Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini di Siang Hari, Bisa Kuras Energi Tubuh!

Sabtu 11 April 2020, 07:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Semua orang makan karena membutuhkan energi. Dilansir dari suara.com, tapi tidak semua makanan yang dinilai sehat mampu membuat tubuh lebih berenergi di siang hari.

Ada beberapa makanan sehat maupun junk food yang justru akan menguras energi tubuh di siang hari. Akibatnya, Anda mungkin akan merasa lebih lelah, lemas dan mengantuk setelah mengonsumsinya.

"Secara umum, jika kita merasa lelah dan perlu tidur siang sekitar 30-45 menit setelah makan. Kita mungkin perlu mengubah komposisi makanan siang," kata Pelatih Kesehatan Nutrisi Integratif, Cindy Santa Ana dikutip dari Bustle.

Cindy Santa Ana menyarankan orang mengubah menu makan yang berkarbohidrat menjadi lebih banyak protein, serat dan lemak. Karena, menu makanan seperti itu bisa membuat kita lebih lama kenyang dan menyeimbangkan gula darah.

Makan dengan komposisi makanan yang seimbang juga bisa membantu mencegah energi kita terkuras. Berikut ini dilansir oleh The Healthy, 5 makanan yang bisa menguras energi.

1. Makanan goreng, keripik

Keripik kentang, kentang goreng atau makanan apapun yang digoreng pasti lezat untuk disajikan sebagai cemilan siang hari. Sayangnya, makanan ini bisa menguras energi di siang hari

Studi 2016 di British Medical Journal (BMJ ) juga menemukan makanan goreng mengandung tinggi lemak dan rendah protein yang bisa menguras energi di siang hari.

Menurut Rania Batayneh, orang yang mengonsumsi karbohidrat maka gula darahnya akan meningkat. Setelah itu, tubuh akan melepaskan insulin untuk memindahkan gula-gula dari aliran darah ke sel-sel tubuh.

Proses itulah yang bisa menyebabkan orang merasa kelelahan di sore hari. Makan terlalu banyak karbohidrat yang cepat dicerna, seperti kentang goreng atau keripik akan membuat gula darah melonjak dan menimbulkan rasa kantuk.

2. Pisang

Pisang mengandung banyak kalium tinggi, tetapi juga memilik L-tryptophan yang akan berubah menjadi 5-HTP di otak. Kemudian, otak akan mengubahnya menjadi hormon serotonin dan melatonin.

Menurut The National Sleep Foundation, hormon serotonin dapat meningkatkan suasana hati. Sedangkan hormon bertugas melatonin mengatur jam internal dan membuat seseorang mengantuk.

3. Ceri

Ceri adalah sumber melatonin, yakni hormon tidur yang memicu rasa kantuk. Karena itu, Anda tidak disarankan mengonsumsi ceri ketika masih bekerja di siang hari.

Menurut penelitian tahun 2019 dalam jurnal Nutrients, melatonin dalam ceri juga berfungsi meningkatkan kualitas tidur. Karena itu, buah ceri ini bisa menyebabkan rasa kantuk atau kelelahan di siang hari.

4. Ikan salmon

Ikan salmon yang kaya lemak omega-3 sangat baik untuk kesehatan jantung dan mengandung banyak vitamin baik untuk tubuh.

Meskipun tinggi protein, salmon juga mengandung vitamin B6 yang memicu tubuh untuk memproduksi melatonin, yakni hormon yang membuat mengantuk. Sehingga para ahli menyarankan semua orang untuk mengonsumsi salmon di malam hari saja.

5. Pasta

Pasta adalah pilihan menu makanan yang lezat jika dikonsumsi di siang hari yang sibuk. Tapi, pasta adalah makanan rendah serat dan biasa dipasangkan dengan protein.

Gabungan pasta dan protein ini dapat meningkatkan gula darah yang menyebabkan rasa lelah atau mengantuk. Jika Anda ingin mengonsumsi pasta, pilihlah pasta yang tinggi serat, seperti pasta yang berbasis lentil.

Sumber: Suara.com

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)