Curahan Hati ODP: Mental Saya Drop, Mengapa Data Pribadi Disebar di Medsos

Kamis 26 Maret 2020, 07:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah unggahan dari pengguna bernama @uky_uki baru-baru ini viral di media sosial Twitter. Dilansir dari suara.com, Ia mengaku datanya sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) Corona Covid-19 disebarluaskan di media sosial (medsos) usai berobat ke rumah sakit.

"Gua minta tolong banget sama temen-temen Twitter buat viralin thread ini, sejujurnya saat ini mental gua bener2 drop setelah terjadi kasus PEMBOCORAN DATA PASIEN Covid-19 dan DISANA ADA NAMA GUA. Sampe saat ini ada lebih dari 70 WA, ada telfon, ada DM IG menanyakan status gua apa," tulis Zul, pemilik akun tersebut seperti dikutip Suara.com, Rabu (25/3/2020).

Dalam foto tersebut terlihat ada beberapa nama pasien termasuk nama Zul terpampang. Bahkan ada seseorang yang sampai membuat status Whatsapp menggunakan foto berisi data pasien tersebut.

Dihubungi oleh Suara.com, Zul (26) bercerita bahwa pada 19 Maret lalu ia berobat ke klinik karena flu, batuk, dan demam. Kemudian ia dirujuk ke RSUD untuk pengecekan lebih lanjut yakni tes laboratorium dan rontgen.

"Dan karena saya pengguna aktif KRL makanya saya dapat status ODP. Sebelum ke dokter sudah bekerja di rumah lewat zoom meeting. Dan ketika meeting online tersebut saya batuk-batuk makanya atasan saya saranin berobat," kata Zul melalui pesan singkat.

Ia pun mengikuti saran dokter untuk mengisolasi diri selama 14 hari. Tibat-tiba pada 23 Maret 2020, sang kakak memberitahunya bahwa ia melihat ada unggahan pasien Covid-19 dan menemukan nama Zul di medsos, seperti Facebook dan status WhatApps.

Saat itu Zul mengaku juga baru mengecek ponsel dan mendapati banyak sekali chat yang menanyakan kebenaran berita tersebut.

"Bahkan saya sendiri tidak tahu menahu atas berita tersebut. Di sana lengkap nama saya dan alamat rumah saya," ungkap lelaki asal Ciampea, Kabupaten Bogor tersebut.

Ia pun membawanya ke polres setempat dan juga ke RSUD tempat ia berobat, namun hasilnya nihil. Bahkan pihak polres hanya bisa menunggu laporan spesifik dari Zul, namun ia sendiri masih belum bisa menemukan siapa dalang di balik penyebaran data tersebut.

"Sudah (ditelusuri), cuma semuanya bilang dari forward orang. Ada yang dapat dari status Facebook, ada yang dapet dari status WA. Sudah banyak tersebar dan sulit dicari sumbernya," kata Zul lagi

Bahkan setelah ia mencuitkan pengalaman tersebut di Twitter, masih banyak pihak tidak bertanggung jawab menyebarkan berita. Ia mengaku sangat syok dan menyulitkan keadaannya yang hanya tinggal bersama dengan sang kakak yang sedang hamil.

"Daritadi pagi kakak saya banyak ditanya-tanya oleh tetangga dan orang-orang sekitar, saya nggak bisa jelasin apa-apa dan hanya mengurung diri di kamar," sambungnya.

Zul menyebut akan tetap membawa masalah ini ke jalur hukum dan akan terus mengejar pihak Dinas Kesehatan agar ada pihak yang bertanggung jawab. Namun diakuinya hingga kini pihak Dinkes belum memberikan respons.

Meski sulit, ia berharap melalui cuitan di Twitternya dapat menjadi klarifikasi sehingga bisa membantu mengusut masalah yang sedang dihadapinya ini.

"Saya hanya minta tolong jika ada teman-teman yang bisa bantu menelusuri pembocoran tersebut, apalagi ini lingkup kecil hanya Dinas Kabupaten Bogor, semoga bisa segera terusut siapa dalang yang tidak bertanggung jawabnya," tandas Zul.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).
Nasional16 April 2024, 20:14 WIB

Pendeta Gilbert Minta Maaf Usai Singgung Zakat dan Salat Saat Ceramah di Gereja

Viral di media sosial, Khotbah Pendeta Gilbert menyinggung tata cara umat Islam beribadah. Iya menyebut zakat 2,5 persen, dan menirukan adegan salat.
Pendeta Gilbert Lumoindang | Foto : Ist