Light Dark

Bahaya Meneguk Satu Gelas Minuman Manis Setiap Hari di Usia Paruh Baya

Sehat | 01 Mar 2020, 04:00 WIB
Ilustrasi Minum. |

SUKABUMIUPDATE.com - Hanya dengan satu Minuman Manis sehari di usia paruh baya, dapat membuat kolesterol melonjak dan menyebabkan Serangan Jantung atau stroke.

Dilansir dari Express, sebuah penelitian terhadap hampir 6.000 orang Amerika di atas 40, yang dilacak selama sekitar 12 tahun, menemukan bahwa orang yang secara teratur minum minuman ringan bergula memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih tinggi.


Advertisement

Mereka 53 persen lebih mungkin untuk memiliki sejumlah besar lemak jahat yang disebut trigliserida yang terkumpul di pembuluh dan arteri.

Enam dari 10 telah meningkatkan kadar trigliserida lemak dalam darah, suatu kondisi yang dikenal sebagai dislipidemia.

Profesor Nicola McKeown, dari Tufts University di Massachusetts, Amerika Serikat, mengatakan hasilnya menunjukkan asupan minuman yang tinggi dengan tambahan gula, seperti soda, limun atau minuman buah dapat memengaruhi risiko dislipidemia seiring bertambahnya usia.

"Salah satu strategi untuk membantu menjaga kadar kolesterol dan trigliserida darah yang lebih sehat adalah dengan menghindari minuman dengan tambahan gula. Kita lebih baik memuaskan dahaga kita dengan air," jelasnya.


Advertisement

Studi tersebut, yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, juga mempelajari jus buah dan minuman diet, tetapi tidak menemukan hubungan yang konsisten dengan perubahan buruk pada kolesterol dan peningkatan risiko dislipidemia.

"Penelitian tentang konsumsi jangka panjang soda diet untuk kesehatan tidak dapat disimpulkan, jadi lebih bijaksana untuk mengatakan bahwa minuman soda diet seharusnya hanya menjadi kesenangan sesekali," ungkapnya.

Minuman bersoda telah dikaitkan dengan kondisi lain termasuk kanker, diabetes dan kerusakan hati.

Sumber: Suara.com

Image

Budi

Image

Budi

Redaktur

Image

Reporter