Light Dark

Klinik Sore di Puskesmas Sukabumi Buka Layanan Persalinan 24 Jam

Sehat | 18 Feb 2020, 10:45 WIB
Puskesmas Sukabumi yang berada di Jalan RA Kosasih 147 Kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole Kota Sukabumi | OKSA BC

SUKABUMIUPDATE.com - Puskesmas Sukabumi merupakan salah satu dari tiga Puskesmas di Kota Sukabumi yang membuka layanan Klinik Sore. Di periode Januari hingga Desember 2019, Puskesmas ini paling banyak menerima kunjungan dari masyarakat. 

BACA JUGA: Klinik Sore, Puskesmas Baros Banyak Layani Pasien Tiga Penyakit Ini

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, selama 2019 Puskesmas Sukabumi mendapatkan 6.423 kunjungan, sementara dua Puskesmas lainnya, yaitu Puskesmas Selabatu 4.758 kunjungan, dan Puskesmas Baros 6.062 kunjungan.


Advertisement

"Klinik sore ini membuka layanan dari Senin hingga Sabtu. Dimulai dari pukul 15.00 WIB sampai 19.00 WIB. Untuk kunjungan setiap bulannya pasien meningkat menurut data tahun 2019," ucap Kepala Puskesmas Sukabumi dr. Arief Budiman, kepada sukabumiupdate.com, Selasa (18/2/2020).

Arief mengatakan, salah satu alasan masyarakat memilih layanan klinik sore, karena saat pagi hari mereka harus bekerja. Selain itu, antrean di layanan klinik sore pun tidak sebanyak layanan pagi hari.

"Saya belum lihat untuk rekapan kasus penyakitnya, dan kalau klinik sore hanya poli umum saja. Kebetulan juga kita adalah Puskesmas dengan layanan persalinan 24 jam," tambah Arief.


Advertisement

BACA JUGA: Tiga Puskesmas di Kota Sukabumi Buka Layanan Malam Hari, Pasien Mencapai 6.109 Orang

Berbekal tim yang terdiri dari satu orang dokter, dua orang perawat dan satu orang admin dalam layanan klinik sore tersebut, Arief mengungkapkan, dengan hadirnya layanan klinik sore, dapat memecah antrean layanan pada pagi hari.

"Dan masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan di sore hari walaupun layanan klinik sore baru sebatas layanan poli umum," tukasnya.

Image

Redaktur

Image

OKSA BC/ADV

Reporter

Image

Reporter