMIPUDATE.com - Menjaga otak tetap tajam sangat penting bagi kita semua. Memiliki ingatan lemah bisa menjadi masalah, tak hanya berdampak pada performa kita namun juga bisa membuat kita jadi mudah lupa alias pikun.

Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melindungi otak kita dari penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

Dikutip dari Times of India, hal-hal berikut bisa meningkatkan ingatanmu dan menjaga otak tetap tajam dengan mudah dan alami.

1. Menjaga asupan makanan

Terkadang kita sering meremehkan kebiasaan makan kita, misal dengan makan berlebihan, tidak teratur, atau bahkan melewatkannya. Melewatkan waktu makan memiliki dampak besar pada kesehatan mental Anda dan juga masalah ingatan Anda.

Perbanyak macam-macam jenis dan warna buah serta sayur dalam makanan Anda sehari-hari. Buah dan sayur, seperti bluberi, tomat, dan bayam mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang bisa melawan kerusakan akibat radikal bebas.

2. Tetap aktif

Tetap aktif bukan berarti Anda harus pergi ke gym. Anda hanya perlu membiarkan diri Anda tetap aktif secara fisik, bermain olahraga, berjalan kaki, menari, atau hal-hal lainnya.

Gerakan tubuh sangat esensial bagi otak yang sehat karena meningkatkan aliran darah, metabolisme, dan juga struktur serta fungsi otak.

3. Terus belajar

Belajar bukan hanya saat bersekolah saja, namun terus kita lakukan seumur hidup. Tak hanya aktif secara fisik, aktif secara mental juga diperlukan dan memiliki peran masing-masing.

Anda bisa mencoba hal-hal baru yang menantang bagi Anda. Jika Anda terus mengikuti jalan yang sama, Anda tidak memberikan otak Anda stimulasi yang ia butuhkan untuk terus bertumbuh dan berkembang.

Anda juga bisa mencoba bermain asah otak, teka-teki silang, puzzle, atau bermain alat musik.

4. Bersosialisasi

Bertemu dengan orang baru dan berinteraksi dengan mereka tak hanya baik secara emosional namun juga untuk kesehatan otak. Interaksi sosial akan menjauhkan Anda dari stres dan depresi.

Sehingga akan membuat otak Anda tetap sehat dan bisa mencegah timbulnya pikun. Tetaplah bersosialisasi dan jangan menghindarinya.

5. Kualitas tidur yang baik

Tidur yang cukup dan nyenyak sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, sebab kita mengistirahatkan baik fisik dan mental.

Hindari stres berlebihan karena bisa merusak hippocampus, yakni pusat memori di otak dan menyebabkan pikun. Tidurlah selama 7-8 jam dengan nyenyak, karena penting bagi otak dan tubuh, selain itu bisa juga mencoba berlatih meditasi untuk merilekskan tubuh.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI